x

3 Fakta Calon Debutan Timnas Indonesia yang Bersinar di Belanda

Selasa, 19 Mei 2020 19:15 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Berikut kami sajikan 3 fakta calon debutan Timnas Indonesia, Shayne Pattynama yang bersinar di Belanda.

INDOSPORT.COM – Berikut kami sajikan 3 fakta calon debutan Timnas Indonesia, Shayne Pattynama yang bersinar di Belanda.

Nama Shayne Pattynama sendiri memang sempat menjadi perbincangan hangat jagat sepak bola nasional, tepatnya pada tahun 2019 silam saat salah satu media Vietnam mengulas namanya. 

Dilansir dari laman Bongda, disebutkan bahwa Timnas Indonesia U-22 akan memanggil setidaknya lima pemain asing pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. 

Baca Juga
Baca Juga

Sejatinya belum ada konfirmasi dari Shayne Pattynama tentang darah Indonesia miliknya, namun banyak kabar yang menyebut jika sang pemain memang berdarah Indonesia.

Jika dilihat dari nama belakangnya, Pattynama memang masuk dalam salah satu Fam (marga) dari orang Maluku.

Bahkan laman Transfermarkt telah menambahkan Indonesia sebagai kewarganegaraan sang pemain dalam profilnya.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum 3 fakta calon bintang Timnas Indonesia, Shayne Pattynama yang bersinar di Belanda.

Belum Pernah Main di Eredivisie

Masih dari sumber yang sama, Shayne Pattynama sendiri belum pernah merasakan bermain di kasta teratas sepak bola Belanda atau Eredivisie.

Saat ini dirinya masih memperkuat klub kasta kedua Belanda, yakni SC Telstar. Ia diboyong dari Utrecht U-21 pada musim panas lalu.

Terhitung ia sudah memainkan 18 pertandingan di kasta kedua Liga Belanda dengan torehan satu gol dan dua assists. Catatan itu terbilang cukup apik untuk seorang pemain bertahan.

Shayne Pattynama sedang membantu Telstar untuk bersaing di papan tengah kasta kedua Liga Belanda, di mana klubnya berada di peringkat ke-10 klasemen sementara.

Serba Bisa

Shayne Pattynama sendiri merupakan pemain yang bisa memainkan peran di beberapa posisi. Namun posisi asli sang pemain adalah bek kiri.

Menurut laporan Transfermarkt, sang pemain pernah dimainkan sebagai bek tengah, bek kanan, gelandang tengah, gelandang bertahan, gelandang serang, dan winger.

Namun ia lebih sering dimainkan sebagai bek kiri sebanyak 27 kali (satu gol dan dua assist) dan gelandang tengah (satu gol dan satu assist).

Baca Juga
Baca Juga

Pernah Juara di Belanda

Shayne Pattynama sendiri pernah memperkuat tim muda di FC Utrecht, bahkan bersama klub tersebut ia sukses meraih gelar juara Liga Eredivisie U-17 2015.

Sayangnya, ini menjadi satu-satunya gelar juara yang pernah ditorehkan oleh Shayne Pattynama. Sampai saat ini dirinya belum pernah lagi meraih gelar.

BelandaBola InternasionalSC TelstarEerste Divisie BelandaTRIVIAShayne Pattynama

Berita Terkini

Berita Terpopuler