x

Karena Prestasinya, 3 Pesepakbola Indonesia Ini Dibuatkan Patung

Selasa, 26 Mei 2020 08:55 WIB
Editor: Juni Adi

INDOSPORT.COM - Termasuk Andi Ramang, berikut tiga pesepak bola Indonesia yang pernah dibuatkan patung di daerah asalnya, berkat prestasi yang ditorehkannya.

Di dunia sepak bola, seorang pemain yang memiliki prestasi mentereng dalam membawa klub maupun tim nasional mereka meraih kejayaan, akan sangat dipuja.

Hal itu tentu berimbas juga membawa nama baik negara asal sang pemain, khususnya daerah asal mereka sehingga membuat bangga masyarakat setempat.

Salah satu apresiasi yang biasanya dilakukan oleh pemerintah daerah, dalam menghormatinya sang pemain atas jasa dan presatasi yang telah ditorehkannya di sepak bola, dengan membuatkan patung.

Baca Juga
Baca Juga

Seperti yang sudah banyak diterima oleh beberapa bintang sepak bola dunia, seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Zlatan Ibrahimovic.

Ketiga pemain tersebut mendapat apresiasi dari pemerintah asal negara mereka, atas pencapaian prestasi gemilangnya selama bermain di dunia si kulit bundar.

Pembuatan patung untuk pemain juga rupanya tidak hanya dilakukan di luar negeri. Di Indonesia, ada juga pemain yang mendapat apresiasi dari pemerintah daerah dengan membuatkan patungnya. Siapa saja mereka?

1. Ribut Waidi

Nama Ribut Waidi nampaknya tak asing bagi para pecinta sepak bola Indonesia, khususnya warga Semarang.

Sebab, pria yang sewaktu masih aktif bermain berposisi sebagai gelandang itu mampu membawa PSIS Semarang berjaya di periode tahun 1980-an.

Laskar Mahesa Jenar dibawanya meraih Piala Perserikatan tahun 1987.

Tidak hanya itu, Ribut juga menjadi pencetak gol di final SEA Games 1987 bagi Timnas Indonesia yang menyumbangkan emas pertama di cabang sepak bola untuk pertama kali.

Hal ini membuat Pemerintah Kota Semarang sempat membuatkan patung khusus untuk Ribut di tahun 2003 silam sebagai sebuah penghormatan.

2. Andi Ramang

Dunia internasional sempat dihebohkan dengan bakat luar biasa dari seorang pemain sepak bola asal Indonesia, bernama Andi Ramang.

Bagaimana tidak, pria asal Makassar itu tampil memukau di ajang Olimpiade 1956 di Melborune, Australia. Salah satu aksi yang paling diingat adalah ketika ia mampu merepotkan skuat Uni Soviet.

Ramang sendiri merupakan salah satu pemain yang sempat bermain di Piala Dunia 1938 saat Indonesia masih bernama Hindia Belanda. 

Sejumlah prestasi yang pernah diraih baik individu maupun bersama tim, membuat FIFA mengakui talentanya dan memasukan namanya dalam artikel 50 pemain paling berpengaruh di dunia tahun 2012 lalu.

Hal itu membuat Pemerintah Kota Makassar pun membuat sebuah patung khusus dirinya sebagai penghormatan yang diresmikan pada tahun 2017 silam.

Baca Juga
Baca Juga

3. Ajat Sudrajat

Ajat Sudrajat adalah seorang pemain legendaris dari tim Persib Bandung di tahun 1980-an. Prestasinya yakni mampu memberikan dua gelar Piala Perserikatan.

Pencapaian itu membuat Pemkot Bandung membuatkan patungnya di Jalan Tamblong, Bandung dengan nama patung Monumen Sepakbola.

Namun hingga saat ini sosok patung yang berdiri kokoh sejak tahun 1993 ini menjadi pertanyaan publik. Akan tetapi sejumlah pihak menyebut bahwa patung tersebut adalah representasi dari seorang Ajat Sudrajat.

Persib BandungPSIS SemarangTimnas IndonesiaAndi RamangRibut WaidiLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini