x

Balotelli hingga Heung-min, Deretan Rasisme di Sepak Bola Musim 2019/20

Selasa, 2 Juni 2020 20:20 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
Pemain Inter Milan, Romelu Lukaku.

INDOSPORT.COM – Sejumlah tindakan rasisme seperti yang terjadi dalam kasus George Floyd di Amerika Serikat, juga sempat mewarnai dunia sepak bola sepanjang musim 2019/20 ini.

Rasisme sedang menjadi isu luar biasa di dunia saat ini, pasca kematian warga kulit hitam Minneapolis, George Floyd akibat tindakan berlebihan polisi Derek Chauvin yang menekan lehernya dengan lutut hingga tewas kehabisan napas.

Tindakan itu pun mendapatkan kecaman di dunia internasional, lantaran perbuatan Chauvin dianggap merupakan sesuatu kesengajaan, yang dilakukannya atas sikap rasisme terhadapan warga kulit hitam di Minneapolis.

Baca Juga
Baca Juga

Kecaman terhadapan Chauvin yang menyebabkan tewasnya George Floyd itu juga tak sedikit datang dari kalangan sepak bola, olahraga yang masih juga masih marak ditemui tindakan rasisme di dalamnya. Baik itu yang dilakukan oleh sesama pemain ataupun oleh suporter.

Di musim 2019/20 ini saja misalnya, sudah cukup banyak tindakan rasisme terjadi di dunia sepak bola internasional, khususnya di Eropa. Tak sedikit pula yang menyasar ke nama-nama besar yang sudah punya nama di kompetisi elite Eropa.

Seperti misalnya Mario Balotelli di Liga Italia Serie A, hingga pemain asal Korea selatan Son Heung-min di Liga Inggris bersama Tottenham Hotspur.

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT rangkumkan sederet tindakan rasisme yang terjadi di dunia sepak bola sepanjang musim 2019/20 secara berurutan.

Mario BalotelliRomelu LukakuSon Heung-MinBola InternasionalRasisme

Berita Terkini