x

Lembar yang Hilang: Jimmy Suparno dan Kisah Cinta Semusim di Persipura

Sabtu, 6 Juni 2020 17:23 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga Indonesia musim 2002/2003 menjadi pintu gerbang era baru perjalanan klub Persipura Jayapura. Di musim itu, Persipura mulai membuka keran pemain asing dan pemain asal luar Papua, salah satunya, Jimmy Suparno.

Dahulu, klub sepak bola berjuluk Mutiara Hitam itu lebih mempercayakan talenta-talenta asli asal Tanah Papua yang dicomot dari Diklat / PPLP. Namun seiring waktu berjalan, tradisi itu sedikit berubah.

Kedatangan pelatih keturunan Belanda, Ruddy Wiliam Keltjes di periode keduanya, sedikit mengubah wajah Persipura dengan mendatangkan dua pemain asing asal Kamerun, Ebanda Timothy dan Bako Sadissou.

Tak hanya itu, di musim 2002/2003, Keltjes juga membawa serta talenta muda berusia 18 tahun produk Diklat Salatiga, Jawa Tengah, Jimmy Suparno.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya lulus dari Diklat Salatiga, ada kejuaraan antar PPLP seluruh Indonesia ketika itu, dan kebetulan coach Ruddy Keltjes nonton dan melihat saya bermain."

"Saya langsung ditawarin ikut dia bergabung ke Persipura Jayapura," kata Jimmy Suparno kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Jumat (5/6/20).

Terlepas dari sosok kiper Helconi Hermain sebagai pemain pertama dari luar Papua yang membela Persipura, Jimmy juga merupakan pesepakbola Jawa pertama yang berseragam merah hitam di era kompetisi sepak bola profesional Indonesia.

Entah pernah menuai pro kontra atau tidak, toh, perekrutan Jimmy Suparno ke Persipura ketika itu menjadi hal yang tabu, mengingat Tanah Papua sendiri masih melahirkan talenta-talenta berkualitas. Apalagi, Jimmy didatangkan tanpa memiliki pengalaman di kompetisi Liga Indonesia.

Ruddy Keltjes nampaknya sudah belajar banyak dari pengalamannya di periode pertamanya (1999/2000). Ia membutuhkan gelandang serba bisa yang punya tenaga lebih untuk menopang lini serang Persipura, sesuai dengan skema yang ia inginkan.

Dan Jimmy Suparno membuktikan bahwa Keltjes tak salah pilih. Penampilan Jimmy cukup memikat publik Mandala, meskipun Persipura hanya bisa finis di peringkat ke-5 kala itu.

Jadi Idola

Pemain kelahiran Cilacap 20 Februari 1984 ini awalnya ragu terbang ke Jayapura untuk memperkuat Persipura. Namun, demi mengembangkan kemampuan mengolah si kulit bundar, Jimmy tak berpikir panjang untuk menerima tawaran Ruddy Keltjes.

Di usia yang masih terbilang cukup muda, Jimmy langsung berdiri sejajar dengan pemain-pemain kawakan seperti Chris Leo Yarangga, Ronny Wabia dan Eduard Ivakdalam di skuat Persipura. Jimmy mengenakan kostum bernomor punggung 19 ketika itu.

"Waktu pertama datang ke Jayapura saya memang sempat kaget karena letak Papua yang sangat jauh dan perbandingan waktu yang berbeda dengan di Jawa," tuturnya.

Di awal kariernya bersama Persipura, permainan Jimmy belum begitu menonjol. Dia baru mencetak gol pertamanya di pekan ke-7 saat menghadapi PSIS Semarang.

Berkat dukungan seniornya di Persipura dan kepercayaan yang tinggi dari sang pelatih, Jimmy bisa meningkatkan grafik permainannya di tiap pekan.

"Awalnya saya main hanya 30 menit sebelum akhir pertandingan, terus 45 akhir pertandingan saya trus menunjukkan grafik permainan yang bagus dan sering cetak gol penentu kemenangan Persipura," kenangnya.

Di pertengahan musim, performa Jimmy terus meningkat dan kian membuktikan ketajamannya. Tepatnya, di pekan ke-16, 29 Maret 2003, Jimmy menyihir Stadion Mandala dengan hattrick-nya ke gawang PSS Sleman. Persipura menang 4-1 ketika itu. Dari situlah, sosok Jimmy semakin menjadi idola bagi publik Jayapura dan pecinta Persipura.

"Lambat laun, senior-senior di Persipura menerima saya dengan baik. Saya bisa beradaptasi dengan baik di sana, dan saya dicintai oleh masyarakat Papua, itu yg membuat saya lebih kerasan lagi. Ibaratnya, di sana seperti rumah kedua saya," katanya.

Baca Juga
Baca Juga

Sebagai seorang pemain yang bukan berposisi sebagai striker murni, performa Jimmy di Persipura cukup moncer. Dia berhasil menggelontorkan 12 gol selama memperkuat tim Mutiara Hitam.

"Walaupun hanya semusim tapi pengalaman itu sangat berkesan sekali. Apalagi, Pak Walikota dulu, MR Kambu dia menganggap saya seperti anak sendiri. Dan sampai sekarang pun rasa cinta terhadap Tanah Papua tidak bisa hilang di hati saya," ungkap Jimmy.


1. Hengkang karena Berutang Budi

Jimmy Suparno (tengah) saat masih memperkuat Persipura Jayapura di Liga Indonesia musim 2002/2003.

Ketika publik Mandala mulai bertambah cinta pada performanya, Jimmy justru memilih meninggalkan Persipura dan mengikuti jejak Keltjes hengkang ke Deltras Sidoarjo. Ingin dekat dengan keluarga menjadi alasan utama Jimmy dan sang pelatih pindah ke Pulau Jawa.

Namun, Jimmy sendiri mengungkapkan, alasan terbesarnya meninggalkan Persipura karena ingin membalas budi kepada Keltjes yang berjasa membawanya berkarier di kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia bersama Persipura.

Jimmy bahkan menolak tawaran Walikota Jayapura, MR Kambu yang juga selaku ketua umum Persipura untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil, demi tetap tinggal membela Persipura.

"Saat saya memutuskan pindah ke Deltras Sidoarjo itu menjadi pilihan yang sangat sulit sebenarnya, sampai saya di jemput ajudan pribadinya Pak Kambu ke kantornya," kenang Jimmy.

"Ketika itu, Pak Wali sampai menawarkan kerja sebagai PNS di sana, sedangkan di sisi lain Om Ruddy (Keltjes) yang bawa saya ke Persipura dan beliau juga yang ajak saya ke Deltras. Akhirnya dengan berat hati saya ikut Om Ruddy ke Deltras," sambungnya.

Setelah resmi berseragam Deltras di musim 2004, Jimmy harus menelan kenyataan pahit ketika timnya hancur lebur di Stadion Mandala di laga pekan ke-12, 3 Maret 2004. Di laga itu, Jimmy mencetak sebiji gol dalam kekalahan telak 6-1 dari mantan timnya, Persipura.

Tapi, pemain yang dijuluki Jimmy Ono saat memperkuat Persipura itu tetap mendapatkan tempat di hati mantan rekan-rekannya. Selepas laga tersebut, Jimmy dibopong di tengah lapangan oleh para pemain Persipura.

"Saya cetak satu gol ketika itu, dan setelah pertandingan, di tengah lapangan saya di angkat bak pahlawan oleh pemain Persipura, sambil mereka teriak "Jimmy ko bukan orang Jawa, ko orang Papua, tong sayang ko". Itu yang paling berkesan sampai saya meneteskan air mata," kenangnya.

Meski mengaku menyesal telah meninggalkan Persipura, namun Jimmy tetap merasa bangga pernah menjadi bagian dalam sejarah klub kebanggaan masyarakat Papua itu.

"Menyesal sudah jelas ada, tapi mungkin sudah jalan Tuhan buat saya. Saya tetap merasa bangga karena Persipura adalah tim yang membesarkan saya dan karena Persipura lah saya dikenal di seluruh Indonesia. Sampai detik ini pun cinta saya ke Tanah Papua tidak akan pernah pudar," pungkas Jimmy.

Setelah tak lagi bersama Deltras Sidoarjo, Jimmy sempat melanglang buana di sejumlah klub seperti Persijap Jepara, Persela Lamongan, Gresik United, Arema, Persiram Raja Ampat dan kini di klub tanah kelahirannya, PSCS Cilacap.

Persipura JayapuraPapuaLiga IndonesiaJawaDeltras SidoarjoBola IndonesiaJimmy Suparno

Berita Terkini