x

Pelatih Persib Robert Alberts Ternyata Pernah Tanding Lawan Pele

Sabtu, 6 Juni 2020 17:14 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat pertandingan uji coba menghadapi Barito Putera di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (11/02/2020).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts rupanya pernah bermain dengan pemain legendaris asal Brasil, Edson Arantes do Nascimento atau lebih dikenal dengan nama Pele.

Dilansir dari akun sosial Media Instagram pribadi miliknya, Robert Alberts tengah mengenang momen saat dirinya pernah bermain melawan Pele.

Saat itu, mantan pelatih Arema FC tersebut masih membela klub Vancouver Whitecaps dan melawan New York Cosmos pada tahun 1974 silam.

Baca Juga
Baca Juga

“1974, Vancouver Whitecaps vs New York Cosmos. Bermain melawan salah satu yang terbaik yang pernah ada, Hormat,” tulis Robert Albert di kolom keterangan foto.

Robert Albert sendiri memulai karier sepak bolanya bersama Vancouver Whitecaps, kemudian pada tahun 1977 bermain bersama Raa IF. Hanya bertahan satu tahun, ia akhirnya memutuskan untuk bermain dengan Hittarps IK pada tahun 1978 hingga 1983.

Setelah itu dirinya memutuskan untuk mengakhiri masa baktinya bermain sepak bola. Ia lalu memutuskan untuk menjadi seorang pelatih pada tahun 1984 hingga saat ini. Selama menjadi kepala pelatih ia sudah menangani beberapa klub dan juga beberapa timnas nasional.

Kariernya sebagai pelatih dimulai dari Hittarps IK selama tiga tahun dan berpindah tugas ke Astorps IK selama empat tahun. Setelah puas berkarier di Eropa, ia memutuskan untuk berlabuh ke Benua Asia lebih tepatnya melatih tim Kedah FA asal Malaysia.

Lalu pada tahun 2009 silam, Robert Albert memutuskan untuk berlabuh ke Indonesia dan menangani tim asal Malang, yakni Arema Malang. Sejak saat itu dirinya terus berkembang melatih beberapa klub di Tanah Air, seperti PSM Makassar, dan Persib Bandung hingga saat ini.

Selama berkarier menjadi seorang pelatih, ia berhasil membawa beberapa tim seperti Arema Malang menjuarai Liga Super Indonesia pada tahun 2009/2010 dan Menjadi runner up di Piala Indonesia pada tahun 2010 lalu. Dirinya juga mendapatkan beberapa penghargaan seperti pelatih terbaik di Singapura dan Malaysia.

Baca Juga
Baca Juga

Pada kompetisi musim 2020 ini, Robert Albert yang menangani Persib Bandung berhasil menduduki peringkat pertama klasemen sementara Liga 1 2020 dengan meraih sembilan poin dalam tiga pertandingan. Capaian ini juga menjadi prestasi tersendiri bagi pelatih yang berwarganegaraan Belanda tersebut.

Kali ini, kompetisi Liga Indonesia tengah di tangguhkan untuk sementara waktu akibat pandemi virus corona yang sudah menyerang Tanah Air beberapa bulan lalu. Namun, sebagai seorang pelatih yang memiliki tanggung jawab, Robert Albert menginginkan untuk kompetisi Liga 1 2020 harus dilanjutkan.

PelePersib BandungBola InternasionalLiga 1Robert AlbertsSepak BolaBerita Liga 1Liga 1 2020

Berita Terkini