x

3 Fakta Vinnie Vermeer, Pemain yang Bisa Direkrut Klub Liga 1

Minggu, 7 Juni 2020 09:38 WIB
Editor: Rafif Rahedian
INDOSPORT mencoba untuk merangkum 3 fakta Vermeer yang kemungkinan bisa didatangkan oleh sejumlah klub Liga 1.

INDOSPORT.COM – Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia Vinnie Vermeer membuka peluang bagi klub Liga 1. Berikut kami akan sajikan 3 fakta sang pemain.

Beberapa waktu lalu, Vermeer sempat diisukan akan dinaturalisasi oleh Timnas Indonesia. Kemungkinan proses naturalisasi Vermeer itu diberitakan oleh media Vietnam, Bongda.

Lahir di Belanda, Vermeer sempat menimba ilmu sepak bola bersama akademi PSV Eindhoven. Pada 2011, ia mulai pindah-pindah klub, dari FC Eindhoven, NAC Breda, hingga ke Liga Ekuador, Deportivo Azogues.

Baca Juga
Baca Juga

Sayangnya, pada 2015, gelandang berusia 24 tahun tersebut harus menganggur setelah Deportive Azogues tak memperpanjang kontraknya.

Transfermarkt mencatat, Vinnie Vermeer menganggur selama setahun, hingga pada 2016 NAC Breda kembali merekrutnya.

Berselang lima tahun, Vermeer kini lagi-lagi dikabarkan sedang menganggur tak memiliki klub setelah dilepas klub kasta kedua Amerika Serikat, Nashville FC pada 1 Desember 2019.

Fakta Vermeer yang menganggur, mungkin bisa membuatnya melirik kompetisi Liga 1 Indonesia. Pengalamannya menimba ilmu sepak bola di PSV, rasanya cukup kompeten untuk bersaing dengan para pemain Liga 1 lainnya.

Namun situasinya sekarang terbilang agak sulit. Para klub Liga 1 2020 sudah melengkapi kuota pemain asingnya semua, dan Vermeer kecil kemungkinan bisa bergabung.

Sebenarnya masih ada kesempatan sampai bursa transfer benar-benar ditutup. Toh, siapa tahu ada klub Liga 1 2020 yang melakukan evaluasi mendepak salah satu pemain asingnya dan membuka peluang untuk Vermeer.

Ada pula opsi lainnya, yakni Vermeer harus benar-benar menyelesaikan proses naturalisasinya. Jika itu terjadi, ia bakal berstatus pemain lokal dan klub-klub Liga 1 berpotensi lebih berminat memakai jasanya.

Kalau soal permainan, Vermeer adalah pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah. Masih terbilang muda, Vermeer rasanya punya kemampuan fisik mumpuni menjadi gelandang pekerja.

Baca Juga
Baca Juga

Perihal harga, Vinnie Vermeer juga tak terlalu mahal. Transfermarkt mencatat harga Vinnie Vermeer hanya 75 ribu euro atau Rp1,1 miliar.

Terlepas dari itu, INDOSPORT mencoba untuk merangkum 3 fakta Vermeer yang kemungkinan bisa didatangkan oleh sejumlah klub Liga 1.


1. Bisa Mainkan Banyak Peran

INDOSPORT mencoba untuk merangkum 3 fakta Vermeer yang kemungkinan bisa didatangkan oleh sejumlah klub Liga 1.

Vermeer memiliki kemampuan untuk memainkan peran di beberapa posisi. Selain sebagai gelandang, ia juga bisa menjadi pemain sayap kanan dan kiri, serta bek kanan.

Namun menurut laporan situs Transfermarkt, Vermeer lebih sering dimainkan sebagai gelandang tengah (22 kali) dan gelandang bertahan (20 laga).

Ini pun cukup menguntungkan bagi klub Liga 1. Mengingat, para pelatih bisa melakukan rotasi untuk mengantisipasi kekalahan fisik pemainnya.

Pernah Hadapi 2 Calon Bintang Naturalisasi Indonesia

Vermeer sendiri nyatanya memiliki kisah dengan 2 calon bintang naturalisasi Timnas Indonesia. Itu terjadi ketika sang gelandang masih bersaing di kompetisi Liga Belanda.

Pada 19 April 2013 lalu, Vermeer mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan pemain berdarah Indonesia lainnya dalam satu lapangan, yakni Xander Houtkoop.

Dua tahun berselang, Vermeer hijrah ke NAC Breda dan memperkuat tim mudanya. Pada saat itulah ia juga bertemu dengan pemain keturunan Indonesia lainnya, yakni Ricardo Malaiholo.

Kurang Produktif

Sebagai seorang gelandang, tentunya produktivitas bukan tugas utamanya. Namun seiring berjalannya waktu, beberapa gelandang mulai dipercaya sebagai salah satu solusi pemecah kebuntuan.

Jika melihat statistiknya di Liga Belanda, Vermeer pun tak begitu produktif dan jarang memberikan kontribusi nyata. Dalam dua musim terakhir saja ia tak mampu mencatatkan gol dan assist.

Penampilan terbaiknya terjadi pada saat dirinya tampil bersama NAC Breda U-21 pada musim 2016/17. Ia mampu mencetak empat gol dari 12 laga. Sisanya, ia tak pandai mencetak gol dan memberikan assist.

BelandaNaturalisasiBola InternasionalBakat Muda IndonesiaLiga 1Bola Indonesia

Berita Terkini