x

Terungkap, Ini Silsilah Darah Indonesia yang Dimiliki Gelandang Kanada Thomas Gardner

Minggu, 7 Juni 2020 10:28 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
Thomas Gardner, gelandang asal Kanada ini punya silsilah tersendiri terkait darah Indonesia yang mengalir dalam dirinya.

INDOSPORT. COM - Thomas Gardner, gelandang asal Kanada ini punya silsilah tersendiri terkait darah Indonesia yang mengalir dalam dirinya.

Situs Transfermarkt memang menuliskan profil Thomas Gardner sebagai pemain blasteran Kanada-Indonesia. Lebih jauh, Transfermart turut menjelaskan latar belakang Thomas Gardner yang lahir di North Vancouver, dan memegang status kewarganegaraan Kanada.

Pertanyaannya kemudian, dari mana asal usul keturunan Indonesia yang dimiliki Thomas Gardner? Awak media INDOSPORT pun coba melakukan penelusuran demi mendapatkan jawaban pastinya.

Baca Juga
Baca Juga

Silsilah darah Indonesia Thomas Gardner ternyata didapat dari garis keturunan ibunya. Hal ini dijelaskan langsung oleh Thomas Gardner sendiri saat diwawancarai via fitur pesan singkat di media sosial Instagram.

"Ya benar saya punya darah keturunan Indonesia. Semua berasal dari mama saya yang lahir di Indonesia," ungkap Thomas Gardner kepada awak media INDOSPORT.

Melihat keterangan tersebut, Thomas Gardner jelas berpeluang untuk membela Timnas Indonesia. Mengingat usianya yang sudah menginjak 22 tahun, mungkin Thomas Gardner perlu melewati jalur naturalisasi terlebih dahulu, baru setelahnya bisa memperkuat Skuat Garuda.

Secara posisi, Thomas Gardner tergolong punya kualitas sebagai versatile player. Bagaimana tidak, Transfermarkt menjelaskan kemampuan Thomas Gardner yang dapat menempati tiga posisi sekaligus, gelandang tengah, gelandang serang, dan winger kanan.

Andai nanti membela Timnas Indonesia, Thomas Gardner diyakini punya peran yang cukup krusial. Thomas Gardner dapat diandalkan menjadi gelandang yang berfokus menyerang, banyak menusuk masuk ke kotak penalti, serta melakukan pergerakan melebar melalui sisi sayap.

Apalagi Thomas Gardner punya rekam jejak yang lumayan mentereng. Thomas Gardner merupakan pemain yang pernah merasakan berkarier bersama tim top Kanada, Whitecaps FC II.

Meski cuma main di kasta kedua Liga Amerika Serikat, Whitecaps FC II bukanlah tim sembarangan. Buktinya, Whitecaps FC II pernah melahirkan bintang hebat yang kini jadi bek kiri andalan Bayern Munchen, Alphonso Davies.

Thomas Gardner kebetulan sempat merasakan bermain setim dengan sosok Davies tadi. Tepatnya dalam gelaran kasta kedua Liga Amerika Serikat musim 2016, Thomas Gardner total tampil 16 kali untuk Whitecaps FC II, sedangkan Davies bermain 11 kali.


1. Karier Menurun Thomas Gardner

Thomas Gardner (Pacific, Kanada)

Membela tim top Kanada, Whitecaps FC II, memang menjadi rekam jejak karier hebat bagi Thomas Gardner. Namun harus diakui pula, karier Gardner merosot pasca meninggalkan Whitecaps FC II pada awal Januari 2018.

Situs Transfermarkt yang biasanya punya data lengkap saja, kesulitan melacak karier terkini Gardner. Tidak diketahui pasti ke mana Gardner berlabuh pasca hengkang dari Whitecaps FC II.

Coba ditelusuri lebih jauh, berdasarkan laporan situs Canadian Premier League per tanggal 8 November 2019, Gardner ternyata hijrah menuju tim Liga Premier Kanada, Pacific FC. Dia disebut bermain 16 kali untuk Pacific FC, mencetak lima gol, dan empat assist.

Bahkan ada lagi laporan dari situs Go Thunder Birds, bahwa saat ini Gardner hanya sebatas bermain di level sepak bola universitas saja. Ia bermain untuk klub University of British Columbia (UBC) Soccer.

Melihat segala perjalanan kariernya usai pergi dari Whitecaps FC II, terlihat jelas kalau bakat Gardner tak terasah lagi oleh level sepak bola tertinggi. Hal tersebut bisa saja memberikan dampak kerugian, jika timnas Indonesia tetap melakukan naturalisasi terhadap Gardner.

NaturalisasiKanadaBola InternasionalThomas Gardner

Berita Terkini