x

Naik Daun, Wonderkid PSM Makassar Pantang Besar Kepala

Kamis, 11 Juni 2020 14:26 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
Sesi jumpa pers PSM Makassar pasca laga melawan Persita Tangerang diwakili pemain Asnawi Mangkualam.

INDOSPORT.COM - Wonderkid klub Liga 1 PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar pantang untuk merasa besar kepala meskipun saat ini dirinya sedang naik daun.

Di usianya yang baru berinjak kepala dua alias 20 tahun, Asnawi telah menjadi pemain inti PSM sejak musim lalu dan kini telah menembus skuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Runner up Liga 1 2018 dan menjuarai Piala Indonesia 2018/19 sekaligus menjadi pemain muda terbaik merupakan salah satu prestasi Asnawi sejak memperkuat PSM pada tahun 2017 silam.

Baca Juga
Baca Juga

Untuk level internasional, Asnawi membawa Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF U-22 2019 dan meraih medali perak SEA Games 2019 sekaligus masuk ke dalam jajaran 11 pemain terbaik.

Tak hanya di atas lapangan hijau, Asnawi juga berkecimpung dalam dunia bisnis dengan mendirikan toko merchandise yang diberi nama AMB Store pada tahun 2017 lalu.

Terkini, pemilik nomor punggung 14 di PSM ini juga aktif membuat konten untuk channel youtube yang diberi nama Asnawi Mangkualam [Official] dan telah disubscribe sebanyak 9,01 ribu akun.

Dengan performa di atas lapangan hijau yang sedang naik daun sehingga membuatnya dilirik oleh klub-klub luar negeri ditambah kepiawaian berbisnis rupanya tak membuat Asnawi hidup berfoya-foya.

Anak kandung legenda hidup sekaligus asisten pelatih PSM, Bahar Muharram, ini justru sangat aktif dalam kegiatan kemanusiaan termasuk saat masa pandemi virus corona ini.

Sedikitnya ada tujuh lembar jersey yang dilelang dengan total dana yang terkumpul mencapai puluhan juta rupiah didonasikan oleh Asnawi untuk memerangi virus corona di Indonesia.

Bahkan, Asnawi turun langsung ke jalan untuk membagikan sembako kepada masyarakat Makassar yang membutuhkan pada bulan Mei lalu, tepatnya di pertengahan bulan Ramadhan.

Asnawi sendiri mengaku bahwa dirinya sangat termotivasi untuk terus melakukan aksi kemanusiaan seperti yang telah dilakukannya pada bulan Mei 2020 lalu.

"Motivasi saya berasal dari diri sendiri. Sebab memang sebagai manusia, kita diwajibkan untuk saling membantu dan tolong-menolong," ungkap Asnawi dalam video yang diunggahnya.

Baca Juga
Baca Juga

"Kita belum tentu terus berada di posisi saat ini. Selain itu, kita ke depannya juga belum tahu kehidupan akan seperti apa. Jadi kita harus selalu berbuat baik saja kepada orang yang membutuhkan," jelas ia lagi.

Asnawi Mangkualam sendiri mengisi hari-harinya selama pandemi virus corona dengan berlatih di rumah pribadinya sembari mengurus toko merchandise miliknya.

PSM MakassarLiga IndonesiaAsnawi Mangkualam BaharLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini