x

Beda Harga Transfer Skuat PSS dengan Eks Klub Pemain Papua-Jerman

Sabtu, 13 Juni 2020 20:42 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
Berikut perbedaan harga transfer total skuat tim Liga 1 2020 PSS Sleman dengan eks klub pemain blasteran Papua Nugini dan Jerman Felix Komolong.

INDOSPORT.COM - Berikut perbedaan harga transfer total skuat tim Liga 1 2020 PSS Sleman dengan eks klub pemain blasteran Papua Nugini dan Jerman, Felix Komolong.

Felix Dirik Wasi Komolong diketahui lahir di Lae, Papua Nugini, 6 Maret 1997 silam dan memiliki postur tubuh hingga 185 cm.

Felix merupakan putra dari orang tua yang bernama Birte dan Miok Komolong. Bahkan pemain berusia 23 tahun itu memiliki saudara lain, yakni Alwin dan Kusuga.

Keduanya saudara Felix Komolong juga turut menjadi pemain sepak bola profesional. Tentunya persaingan makin ketat karena usia mereka tak begitu jauh.

Berdasarkan data yang dilampirkan dalam laman penyedia statistik Transfermarkt, kalau Felix Komolong tercantum memiliki paspor Papua Nugini dan Jerman.

Baca Juga
Baca Juga

Usut punya usut, Felix Komolong memiliki keluarga yang tinggal di Hutten, Schleswig-Holstein, Jerman dan dirinya sempat tinggal di sana cukup lama.

Felix Komolong mengawali karier sepak bola di klub Papua Nugini Besta United selama dua musim 2012-14. Lalu berlabuh ke rival Madang Fox dan Hekari United.

Sampai pada awal musim 2016-17, pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini dikontrak oleh klub New Zealand, Canterbury United dan bermain sebanyak 16 kali.

Sebagian besar Felix Komolong bermain selama 90 menit penuh dengan rincian enam kali imbang, lima kali menang, dan empat kali menderita kekalahan.

Namun ada hal menarik yang bisa ditelisik bersama oleh para penggila sepak bola nasional akan kiprah pemain blasteran Papuni Nugini dan Jerman ini.

Baca Juga
Baca Juga

Fakta menarik yang bisa dilihat tentu saja ialah total skuat yang dimiliki oleh eks klub Felix Komolong Canterbury United saat ini (2019-20).

Sebab diketahui kalau harga transfer total skuat Canterbury United mencapai Rp39,5 miliar (2,53 juta euro) menurut data yang disadur dari Transfermarkt.

Nominal tersebut menempatkan Canterbury United menduduki posisi keempat klub dengan skuat cukup mahal di New Zealand Primiership musim ini.

Kendati begitu, ternyata jika dibandingkan dengan kampiun Liga 2 2019 PSS Sleman, nominal tersebut ternyata masih jauh di bawah klub Indonesia ini.

Sebab klub berjuluk Super Elang Jawa memiliki nilai transfer total skuat hingga Rp44,9 miliar (2,88 juta euro) pada musim ini. Sudah terlihat jelas bukan perbedaannya?


1. Karier Blasteran Papua Nugini-Jerman

Berikut perbedaan harga transfer total skuat tim Liga 1 2020 PSS Sleman dengan eks klub pemain blasteran Papua Nugini dan Jerman Felix Komolong.

Selain itu pasca tak diperpanjang oleh Canterbury United, bek blasteran Papua Nugini dan Jerman itu memilih untuk pulang ke Madang Fox.

Kisah keduanya hanya sebentar karena Felix Komolong berlabuh ke Nothern Kentucky Norse (Amerika Serikat) dengan mengemas dua gol dari 24 laga.

Lalu di 2019, Felix Komolong pindah ke University Inter FC. Terakhir pemain 23 tahun berpaspor Papua Nugini dan Jerman ini dikontrak Lae City (2020).

Selain kiprah di klub, Felix Komolong sempat membela tim nasional Papua Nugini U-17 (2013), U-20 (2014), U-23 (2015), dan senior (2016-sekarang).

JermanPSS SlemanLiga IndonesiaPapua NuginiSports FactsBola Indonesia

Berita Terkini