x

Marina Granovskaia, Wanita di Balik Transfer Gila Chelsea

Sabtu, 13 Juni 2020 06:59 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Prio Hari Kristanto
Kegilaan Chelsea di bursa transfer dengan mendatangkan sejumlah bintang tak lepas dari andil direktur klub mereka, Marina Granovskaia.

INDOSPORT.COM – Kegilaan klub Liga Inggris Chelsea di bursa transfer dengan mendatangkan sejumlah bintang tak lepas dari andil direktur klub mereka, Marina Granovskaia.

Klub Liga Inggris, Chelsea, menjadi pusat perhatian dengan agresivitas mereka di bursa transfer. Klub asal London itu setidaknya telah dipastikan mengikat kontrak pemain asal Ajax Amterdam, Hakim Ziyech.

Selain itu, Chelsea juga selangkah lagi bakal segera mendapatkan tanda tangan bomber Timnas Jerman dari klub RB Leipzig, Timo Werner.

Baca Juga
Baca Juga

Kedatangan dua pemain dengan label bintang tersebut secara langsung akan mengangkat performa Chelsea yang sebelumnya sempat dilarang belanja di bursa transfer.

Melihat kondisi Chelsea beberapa musim terakhir di mana kekuatan finansial mereka juga tak sekuat ketika awal-awal dibeli Roman Abramovich, kedatangan Ziyech dan Werner sebenarnya bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Namun beruntungnya klub berjuluk The Blues itu memiliki direktur klub sekaliber Marina Granovskaia. Sosok wanita yang bahkan disebut-sebut sebagai perempuan terkuat di Liga Inggris.

Direktur Klub Chelsea Marina Granovskaia

Marina Granovskaia jelas bukan sosok sembarangan. Dirinya memang tak memiliki latar belakang olahraga, sebelum terlibat dalam manajemen klub Chelsea.

Namun wanita berkewarganegaraan Rusia dan Kanada itu merupakan orang kepercayaan pemilik Chelsea Roman Abramovich.

Sejak baru lulus kuliah dari Universitas Negeri Moskow tahun 1997, Marina Granovskaia sudah mendapatkan pekerjaan di perusahaan Roman Abramovic.

Saat itu dirinya memulai di perusahaan minyak yang saat itu dimiliki taipan Rusia tersebut, Sibneft. Dengan kinerja baiknya, ketika Abramovich membeli Chelsea di tahun 2003, Marina Granovskaia pun ikut diboyong ke kota London menjadi bagian The Blues.

Terus menjadi orang kepercayaan Abramovic, Marina Granovskaia pun diangkat sebagai wakil direktur klub pada tahun 2010. Setelahnya di tahun 2013, jabatan wanita yang fasih berbicara banyak bahasa itu semakin meningkat.

Marina Granovskaia diangkat menjadi salah satu dewan direksi klub dengan jabatan direktur yang bertanggung jawab dalam urusan di bursa transfer.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam urusan transfer, Marina Granovskaia tercatat sukses terlibat langsung dalam perekrutan sejumlah pemain bintang. Mulai dari Fernando Torres, Diego Costa, hingga Ross Barkley.

Termasuk juga dalam urusan penjualan pemain. Selayaknya ketika Chelsea meraup untung besar dalam penjualan Thibaut Courtois dan Eden Hazard ke Chelsea.

Peran Marina Granovskaia dalam urusan jual-beli pemain Chelsea di bursa transfer memang sangat besar. Bahkan sampai melebihi wewenang manajer atau pelatih yang selama ini memimpin The Blues.


1. Bisnis Klub

Gonzallo Higuain dan Direktur Chelsea, Marina Granovskaia

Dengan latar belakang bisnis yang kuat. Sejumlah proyek pengembangan klub Chelsea tercatat juga berhasil dijalankan oleh Marina Granovskaia.

Misalnya ketika dirinya bisa menjalin kerjasama menguntungkan dengan klub Eredivisie Liga Belanda, Vitesse Arnhem sebagai klub tempat Chelsea mengirimkan pemain mudanya, agar mendapatkan kesempatan berkembang.

Dirinya juga menjadi sosok penting dibalik perpindahan tempat latihan Chelsea ke Cobham pada tahun 2007. Dimana itu menjadi salah satu tempat latihan terbaik yang ada di Inggris.

Hal besar lainnya yang sukses dilakukan Marina Granovskaia untuk Chelsea, terjadi di 2017 lalu. Saat dirinya bisa melakukan negosiasi dengan Nike yang membuat klub Liga Inggris itu mendapatkan dana segar sebesar 60 juta poundsterling dalam kontrak hingga tahun 2032.

Bursa TransferChelseaMarina GranovskaiaLiga InggrisBola InternasionalBerita Liga Inggris

Berita Terkini