x

5 Pemain yang Buat Stuttgart Kaya Raya dengan Modal Sedikit

Rabu, 17 Juni 2020 21:42 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Klub Liga Jerman, VfB Stuttgart, ternyata sangat cerdik dalam mengakali bursa transfer dan membuat mereka kaya raya meski hanya punya modal yang minim.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola yang berlaga di Liga Jerman, VfB Stuttgart, ternyata sangat cerdik dalam mengakali bursa transfer dan membuat mereka kaya raya meski hanya punya modal yang sangat minim.

Momen jual beli pemain atau bursa transfer memang merupakan saat yang paling dinantikan oleh semua klub sepak bola di dunia ini. Karena, itu adalah saat dimana mereka bisa mendapatkan pemain baru atau siraman dana hasil penjualan pemain.

Setiap klub (tepatnya di Eropa) dibebani tugas untuk menghindari Financial Fair Play (FFP) dari UEFA. FFP sendiri  diberlakukan agar klub-klub tersebut tak terlalu banyak membelanjakan tabungan mereka untuk beli pemain, yang bisa berakibat buruk bagi klub itu sendiri.

Baca Juga
Baca Juga

Karena hal tersebut, mereka wajib berpikir lebih dari sekali sebelum belanja pemain di bursa transfer. Biasanya, hal ini bisa diakali dengan mendepak banyak pemain yang sudah tak diandalkan di tim, entah melalui jalan dijual atau hanya sekadar dipinjamkan.

Siapa sangka, klub yang kini berlaga di kasta ke-2 Liga Jerman, yaitu 2. Bundesliga, yang bernama VfB Stuttgart, memiliki 'jiwa bisnis' yang oke punya. Mereka mampu menjadi klub yang kaya raya dengan modal minim. Hal tersebut dikarenakan Stuttgart pintar dalam bernegosiasi saat menjual pemain.

Sehingga, mereka mampu menjual pemain dengan harga tinggi ke klub lain. meski Stuttgart membelinya dengan harga yang murah atau bahkan gratis. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan. Karena, pemain-pemain yang mereka beli memang kelas dunia.

Melansir dari laman portal berita olahraga Squawka, berikut lima pemain sepak bola yang membuat klub berjuluk Die Roten itu kaya raya.

1. Bernd Leno (ke Bayer Leverkusen)

Stuttgart mendatangkan kiper asal Jerman, Bernd Leno, dari SV Germania Bietigheim pada 2003 yang lalu. Mereka merekrutnya tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, tapi berhasil menjual Leno ke Bayer Leverkusen dengan harga 6,7 juta poundsterling (Rp118 miliar).

Saat ini, penjaga gawang yang berusia 28 tahun itu memperkuat raksasa Liga Inggris, Arsenal sejak 2018.


1. 5 Pemain yang Buat Stuttgart Kaya Raya dengan Modal Sedikit

Klub Liga Jerman, VfB Stuttgart, ternyata sangat cerdik dalam mengakali bursa transfer dan membuat mereka kaya raya meski hanya punya modal yang sangat minim.

2. Antonio Rudiger (ke AS Roma)

Bek tengah yang kini berusia 27 tahun, Antonio Rudiger, pernah didatangkan ke Stuttgart secara gratis juga pada 2011. Ternyata, Die Roten sukses menjualnya ke raksasa Serie A Liga Italia, AS Roma, dengan harga 8 juta pounds atau sekitar Rp141 miliar pada 2016.

Sekarang, Rudiger tengah memperkuat klub Liga Inggris, Chelsea, sejak 2017. Ia dikenal sebagai pemain yang sangat ahli dalam men-tackle lawan.

3. Sami Khedira (ke Real Madrid)

Sekali lagi, Stuttgart memiliki pemain kelas dunia yang bernama Sami Khedira. Didatangkan dari TV Oeffingen, Die Roten sukses menjualnya ke Real Madrid dengan harga 12,5 juta pounds atau sekitar Rp221 miliar pada 2010.

Sekarang, gelandang tengah yang telah berusia 33 tahun tersebut sedang memperkuat klub Juventus dari Liga Italia sejak 2015 yang lalu.

4. Benjamin Pavard (ke Bayern Munchen)

Berperan sebagai bek, Benjamin Pavard ternyata mampu membuktikan bahwa dirinya juga bisa membantu penyerangan. Itulah yang membuat Bayern Munchen tertarik membelinya.

Sehingga pada 2019 yang lalu, Stuttgart menjualnya dengan harga 31,4 juta pounds (Rp555 miliar). Padahal, mereka merekrutnya dari Lille hanya dengan biaya 4,5 juta pounds (Rp79 miliar).

Baca Juga
Baca Juga

5. Timo Werner (ke Red Bull Leipzig)

Stuttgart memang klub pertama Timo Werner. Sehingga, Die Roten tak mengeluarkan uang sepeserpun lantaran mereka tak mendatangkannya dari klub lain.

Dengan modal 0 rupiah tersebut, Stuttgart mampu menjualnya ke Red Bull Leipzig dengan harga fantastis, yakni 9 juta poundsterling atau sekitar Rp159 miliar pada 2016 yang lalu.

Itulah lima pemain yang telah 'membantu' klub Liga Jerman, VfB Stuttgart, untuk menjadi salah satu klub sepak bola yang kaya raya di Eropa. Meski mereka tak sebesar Bayern Munchen atau Dortmund, tapi Die Roten termasuk klub yang cerdas soal berbisnis di bursa transfer.

Sami KhediraVfB StuttgartBernd LenoBola InternasionalAntonio RudigerLiga JermanTimo WernerTRIVIABenjamin PavardSepak BolaBerita Bursa Transfer

Berita Terkini