x

Coppa Italia: Gattuso dan Rekor Kontra Juventus, Mimpi Buruk Buat Napoli?

Rabu, 17 Juni 2020 17:58 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Mengintip rekor pertemuan Gattuso kontra Juventus jelang pertandingan final Coppa Italia, akankah jadi mimpi buruk buat Napoli?

INDOSPORT.COM - Mengintip rekor pertemuan Gennaro Gattuso kontra Juventus jelang partai final Coppa Italia 2019/20, akankah jadi mimpi buruk buat Napoli?

Pertandingan puncak Coppa Italia antara Napoli vs Juventus sendiri dijadwalkan bakal berlangsung pada Kamis (18/6/20), mulai pukul 02.00 dini hari WIB.

Juventus yang menjadi tim tersukses di kompetisi ini tentu lebih diunggulkan ketimbang Napoli, apalagi Si Nyonya Tua pernah memenangkan Coppa Italia dalam empat edisi beruntun sejak musim 2014/15 hingga 2017/18.

Baca Juga
Baca Juga

Meski di unggulkan, kubu Juventus tetap tidak boleh meremehkan Napoli sebagai sang lawan. Terlebih I Partenopei sukses tampil gemilang sebelum mencapai babak final musim ini.

Pada perempat final, Napoli mengalahkan Lazio yang notabene sang juara bertahan Coppa Italia 18/19. Menariknya, Lazio menjadi juara musim lalu usai mengalahkan Atalanta, tim yang menghentikan Juventus di perempat final.

Bahkan di semifinal Napoli kembali membuat kejutan usai menumbangkan Inter Milan, tim yang musim ini dianggap sebagai calon juara serta penghenti dominasi Juventus di Serie A.

Walau memiliki catatan impresif selama gelaran Coppa Italia musim ini, Napoli tetap menjadi tim nomor dua setelah Juventus yang diunggulkan untuk meraih gelar juara. 

Selain perbedaan skuat yang sangat mencolok, rekor pertemuan Gennaro Gattuso sebagai pelatih Napoli kala berjumpa Juventus pun bisa menjadi alasan kuat mengapa Gli Azzurri bakal sulit menang.

Melansir dari laman transfermarkt, diketahui bahwa Gennaro Gattuso telah bertemu sebanyak 32 kontra Juventus, baik sebagai pemain maupun pelatih sejak 1967 silam.

Dari total pertemuan tersebut, Gennaro Gattuso sejatinya tidak terlalu tangguh saat menghadapi Juventus terutama ketika menjabat sebagai pelatih.

Total saat menjadi pemain, dari 26 pertandingan yang ia jalani melawan Juventus hanya ada 9 laga yang berakhir dengan kemenangan dan 7 hasil imbang, sedangkan sisanya (10) merupakan kekalahan.

Menariknya, dalam dua pertemuan di ajang Coppa Italia melawan Juventus, tidak satupun pertandingan yang berhasil Gennaro Gattuso menangkan saat masih aktif sebagai pemain.

Baca Juga
Baca Juga

Pun demikian dengan catatan pertemuan melawan Juventus saat Gattuso menjabat sebagai pelatih, di mana lima dari enam pertemuan di semua ajang selalu berakhir dengan kekalahan.

Meski rapor sebagai pelatih terutama saat menghadapi Juventus terbilang buruk, namun ada satu catatan impresif dan mungkin harus digaris bawahi dari Gattuso.


1. Gattuso Sempat Permalukan Juventus

Gattuso Sempat Permalukan Juventus.

Yakni catatan kekalahan yang didapatkan, dimana lima hasil negatif tersebut diraih kala dirinya membesut AC Milan sejak tahun 2018 hingga 2019 silam.

Tetapi dalam satu kesempatan saat menukangi Napoli di musim 2019/20 ini, Gattuso malah berhasil meraih kemenangan perdana kontra Juventus. Tepatnya saat kedua tim bertemu di ajang Serie A pekan ke-21, di mana Napoli menang tipis dengan skor 2-1.

Selain itu, Gattuso juga punya memori manis dengan pernah dua kali mengalahkan Juventus dalam semusim saat masih menjadi pemain AC Milan musim 2009/10 silam.

Pada musim tersebut, Gattuso bersama AC Milan berhasil mengalahkan Juventus dengan skor serupa yakni 3-1 pada pekan ke-19 dan 38. 

Kemenangan Gattuso di partai final Liga Champions 2002/03 kontra Juventus pun diprediksi bisa menjadi motivasi buat Rino, mengingat laga Coppa Italia dini hari nanti juga sama-sama partai final.

Lantas dengan sederet catatan rekor pertemuan tersebut, mampukah Gattuso membawa Napoli meraih kemenangan? Atau malah sebaliknya, Juventus semakin menambah panjang rentetan kekalahan yang dirasakan mantan pelatih FC Sion ini.

JuventusNapoliGennaro GattusoCoppa ItaliaLiga ItaliaSepak BolaJuventus vs NapoliBerita Liga Italia

Berita Terkini