x

Menengok Kiprah Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia 2020

Rabu, 17 Juni 2020 09:46 WIB
Editor: Coro Mountana
Menengok Kiprah Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia 2020

INDOSPORT.COM – Marilah kita menengok kembali bagaimana kiprah atau sepak terjang Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 berikut ini.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-19 akan bertanding di Piala Asia U-19 2020 pada 14 sampai 31 Oktober mendatang.

Harap-harap cemas pastinya sedang dirasakan oleh seluruh penggawa Timnas Indonesia U-19 jelang drawing fase grup Piala Asia U-19 2020 yang akan diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (18/06/20).

Baca Juga
Baca Juga

Meskipun menjadi unggulan kedua alias masuk dalam pot kedua dalam turnamen kali ini, tapi tetap saja peluang untuk bertemu tim kuat di fase grup masih sangatlah tinggi. Pasalnya Timnas Indonesia U-19 masih bisa bertemu Arab Saudi, Korea Selatan, Iran hingga Vietnam di fase grup.

Sebisa mungkin, Timnas Indonesia U-19 pasti berharap bakal mendapatkan lawan yang relatif mudah pada drawing Piala Asia U-19 2020 yang akan diselenggarakan esok hari. Agar peluang untuk lolos ke babak selanjutnya terbuka lebih lebar.

Baca Juga
Baca Juga

Sebelum mengetahui siapa saja lawan di babak grup Piala Asia U-19 2020, ada baiknya untuk kita menengok kembali sepak terjang Timnas Indonesia U-19 sepanjang babak kualifikasi.


1. Kiprah Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020

Laga pertandingan antara Indonesia U-19 vs Korea Utara U-19 pada Kualifikasi Piala Asia U-19 di GBK, Jakarta, Minggu (10/11/19).

Perjalanan Timnas Indonesia U-19 di babak kualifikasi Piala Asia U-19 2020 sendiri bisa dikatakan berjalan cukup terjal. Meskipun hanya bertemu Hong Kong dan Timor Leste, akan tetapi Timnas Indonesia U-19 juga bertemu dengan kekuatan dari Asia Timur, Korea Utara.

Bertindak sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-19 dibebani target untuk wajib lolos ke Piala Asia U-19 2020. Melawan Timor Leste dan Hong Kong mungkin hanya menjadi sepotong kue saja, akan tetapi Korea Utara jelas bukan lawan yang mudah.

Potensi untuk dikalahkan Korea Utara saat itu sangatlah tinggi, dan jika itu terjadi, maka peluang untuk lolos ke babak utama Piala Asia bisa terhambat.

Soalnya kalah dari Korea Utara, berarti Timnas Indonesia U-19 hanya finis di posisi kedua di mana hanya ada 5 runner up terbaik dari 11 grup saja yang lolos.

Dibebani target tidak boleh kalah dari Korea Utara, Timnas Indonesia U-19 mencoba untuk menjalaninya dengan rileks dengan melawan Timor Leste di laga pertama. Sesuai perkiraan, Timnas Indonesia U-19 berhasil melewati hadangan Timor Leste dengan mudah.

Meski Mouzinho sempat menghidupkan peluang Timor Leste membuat kejutan, tapi brace Fajar Fathur dan gol bunuh diri Gumario membuat Timnas Indonesia U-19 memetik kemenangan perdana di kualifikasi Piala Asia U-19 2020.

Aksi provokatif kapten Timnas Timor Leste U-19, Gumario da Silva dan beberapa rekannya ke arah suporter Indonesia usai Timor Leste meyamakan kedudukan 1-1.

Di laga kedua, sempat ada kekhawatiran Timnas Indonesia U-19 bakal mendapatkan masalah melawan Hong Kong. Bukan apa-apa, Hong Kong baru saja membuat kejutan dengan menahan imbang Korea Utara, 1-1 di laga perdana.

Namun dengan tenang skuat asuhan Fakhri Husaini saat itu tampil begitu luar biasa dengan menang telak, 4 gol tanpa balas. Secara bergantian, Bagas Kaffa, Fajar Fathur, David Maulana dan Bagus Kahfi membobol gawang Hong Kong.

Akhirnya, sampailah Timnas Indonesia U-19 di laga penentuan melawan Korea Utara di laga terakhir kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Untungnya bagi Timnas Indonesia U-19, hasil seri saja sudah cukup untuk melenggang ke Piala Asia karena Korea Utara sebelumnya ditahan imbang Hong Kong.

Namun begitu, Korea Utara menunjukan determinasi yang luar biasa dengan menekan pertahanan Timnas Indonesia U-19 secara mati-matian. Hasilnya, Kim Kwang-chong berhasil membuka keunggulan Korea Utara atas Timnas Indonesia U-19.

Laga pertandingan antara Indonesia U-19 vs Korea Utara U-19 pada Kualifikasi Piala Asia U-19 di GBK, Jakarta, Minggu (10/11/19).

Suasana tegang dan mencekam pun menghinggapi Timnas Indonesia U-19, soalnya jika kalah, maka nasib untuk lolos ke Piala Asia U-19 bergantung pada tim lain. Hebatnya, Fakhri Husaini yang saat ini tak lagi berada di staf kepelatihan Timnas Indonesia U-19 memberikan wejangan agar tim tetap tenang.

Alhasil, Bagus Kahfi akhirnya berhasil menyamakan kedudukan setelah eksekusi penaltinya tidak bisa diselamatkan kiper Korea Utara. Hingga pertandingan berakhir, Timnas Indonesia U-19 akhirnya berhasil menahan imbang Korea Utara sehingga berhak lolos ke Piala Asia U-19 2020.

Korea UtaraPiala Asia U-19Timor LesteFakhri HusainiHong KongIn Depth SportsTimnas Indonesia U-19FeatureKualifikasi Piala Asia U-19 2020

Berita Terkini