x

3 Kunci Timnas Indonesia U-16 Lolos dari Grup Neraka Piala Asia U-16

Kamis, 18 Juni 2020 22:17 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Melalui ujian yang berat di Grup D Piala Asia U-16 2020, Timnas Indonesia U-16 mesti memiliki tiga kunci berikut untuk bisa lolos.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 diketahui harus melalui jalan terjal setelah hasil drawing Piala Asia U-16 2020 keluar. Meski begitu, ada tiga kunci agar Marselino Ferdinan dkk bisa lolos dari grup maut ini. 

Setelah berhasil menyandang status sebagai runner-up Grup G di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 kini Timnas Indonesia U-16 akan melangkah ke putaran final.

Tentunya target untuk Piala Asia U-16 2020 kali ini adalah lolos ke semifinal demi mewujudkan impian berjuang di Piala Dunia U-17 2021 mendatang.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, sebelum itu Timnas Indonesia U-16 harus siap melalui jalan terjal di fase grup ajang Piala Asia U-16 2020. Hari ini, Kamis (18/06/20) telah dilangsungkan drawing babak penyisihan Piala Asia U-16 yang dilangsungkan di Kantor AFC, Kuala Lumpur, Malaysia.

Dari hasil drawing yang telah dilakukan, Timnas Indonesia U-16 akhirnya dipastikan akan mengisi Grup D bersama dengan Tiongkok, Arab Saudi, dan Jepang.

Ketiga negara tersebut bukanlah lawan yang mudah bagi skuat Garuda Asia. Jepang contohnya, negara ini telah meraih gelar juara Piala Asia U-16 sebanyak tiga kali.

Sementara itu Arab Saudi sudah meraih gelar juara sebanyak dua kali dan Tiongkok bukanlah lawan yang mudah untuk ditaklukkan. Timnas Indonesia U-16 hanya mampu bermain imbang saat berjumpa dengan Tiongkok di laga kualifikasi.

Meski begitu, peluang Indonesia untuk lolos cukup besar asal bisa mengamankan tiga kunci berikut ini. 

1. 3 Poin dari China

Di atas kertas, China adalah tim terlemah di grup ini. Jangan salah, meski kalah nama besar, namun Timnas Indonesia level U-16 cukup diperhitungkan di Asia. 

Terbukti dari masuknya Indonesia di pot 2 undian. Garuda Muda juga sukses menjadi runner-up babak kualifikasi Grup G dengan tanpa terkalahkan. 

Satu-satunya hasil kurang maksimal didapatkan kala melawan China di laga pamungkas yang berakhir dengan skor imbang 0-0. 

Dari pertandingan itu Timnas Indonesia U-16 pun terbukti tidak kalah jago. Bahkan, jika lebih beruntung, Timnas Indonesia U-16 bisa meraih tiga poin. 

Baca Juga
Baca Juga

Dengan kekuatan yang tak jauh berbeda serta telah sama-sama mengetahui kekuatan lawan, seharusnya ini jadi peluang bagi Indonesia untuk mengamankan tiga poin demi mempermudah jalan lolos. 


1. 2. Jangan Kalah dari Arab Saudi

Ahmad Atthallah Araihan mengancam gawang Timnas China dengan sundulannya, Minggu (22/09/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Kunci berikutnya agar Timnas Indonesia lolos dari grup neraka ini adalah pastikan agar mampu meraih poin dari Arab Saudi. Di banding Jepang, Arab Saudi U-16 lebih 'mudah' untuk ditandingi. 

Meski akan tersiksa sepanjang laga, Indonesia memiliki peluang besar untuk sekadar menahan imbang untuk mengamankan satu poin. 

Dengan tambahan satu poin dari Arab Saudi serta tiga poin dari China, maka Indonesia seharusnya sudah aman untuk melenggang ke fase selanjutnya. 

3. Jangan Simpan yang Terbaik

Meski baru fase kualifikasi, Timnas Indonesia U-16 harus tampil maksimal sejak di fase grup. Oleh karena itu, jangan sampai tim pelatih menyimpan pemain bintangnya untuk strategi tertentu. 

Tak ada yang bisa menjamin hasil di laga berikutnya. Turunkan skuat terbaik di setiap laga. 

Dari pertandingan yang telah dilalui sebelumnya, terlihat bahwa anak-anak Timnas Indonesia U-16 memiliki fighting spirit yang tinggi dan siap tampil jika dibutuhkan. Starting XI terbaik harus mengisi setiap laga Piala Asia U-16 2020 demi hasil terbaik. 

ChinaTimnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaBola InternasionalPiala Asia U-16TRIVIABerita Timnas IndonesiaPiala Asia U-16 2020

Berita Terkini