x

Ancam Pecat Shin Tae-yong, Ini Rekam Jejak Ketua Satgas Syarif Bastaman

Sabtu, 20 Juni 2020 13:49 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Syarif Bastaman (kanan) dalam konferensi pers PSSI.

INDOSPORT.COM – Nama Syarif Bastaman beberapa hari terakhir ini ramai diberitakan di berbagai media karena pria kelahiran Tasikmalaya ini baru saja ditunjuk menjadi ketua Satgas Timnas Indonesia yang dibentuk oleh PSSI.

Tak hanya soal penunjukkannya menjadi ketua Satgas Timnas, Syarif Bastaman juga baru saja mengeluarkan komentar yang isinya mengultimatum Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas karena tak tunjung kembali ke Indonesia.

Baca Juga
Baca Juga

"Ada kemungkinan dia (red-Shin Tae-yong) diputus kontraknya, karena tak memenuhi kewajiban. Ada tiga bulan dia mangkir, walaupun mungkin dua bulan pertama karena ada alasan masuk akal," tutur Syarif Bastaman.

Berbicara soal sosok Syarif Bastaman, dia ternyata bukan sosok baru di tubuh PSSI. Pria berumur 57 tahun ini pernah menjadi anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada tahun 2007 – 2011.

Di tahun 2011, ketua Satgas Timnas ini sempat diberi tanggung jawab untuk menjadi ketua komite pemilihan PSSI 2011 – 2015 dengan beranggotakan Gusti Randa, Arteria Dahlan, Sarifuddin Suding, Sophar Maru, Trimedya Pandjaitan, dan Hamka B. Kadi.

Baca Juga
Baca Juga

Saat memimpin komite pemilihan, Syarif Bastaman mengumumkan bahwa dua calon ketua umum PSSI yakni Arifin Panigoro dan George Toisutta tidak lolos ke tahapan seleksi. Namun komite pemilihan meloloskan dua pentolan PSSI sebelumnya yakni Nurdin Halid dan Nirwan Bakrie.

Selain pernah menduduki jabatan di PSSI, Syarif Bastaman juga pernah menduduki kursi parlemen dengan menjadi anggota DPR RI dari PDIP melalui daerah pemilihan Jawa Barat XI pada tahun 2009 – 2014.

PSSITimnas IndonesiaLiga IndonesiaSyarif BastamanShin Tae-yong

Berita Terkini