x

Dianggap Murah, Timo Werner Ternyata 'Gerogoti' Chelsea Rp1,7 Triliun

Sabtu, 20 Juni 2020 11:54 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Meski banyak yang bilang transfernya terhitung murah, namun Timo Werner ternyata memakan dana Chelsea hingga Rp1,7 triliun.

INDOSPORT.COM – Gegap gempita bursa transfer sepak bola Eropa nyatanya telah nampak saat ini. Di mana Chelsea yang notabene raksasa Liga Inggris kembali membuat gebrakan dengan resmi memboyong Timo Werner dari RB Leipzig.

Chelsea belum lama ini meresmikan sosok Werner sebagai pemain anyarnya. The Blues mencapai kesepakatan personal maupun dengan RB Leipzig untuk transfer pemain berusia 24 tahun tersebut.

Banyak yang menyebut Chelsea mampu memenuhi klausul Werner sebesar 47,5 juta poundsterling (Rp825 miliar) sesuai yang tertera di kontraknya di RB Leipzig. Angka tersebut diyakini murah mengingat performa sang pemain musim ini.

Baca Juga
Baca Juga

Namun diam-diam dibalik anggapan murah dari banyak pihak terkait transfernya, Chelsea ternyata harus mengeluarkan biaya hampir sebesar 102,5 juta poundsterling (Rp1,7 triliun) demi seorang Timo Werner.

Dilansir BBC Sports, angka tersebut lahir dari besaran kontrak yang diberikan Chelsea kepada Werner serta biaya agen dan mahar transfer ke RB Leipzig.

Setelah mengeluarkan biaya 47,5 juta poundsterling ke RB Leipzig, ternyata Chelsea harus membayar jasa agen sebesar 12 juta poundsterling (Rp211 miliar).

Selain itu, Chelsea disebutkan menyodorkan Werner kontrak berdurasi lima tahun dengan gaji mencapai 175 ribu poundsterling (Rp3 miliar) per pekannya.

Jika dikalkulasikan secara keseluruhan, maka Chelsea akan harus mengeluarkan dana hingga 102,5 juta poundsterling (Rp1,7 triliun) untuk menggunakan jasa Werner selama lima tahun kontraknya.

Baca Juga
Baca Juga

Jika dihitung, tentu angka ini terbilang murah. Pasalnya, hampir setengah dari total pengeluaran tersebut dibayarkan Chelsea untuk membayar kewajibannya kepada Werner dalam bentuk gaji.

Dengan kata lain, Chelsea tentu diuntungkan. Apalagi mengingat akan banyak pemain yang akan dilego pada musim panas ini untuk mengurangi beban gaji dari The Blues sendiri.

Selain itu, jika dilihat dari performa, Chelsea tentu tak keberatan membayar gaji hingga Rp3 miliar per pekan kepada Werner. Total 32 gol dan 13 assist telah dicetaknya musim ini bersama RB Leipzig. Melihat angka tersebut, bisa dikatakan Chelsea beruntung mendapatkan pemain murah dengan statistik hebat seperti Timo Werner.

ChelseaRB LeipzigLiga InggrisTimo WernerSepak BolaBerita Liga InggrisTransfer PemainJadwal Liga Inggris

Berita Terkini