x

5 Fakta Tak Masuk Akal dalam Kekalahan Dramatis Arsenal dari Brighton di Liga Inggris

Minggu, 21 Juni 2020 07:46 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Kisruh dalam Laga Brighton vs Arsenal

INDOSPORT.COM – Menghadapi Brighton & Hove Albion, Arsenal harus rela menelan kekalahan lagi di Liga Inggris 2019-2020. Sejumlah fakta tak masuk akal pun tercipta.

Usai kalah dari Manchester City di pertandingan pekan sebelumnya, Arsenal belum mampu bengkit hingga harus rela kembali menelan hasil serupa saat melawan klub papan bawah, Brighton & Hove Albion, Sabtu malam (20/06/20).

Padahal, secara permainan sudah jauh membaik dibanding ketika kalah dari Manchester City lalu. Terlebih klub asal London itu juga bisa mencetak gol lebih dulu pada menit ke-68 lewat Nicolas Pepe.

Baca Juga
Baca Juga

Namun secara dramatis Brighton mampu mebalikan keadaan lewat gol Lewis Dunk pada menit ke-75 dan Neal Maupay, tepat di penghujung akhir babak kedua 90+5.

Menjadi hasil yang memalukan buat Arsenal dan menguntungkan buat Brighton & Hove Albion dalam upayanya menjauh dari zona degradasi Liga Inggris. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Amex itu juga menghadirkan banyak fakta tak masuk akal.

Seperti berikut INDOSPORT rangkumkan.

Gol Pertama Nicolas Pepe

Meski terhitung belum bisa memberikan hasil maksimal setelah dibeli dengan harga 72 juta poundsterling (Rp1,24 trilun) dari klub Liga Prancis, Lille, Nicolas Pepe menorehkan fakta membanggakan di laga melawan Brihton & Hove Albion semalam.

Ia untuk pertama kalinya buat Arsenal, akhirnya bisa mencetak gol di luar kota London.

Sebelumnya, Pepe memang telah bisa mencetak enam gol, namun semuanya terjadi di kota London, baik itu enam gol yang diciptakannya di kandang Arsenal, Stadion Emirates, maupun satu gol di kendang West Ham United, Stadion London, yang jelas juga berada di ibu kota Inggris.

Rekor Tak Terkalahkan Arsenal Berakhir

Jika di laga melawan Manchester City, Arsenal kehilangan rekor tak terkalahkan di bawah asuhan Mikel Arteta, di pertandingan melawan Brighton ini mereka juga kembali harus rela kehilangan rekor tak terkalahkan.

Untuk pertama kalinya sejak November 2015, Arsenal akhirnya menelan kekalahan ketika pertandingan dimainkan jam tiga sore waktu setempat.

Padahal, dalam 23 pertandingan sebelumnya pada jam tersebut, tak sekali pun mereka menelan kekalahan, dengan rincian 19 menang dan empat kali kalah.

Baca Juga
Baca Juga

Arsenal Lemah dalam Bola Mati

Kekalahan dari Brighton juga menghadrikan fakta tak masuk akal bahwa klub sebesar Arsenal adalah salah satu tim yang paling sering kebobolan dari skema bola mati di Liga Inggris musim ini.

Itu semakin tercermin setelah gol dari pemain Brighton, Lewis Dunk, pada menit ke-75 juga berawal dari skema tendangan sudut yang dioper pendek lalu diumpan ke kotak penalti.

Dengan tambahan satu gol Lewis Dunk itu, Arsenal di Liga Inggris 2019-2020 kini sudah 13 kali kebobolan lewat skema bola mati termasuk penalti. Catatan mereka hanya sedikit lebih apik dari klub papan bawah, Aston Villa.


1. Fakta Brighton & Hove Albion

Neal Maupay dan Bernd Leno dalam pertandingan Liga Inggris antara Brighton vs Arsenal, Sabtu (20/06/20).

Gol Terlama Brighton & Hove Albion

Bukan cuma buat Arsenal, tuan rumah Brighton & Hove Albion juga tak mau ketinggalan menorehkan fakta tak masuk akal pada laga pekan ke-30 Liga Inggris tersebut.

Fakta itu terjadi lewat gol Niel Maupay pada menit ke-90+5, yang mencatatkan rekor sebagai gol paling lama mereka di satu pertandingan, dalam partisipasinya di Liga Inggris sepanjang sejarah.

Gol Maupay yang juga menjadi gol penentu kemenangan dramatis atas Arsenal itu, secara tepat terjadi pada menit ke-94 lewat 24 detik jalannya pertandingan

Kemenangan 100 Brighton & Hove Albion

Fakta terakhir lebih kepada sebuah catatan monumental yang membanggakan tuan rumah Brighton & Hove Albion, yaitu berupa catatan rekor kemenangan ke-100 yang akhirnya bisa ditorehkan di kadang baru mereka, Stadion Amex.

Pindah ke Stadion Amex sejak tahun 2011, kemenangan melawan Arsenal di lanjutan Liga Inggris malam tadi membuat Brighton & Hove Albion kini secara rinci telah mengoleksi 100 kemenangan, 63 imbang, dan 54 kalah dari 217 pertandingan yang telah dijalaninya.

ArsenalBrighton & Hove AlbionLiga InggrisTRIVIASepak BolaNicolas PepeBerita Liga Inggris

Berita Terkini