x

3 Fakta di Balik Perubahan Sikap Madura United untuk Liga 1 2020

Senin, 22 Juni 2020 19:56 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Terselip tiga fakta di balik perubahan sikap Madura United dalam menyikapi keputusan PSSI melanjutkan kompetisi Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Terselip tiga fakta di balik perubahan sikap Madura United dalam menyikapi keputusan PSSI melanjutkan kompetisi Liga 1 2020.

Madura United akhirnya berubah sikap dengan mendukung Liga 1 musim 2020 setelah sempat kukuh pada pendirian menolak kompetisi kasta tertinggi tanah air itu berlanjut lagi.

Perubahan sikap itu menyusul hasil suara terbanyak yang didapatkan PSSI dari jajaran Komite Eksekutif. Mayoritas anggotanya setuju melanjutkan kembali kompetisi Liga 1, sehingga menjadi keputusan kuat PSSI untuk mengesahkannya.

"Pada prinsipnya, apa pun keputusan PSSI dan LIB setelah direksi dibentuk, kami siap mengikuti, termasuk rencana menggulirkan kompetisi," ujar Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu, Ziaul Haq melalui rilis resmi pada Jumat (19/06/20).

Baca Juga
Baca Juga

Sebelumnya, tim Laskar Sape Kerrab menjadi yang terdepan dalam menolak Kelanjutan Liga 1 musim ini. Kukuhnya sikap Madura United juga atas pertimbangan kesehatan masyarakat luas. Lantaran masa pandemi covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, belum jelas kapan berakhirnya.

Ternyata, di balik perubahan sikap Madura United, ada sejumlah fakta penting yang tersembunyi di dalamnya. 

1. Masih Terselip Tuntutan

Ternyata, walau sudah setuju untuk ikut berpartisipasi di lanjutan Liga 1 2020,  Madura United nyatanya masih menyisakan tuntutan. 

Manajemen Madura United mempertanyakan keputusan PSSI untuk menghapuskan aturan degradasi pada Liga 1 2020. 

Sebagaimana diketahui, federasi sepak bola di Indonesia itu memang mengagendakan wacana tersebut. Pada usulannya, PSSI ingin menghapus tiga slot degradasi dari Liga 1 dan hanya ada 2 tim yang mendapatkan promosi dari Liga 2.

"Tahun depan (2021) akan ada 20 klub (di Liga 1). Apakah PSSI berani memastikan kompetisi dengan 20 klub tanpa pembagian wilayah?," ujar Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu, Ziaul Haq.

"Apakah itu akan menjadi 20 tim seterusnya?," 

Baca Juga
Baca Juga

Kejelasan itu lah yang tengah dikejar tim Laskar Sape Kerrab. Dari segi manajemen tim, sangat jelas kebijakan itu akan berpengaruh pada program jangka panjang klub di masa depan.


1. 2. PT LIB

Kepala pelatih dan manajer Madura United, Rahmad Darmawan.

Selama ini Madura United kukuh untuk menolak Liga 1 sebagai bentuk pertimbangan atas kesehatan masyarakat luas. Lantaran masa pandemi covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, belum jelas kapan berakhirnya.

Namun, belakangan dipertegas bahwa hal tersebut bukanlah satu-satunya alasan utama dari sikap Madura United. Ternyata, ketidakjelasan dalam jajaran direksi PT LIB pascamundurnya empat pejabatlah yang menjadi landasan sikap mereka. 

"Pada awalnya, pembahasan kompetisi usainya pengunduran diri Dirut LIB sebelumnya, kami memang tegas menolak membahas kompetisi karena harus jelas dulu nahkoda dari LIB," sambung dia.

Kini dengan telah terpilihnya pemimpin baru di PT LIB, Madura United mengklaim pihaknya akan mengikuti keputusan dari federasi. 

3. Disambut Gembira

Keputusan manajemen Madura United untuk mengikuti lanjutan Liga 1 2020 pun disambut gembira oleh sejumlah pemain mereka. 

Salah satunya adalah sang bintang, Beto Goncalves. Pemain naturalisasi itu menyambut kabar tersebut dengan bersemangat. 

Beto Goncalves sendiri sejak awal diketahui memang berharap agar Laskar Sappe Kerrab tak mundur dari Liga 1 2020. 

"Kalau memang sudah berhenti total, sudah aman kenapa kita tidak kembali bermain. Tapi saat ini masih banyak kasus, harus pikir yang terbaik. Tapi secara pribadi pasti saya ingin kembali ke lapangan. Semua teman-teman saya bicara semua ingin kembali," ujar Beto. 

Madura United dalam waktu dekat akan mengumpulkan para pemainnya untuk kembali berlatih untuk Liga 1 2020. Pelatih Rahmad Darmawan diyakini akan mulai mengumpulkan pemain pada bulan Agustus.

PSSIRahmad DarmawanMadura United FCLiga IndonesiaPT Liga Indonesia Baru (PT LIB)TRIVIALiga 1 2020

Berita Terkini

Berita Terpopuler