x

Dukungan Calon Bek Timnas Berdarah Batak di Eropa Jelang Piala Asia 2020

Selasa, 23 Juni 2020 19:09 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
Joseph Simatupang Ferguson, Dukungan Calon Bek Timnas Berdarah Batak di Eropa Jelang Piala Asia 2020.

INDOSPORT.COM - Calon bek Timnas Indonesia berdarah Batak yang tampil di kompetisi Eropa, Joseph Simatupang Ferguson memberikan dukungan penuh kepada skuat Garuda jelang gelaran Piala Asia 2020.

Berdasarkan drawing Piala Asia U-16 dan U-19 2020 yang berlangsung pada Kamis (18/06/20) lalu, diketahui bahwa Timnas Indonesia U-19 akan berada di Grup A sedangkan U-16 bakal bersaing di Grup D.

Jika melihat dari pembagian tim yang telah ada, sejatinya Timnas Indonesia U-19 punya peluang lebih besar untuk lolos dari babak penyisihan grup Piala Asia U-19 2020 nanti.

Baca Juga
Baca Juga

Pasalnya, skuat arahan Shin Tae-yong tersebut berada satu grup dengan Iran, Uzbekistan serta Kamboja di mana dua nama terakhir diprediksi bisa menjadi lumbung poin Timnas Indonesia.

Kamboja bakal menjadi lawan termudah Timnas Indonesia, lantaran di level ASEAN mereka kerap kali menelan kekalahan telak dari skuat Merah-Putih. 

Sedangkan Uzbekistan yang berstatus tuan rumah, pernah ditahan imbang Timnas Indonesia dalam ajang persahabatan tahun 2018 lalu. Mungkin hanya Iran yang menjadi lawan berat Indonesia, namun jika berhasil mencuri satu poin bukan tidak mungkin peluang menjadi runner-up bakal terbuka lebar.

Jika Timnas Indonesia U-19 berpotensi besar lolos dari penyisihan grup Piala Asia, maka lain halnya dengan Timnas U-16 yang berada di grup sedikit lebih sulit.

Tergabung di Grup D, skuat arahan Bima Sakti tersebut akan saling bersaing dengan Jepang, China serta Arab Saudi. Tiga negara yang dikenal akan kekuatan sepak bola serta kondisi fisik yang jauh lebih unggul dari Indonesia.

Meski sulit namun peluang lolos dari penyisihan grup tetap ada, bahkan Timnas Indonesia U-16 mendapat dukungan dari salah satu pemain bertahan dari liga Eropa, Joseph Simatupang Ferguson.

Baca Juga
Baca Juga

Pemain Blackburn U-18 tersebut berharap baik Timnas Indonesia U-16 maupun U-19 bisa melewati babak penyisihan grup, dirinya pun menganggap skuat Garuda saat ini memiliki potensi besar.

"Aku harap mereka (Timnas U-16 dan U-19) bisa melewatinya (penyisihan grup). Aku pikir skuat sekarang memiliki banyak potensi dan aku akan terus mendukung," ucap Joseph Simatupang Ferguson kepada INDOSPORT.


1. Karier di Liga Inggris

Joseph Simatupang Ferguson menandatangani Kontrak Baru

Joseph Simatupang Ferguson sendiri sudah beberapa bulan terakhir menepi dari lapangan hijau, dan absen membela klubnya di Liga Inggris, lantaran mengalami cedera patah tulang punggung bawah. 

Pada gelaran 2019/20, Joseph Simatupang Ferguson merupakan salah satu pemain andalan Blackburn Rovers U-18. Pesepakbola berdarah Batak tersebut mendapat beasiswa dari klub dan diproyeksikan bermain di tim senior.

Demi kembali ke performa terbaiknya, bek berusia 17 tahun tersebut rutin mengikuti recovery dan berharap bisa comeback di Liga Inggris dalam waktu dekat. 

"Saya menjalani pemulihan dengan baik. Ada jadwal scan MRI pekan ini dan semoga ada perkembangan baik, jadi saya bisa main di musim dingin nanti," tambah Joseph Simatupang Ferguson.

Sejauh ini, Joseph Simatupang Ferguson telah tampil dalam enam pertandingan bersama Blackburn di Liga Inggris U-18 dan berhasil mencetak satu assists.

Dirinya pun kerap menjadi starter, terbukti total bermainnya dalam enam pertandingan tersebut telah mencapai 406 menit dan sempat tiga kali bermain penuh 90 menit.

Piala Asia U-19Timnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaBola InternasionalPiala AsiaBakat Muda IndonesiaPiala Asia U-16Timnas Indonesia U-19Joseph Simatupang FergusonPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Timnas IndonesiaPiala Asia U-16 2020

Berita Terkini

Berita Terpopuler