x

3 Jebolan Gornik Zabrze Berlabel Top Dunia Bisa Ditiru Egy Maulana

Rabu, 1 Juli 2020 07:15 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
Ada 3 jebolan klub Ekstraklasa Gornik Zabrze yang bisa ditiru akan perjalanan kariernya oleh Egy Maulana Vikri usai diisukan bakal dilego.

INDOSPORT.COM - Ada 3 jebolan klub Ekstraklasa Gornik Zabrze yang bisa ditiru akan perjalanan kariernya oleh Egy Maulana Vikri usai diisukan bakal dilego.

Isu tersebut muncul tatkala salah satu akun media sosial Twitter yang bernama lengkap Jezioro Sportu (@jeziorosportu) mencuitkannya, akhir Juni 2020.

Pada unggahan itu, Jezioro Sportu menjelaskan kalau Lechia Gdansk bakal melepas pemain Timnas Indonesia U-23 Egy Maulana Vikri untuk musim 2020-21.

"Wakil Indonesia Egy Maulana Vikri bakal berganti klub, Lechia Gdansk mungkin tak lagi memakai jasanya dan akan menjual pada musim panas seharga 300 ribu euro (Rp4,6 miliar)," tulis akun tersebut.

Kemudian Jezioro Sportu juga menjelaskan kalau ada tiga klub asal Eropa yang berminat akan kemampuan Egy Maulana Vikri dan siap diangkut musim depan.

Baca Juga
Baca Juga

"Gornik Zabrze, Warta Poznan, dan Slovan Bratislava dikabarkan berminat pada sang pemain," jelas Jezioro Sportu.

Gornik Zabrze merupakan klub yang berlaga di Ekstraklasa, Warta Poznan main di Liga 2 Polandia, Slovan Bratislava ialah tim yang berlaga untuk Slowakia.

Isu ini muncul karena Egy Maulana hanya menyisakan kontrak semusim di Lechia Gdansk, meski dalam klausulnya ada opsi diperpanjang hingga dua musim.

Akan tetapi wonderkid berusia 19 tahun itu tak kunjung mendapatkan kepercayaan untuk tampil bersama skuat utama di kompetisi resmi tertinggi.

Sehingga isu ini cukup hangat dan kemungkinan-kemungkinan Egy Maulana bertahan atau dilepas jawara Polish Cup 2018-19 itu panas diperbincangkan.

Baca Juga
Baca Juga

Teranyar, agen Egy Maulana, Dusan Bogdanovic membantah akan rumor yang menyebutkan kalau kliennya bakal dilepas oleh klub pada musim depan mendatang.

Kendati demikian ada hal yang bisa saja terjadi ke depannya. Karena di masa bursa transfer nanti apapun bisa memunculkan sebuah kejutan luar biasa.

Jika pada akhirnya nanti pemain asal Sumatera Utara itu dilepas ke Gornik Zabrze oleh Lechia Gdansk, tampaknya ada hal yang bisa dipetik oleh Egy Maulana.

Karena ada sejumlah pemain binaan Gornik Zabrze yang turut menjadi bintang berlabel top dunia dan berkiprah di klub-klub elit. Siapa saja mereka?

1. Jacub Blaszczykowski

Pemain sayap kanan bernama Jacub Blaszczykowski merupakan salah satu jebolan Gornik Zabrze yang sukses dan bisa ditiru dalam karier Egy Maulana.

Baca Juga
Baca Juga

Blaszczykowski sempat digembleng selama semusim di akademi Gornik Zarbze (2002-03). Didikan klub tersebut sukses mengantarkan pemain 34 tahun ini bersinar.

Buktinya, Blaszczykowski sempat membela raksasa Borussia Dortmund (2007-16) dan menyumbang gelar Bundesliga Jerman, DFB-Pokal, serta DFL-Supercup.


1. Pemain Dicontoh Egy Maulana

Ada 3 jebolan klub Ekstraklasa Gornik Zabrze yang bisa ditiru akan perjalanan kariernya oleh Egy Maulana Vikri usai diisukan bakal dilego.

2. Arkadiusz Milik

Selanjutnya ada striker asal Polandia bernama Arkadiusz Milik yang juga bisa dicontoh oleh Egy Maulana dalam mengembangkan perjalanan karier di Eropa.

Karena Milik sempat menghabiskan masa bakti bersama Gornik Zarbze selama dua musim (2011-13) dengan membuat 11 gol dari 38 laga di semua ajang.

Lalu dirinya berlabuh ke Bayer Leverkusen, FC Augsburg (pinjaman), Ajax Amsterdam, hingga kini berlaga untuk Napoli. Terakhir Milik merebut gelar Coppa Italia 2019-20.

3. Tomasz Hajto

Terakhir ada Tomasz Hajto, seorang bek tengah asal Polandia dan bisa menjadi panutan bagi Egy Maulana jika pada akhirnya gabung Gornik Zabrze.

Hajto pernah bermain untuk Gornik Zabrze selama dua periode (1993-97 dan 2007-08). Kemampuannya itu malah dilirik oleh klub-klub besar pada masanya.

Karena pria berusia 47 tahun itu pernah membela Numberg, Southampton, hingga Schalke 04. Bersama klub terakhir Hajto bisa memboyong UEFA Intertoto Cup 2003.

Jakub BlaszczykowskiBola InternasionalArkadiusz MilikEgy Maulana VikriLechia GdanskWonderkidTRIVIASepak BolaEkstraklasa

Berita Terkini