x

Tuduh Real Madrid Dibantu Wasit, Barcelona Malah Lebih Sering Diuntungkan VAR

Selasa, 7 Juli 2020 20:24 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Tuduh Real Madrid Dibantu Wasit, Barcelona Malah Lebih Sering Diuntungkan VAR

INDOSPORT.COM - Fakta menarik tentang tuduhan Presiden Barcelona akan keseringan Real Madrid dibantu wasit dalam ajang Liga Spanyol, namun statistik menyebut justru El Barca yang raih poin banyak dengan VAR.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu belakangan memang ramai dibicarakan terutama setelah komentar bernada kesal perihal kemenangan Real Madrid kontra Athletic Bilbao di Liga Spanyol pada Minggu (05/07/20) malam WIB.

Dalam pertandingan yang berlangsung di stadion San Mames tersebut, Real Madrid berhasil meraih kemenangan tipis berkat gol tunggal Sergio Ramos lewat tendangan penalti menit 73.

Baca Juga
Baca Juga

Penalti tersebut diberi wasit usai Dani Garcia menginjak kaki Marcelo. Wasit mengecek VAR dan mengkonfirmasi hal tersebut.

Insiden VAR inilah yang tampaknya membuat Bartomeu marah, lantaran Real Madrid sebagai pesaing terberat Barcelona dalam perburuan gelar juara musim ini dianggap diuntungkan akibat keputusan VAR.

Apalagi di laga tersebut, Bilbao berpeluang besar mendapat hadiah penalti setelah Sergio Ramos tertangkap menginjak kaki Raul Garcia.

Meski sudah dibantu oleh VAR dan videonya cukup terlihat jelas aksi dari Ramos, namun wasit Jose Gonzalez Gonzalez tidak memberikan hadiah penalti buat tim tuan rumah.

Meski tidak secara spesifik menyinggung laga antara Real Madrid dan Athletic Bilbao, namun Bartomeu memberikan komentar tepat setelah kemenangan El Real dan menyebut VAR sampai merugikan sejumlah tim.

“VAR tidak selevel yang diinginkan semua orang. Usai lockdown, ada banyak permainan yang belum sempurna dan di mana tim yang sama diuntungkan, dan ada tim yang tidak beruntung,” kata Bartomeu dinukil Marca.

“VAR harus membantu wasit. Selama beberapa pertandingan terakhir, semua orang telah melihat gambaran di mana VR belum digunakan dengan baik,” lanjutnya.

Komentar Bartomeu yang kecewa dengan keputusan VAR dan menguntungkan Real Madrid di laga kemarin sendiri memang cukup beralasan, sebab tambahan angka membuat El Real kini kokoh di puncak klasemen Liga Spanyol dengan selisih empat angka dari Barcelona.

Baca Juga
Baca Juga

Ramainya isu yang menyinggung kinerja wasit dan VAR di Liga Spanyol yang dianggap selalu menguntungkan Real Madrid, namun statistik menyebut bahwa Barcelona lah tim yang paling sering mendapat poin dari VAR.


1. Barcelona Diutungkan VAR?

Lionel Messi tersungkur usai laga Barcelona vs Villarreal.

Melansir dari laman AS, disebutkan bahwa pada musim 2019/20 ini Real Madrid mendapat sepuluh kali intervensi atau keputusan lewat VAR.

Dari total tersebut, hanya dua di antaranya yang mengubah hasil imbang menjadi kemenangan buat Real Madrid, sementara dua keputusan VAR lainnya justru membuat El Real meraih kekalahan.

Sedangkan Barcelona yang juga sama-sama mendapat 10 kali intervensi VAR, hanya satu kali mendapat keuntungan lantaran laga berubah menjadi kemenangan dan satu keputusan membuat laga berakhir imbang.

Lebih jelasnya berikut 10 keputusan VAR yang mempengaruhi hasil pertandingan Barcelona dan Real Madrid di Liga Spanyol sepanjang musim 2019/20.

Klub Lawan Hasil Tanpa VAR Keputusan VAR
Real Madrid Villarreal* 2-2 1-2 Madrid Harusnya menang, namun gol Moreno disahkan oleh VAR
Real Madrid Real Betis* 2-1 2-2 Madrid gagal menang karena VAR menganulir gol Hazard
Real Madrid Sevilla* 2-1 2-2 Gol Sevilla tetap disahkan walau ada pelanggaran.
Barcelona* Getafe 2-1 2-2 Gol Getafe dianulir wasit.
Barcelona Atletico Madrid* 2-2 2-1 Penalti ulang membuat Atletico berhasil menyamakan kedudukan
Real Madrid* Bilbao 0-1 0-0 Penalti Ramos bawa Madrid menang
Real Madrid* Espanyol 1-0 0-0 VAR mengesahkan gol Asensio meski berada di posisi offside
Real Madrid Levante* 1-2 2-1 Gol Asensio tidak disahkan dan Madrid dihukum penalti
Real Madrid* Levante 1-2 1-1 Penalti  buat Real Madrid
Real Madrid Rayo Vallecano* 1-0 0-0 Penalti buat Rayo

Ket:
*Tim yang diuntungkan VAR setelah laga usai

Berdasarkan tabel keputusan VAR diatas, terlihat jika Real Madrid jadi tim yang paling banyak menerima perubahan hasil di akhir laga. Total ada empat laga Madrid yang berujung kekalahan akibat VAR.

Hanya ada tiga yang menguntungkan El Real dan membuahkan kemenangan. Sementara sisanya membuat Real Madrid kehilangan dua poin, alias seri akibat keputusan VAR.

Jika ditotal, maka Real Madrid mendapatkan sembilan poin akibat VAR namun juga kehilangan 14 angka dengan regulasi ini. Artinya, Madrid kehilangan lima angka dari yang semestinya mereka dapatkan.

Sementara Barcelona, walau hanya dua keputusan VAR yang berpengaruh dengan hasil akhir laga, namun jika ditotal mereka berhasil mendulang empat poin tambahan.

Real MadridBarcelonaLaLiga SpanyolJosep BartomeubartomeuLiga SpanyolBola InternasionalJosep Maria BartomeuVideo Assistant Referees (VAR)Berita Liga Spanyol

Berita Terkini