x

Bagai Sayur Tanpa Garam, Absennya Lima Tim Bakal Buat Liga 1 2020 Terasa Hambar

Sabtu, 11 Juli 2020 22:34 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
Bagai Sayur Tanpa Garam, Absennya Lima Tim Bakal Buat Liga 1 2020 Terasa Hambar

INDOSPORT.COM - Jelang kembali bergulirnya Liga 1 2020, lima tim peserta berpotensi absen lantaran belum menyetujui keputusan PSSI dan PT.LIB, hal tersebut bisa membuat kompetisi musim ini terasa hambar.

Kompetisi Liga 1 2020 sendiri memang dipastikan bakal kembali berjalan, meski pandemi Corona di Tanah Air belum menemukan titik reda sampai pertengahan bulan Juli ini.

Kepastian berlanjutnya kompetisi tersebut disampaikan langsung oleh PSSI, melalui Surat Keputusan (SK) dengan Nomor SKEP/53/VI/2020 yang menyebut bahwa Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 akan dilanjutkan.

Baca Juga
Baca Juga

Kabar waktu kick off lanjutan Liga 1 2020 pun sempat berhembus, dan diketahui bahwa tanggal 1 Oktober menjadi waktu kembali bergulirnya kompetisi.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator melalui Direktur Utama, Akhmad Harian Lukita juga tak menampik kabar kick-off pada 1 Oktober mendatang, meski LIB masih akan berdiskusi lagi dengan klub-klub peserta.

Ragam respon diberikan para peserta Liga 1 2020 terkait kabar berlanjutnya kompetisi, mulai dari menyambut baik hingga menolak lantaran kondisi pandemi masih sangat mencekam.

Beberapa tim yang menyambut baik kembali bergulirnya Liga 1 2020 adalah Persija Jakarta dan Arema FC. Dua tim tersebut bersedia tampil di Liga 1 namun dengan beberapa persyaratan.

Persija misalnya, melalui  Direktur olahraga, Ferry Paulus, menyebut jika skuad Macan Kemayoran akan ikut serta Liga 1 2020 jika grafik Corona mulai melandai serta kompetisi diselenggarakan di tempat netral dan aman dari penyebaran virus.

Sedangkan Arema FC, setuju dengan rencana kembali bergulirnya Liga 1 2020 bahkan siap andai markas Singo Edan menjadi home base sementara tim lain andai rencana sentralisasi liga di pulau Jawa diterapkan.

Meski beberapa peserta menyatakan setuju, namun sejumlah tampak menolak kebijakan kembali bergulirnya Liga 1 2020 lantaran kondisi pandemi virus Corona di Indonesia dianggap belum membaik.

Baca Juga
Baca Juga

Tercatat sampai saat ini, ada lima tim yang masih belum menyetujui rencana bergulirnya kembali liga dan berpotensi batal tampil di sisa gelaran Liga 1 2020.

Andai itu terjadi, maka gelaran Liga 1 2020 nanti kemungkinan akan sedikit hambar lantaran lima tim yang absen merupakan peserta dengan tingkat animo penonton cukup tinggi serta tim-tim kuda hitam Indonesia.


1. Hambarnya Liga 1 2020

Suporter Persebaya (Bonek).

Sejauh ini, lima tim yang belum menyetujui kembali bergulirnya Liga 1 2020 adalah Persipura Jayapura, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Barito Putera, dan Persita Tangerang.

Sikap Persebaya Surabaya soal penolakan Liga 1 dilanjutkan karena melihat situasi pandemi corona masih belum menunjukkan tanda selesai, apalagi Surabaya sebagai home base mereka masuk dalam zona merah.

Pandangan yang sama juga diberikan Persipura, mereka melihat jika kondisi Indonesia saat ini masih belum aman untuk menggelar kegiatan olahraga, apalagi Gugus Tugas Covid-19 belum memberikan tanda perizinan.

Andai kelima tim tersebut absen, tentu menjadi kerugian cukup besar buat keberlangsungan Liga 1 2020. Apalagi dua dari lima tim yang bakal absen itu merupakan salah satu kekuatan utama di sepak bola Indonesia.

Persebaya Surabaya misalnya, dengan basis suporter yang cukup besar di Tanah Air, ketidakhadiran mereka di Liga 1 kemungkinan bakal menurunkan tingkat penonton dari siaran televisi.

PT.LIB pun berpotensi kehilangan salah satu sumber pemasukan terbesar mereka dari hak siar. Terlebih, Persebaya menjadi salah satu klub sentral yang memiliki cukup banyak rival, sehingga dengan absennya Bajul Ijo maka sejumlah laga bertajuk big match seperti derby Jawa Timur, serta partai panas kontra Persija maupun Persib dipastikan tidak bisa disaksikan.

Hal serupa juga bakal terjadi jika Persipura absen. Klub Indonesia dengan gelar terbanyak sejak era Liga Super Indonesia tersebut, bisa membuat peta persaingan Liga 1 2020 kurang menarik andai batal tampil.

Sebelum kompetisi Liga 1 2020 dihentikan, Persipura sedang dalam keadaan on fire dengan duduk di tempat keempat. Catatan yang membuktikan, bahwa tim Mutiara Hitam adalah salah satu penantang gelar juara cukup serius musim ini.

Walau basis suporter Persipura terbilang kecil, namun klub asal Jayapura tersebut merupakan lumbung pemain Timnas Indonesia. Sehingga, jika Persipura absen kemungkinan dapat merugikan kekuatan skuad Garuda juga.

Sementara tiga tim lain yakni Persik Kediri, Persita Tangerang dan Barito Putera, walau ketiganya kurang maksimal di awal musim namun kehadiran mereka diprediksi bisa membuat kejutan.

Terutama Persik dan Persita, dua alumni Liga Super Indonesia yang akhirnya bisa berkompetisi di kasta tertinggi sepak bola nasional.

Berbekal kejayaan di masa lampau serta lingkup suporter yang cukup luas, membuat pertandingan dari kedua tim berpotensi bisa meramaikan liga.

Lantas dengan beberapa fakta tersebut, akankah Liga 1 2020 akan tetap berjalan sesuai keputusan PSSI yang telah ditetapkan meski sejumlah tim menolak?

Atau akan ada kebijakan lain, sehingga seluruh tim peserta bisa ikut ambil bagian dan kompetisi bisa berlangsung kompetitif.

Persebaya SurabayaBarito PuteraPersija JakartaPersita TangerangPSSIPersipura JayapuraPT Liga IndonesiaPersik KediriAremaLiga IndonesiaArema FCLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Bola IndonesiaBerita Liga 1Virus CoronaLiga 1 2020

Berita Terkini