x

Victor Font, Calon Presiden yang Janjikan Revolusi Besar Barcelona Tanpa Messi

Minggu, 12 Juli 2020 07:18 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
Victor Font menjadi salah satu kandidat Presiden klub LaLiga Spanyol Barcelona, dengan janji revolusi besarnya tanpa kehadiran Lionel Messi.

INDOSPORT.COM – Victor Font menjadi salah satu kandidat Presiden klub LaLiga Spanyol Barcelona, dengan janji revolusi besarnya tanpa kehadiran Lionel Messi.

Seperti mayoritas klub di LaLiga Spanyol, Barcelona dipimpin oleh seseorang sebagai Presiden yang ditunjuk lewat sebuah proses pemilihan seluruh anggotanya.

Baca Juga
Baca Juga

Dan saat ini ada seorang bernama Victor Font, muncul sebagai salah satu calon Presiden, yang akan bersaing dengan janji revolusi besar Barcelona dalam proyek yang dinamakannya ‘Sí al futur’ atau berarti ‘Ya untuk masa depan.

Victor Font

Victor Font sendiri adalah pria asli Catalan, kelahiran Granollers (sebelah utara Barcelona) 12 Agustus 1972. Sebagai salah satu anggota dewan klub Barcelona, Victor Font memiliki latar belakang pengusaha di bidang teknologi dan komunikasi, lewat perusahannya yang paling terkenal Delta Partners Group.

Dengan latar belakang pendidikan Bisnis dari Universitas Georgetown Amerika Serikat, Victor Font juga merupakan pendiri dari harian olahraga Diari Ara, yang ada di Spanyol sejak tahun 2010.

Baca Juga
Baca Juga

Sebagai salah satu anggota dewan klub Barcelona, Victor Font mulai memproklamirkan dirinya sebagai calon Presiden raksasa LaLiga Spanyol itu sejak tahun 2018 lalu.

Meski baru akan maju dalam pemilihan di tahun 2021 mendatang, Victor Font pun sudah siap dengan program yang disebutnya dengan nama Si al future, yang sudah digagaskan bahkan jauh sejak tahun 2015.


1. Si al future

Xavi Hernandez, legenda klub yang diharapkan calon Presiden Victor Font untuk memimpin Barcelona di eranya.

Proyek Si al future ini jelas sangat menarik, sebab dalam presentasinya Victor Font menjelaskan bahwa landasan proyeknya itu adalah membangun Barcelona yang baru. El Barca tanpa Lionel Messi.

Kata-kata tanpa Lionel Messi di sini, bukan berarti Victor Font ingin menyingkirkan mega bintang asal Argentina itu dari Barcelona. Melainkan, pandangan jauh ke depan Victor Font bahwa Barcelona harus bisa semakin besar di saat nanti waktunya Messi meninggalkan mereka.

Dari situlah kemudian, Victor Font berpandangan bahwa manajemen Barcelona di bawah pimpinannya nanti akan mengubah cara membangun klub, tak seperti yang saat ini dilakukan.

Bukan lagi fokus membeli bintang-bintang besar. Melainkan kembali ke cara lama, mengandalkan pemain-pemain binaan mereka dari La Masia.

"Dalam 10 tahun ke depan, klub punya tantangan besar. Kami harus tanpa Messi dan generasi terbaik dalam sejarah sepak bola akan semakin kuat, kompetisi makin kaya, dan kita bisa kehilangan status sebagai klub besar," ucap Font dilansir pada tahun 2019 lalu, dikutip dari Marca.

"Menurut saya, kami harus mengganti model manajemen, kurang lebih seperti manajemen yang kita lakukan saat masih ada Johan Cruyff (mengandalkan pemain binaan La Masia)," tambahnya lagi.

Bukan hanya pemain, Victor Font juga sudah menargetkan bahwa Barcelona di eranya nanti juga dipimpin oleh legenda hidup mereka, pelatih asli Catalan yang diyakini sebagai sosok yang tahu betul bagaimana filosofi Barcelona seharusnya dibangun, Xavi Hernandez.

“Saya harap Xavi memimpin proyek sepak bola kami di Barcelona,” tukas Font dikutip dari Barcelona universal.

Bukan hanya perihal di atas lapangan, dalam proyek besarnya Si al future, Victor Font juga telah menyiapkan rencanan pembentukan dewan penasihat, sebagai jajaran yang bertugas memberi masukan terhadap tata kelola klub dalam berjalannya waktu.

Bahkan dirinya juga menyiapkan tata Kelola bisnis yang melibatkan seluruh penggemar Barcelona di seluruh dunia. Hingga ke proses pemilihan Presiden klub LaLiga Spanyol Barcelona nantinya, yang diharapkan Victor Font bisa dilakukan dengan mengunakan  voting elektronik.

BarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolLiga SpanyolBola InternasionalBerita Liga Spanyol

Berita Terkini