x

Cordoba CF, Klub Baru Darren Sidoel yang Tak Lebih Mahal dari Banyak Klub Liga 1

Sabtu, 18 Juli 2020 07:05 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
Klub Liga Spanyol, Cordoba CF.

INDOSPORT.COM - Klub baru pemain keturunan Indonesia di Liga Spanyol, Darren Sidoel, Cordoba FC, ternyata tak lebih mahal dari sejumlah peserta Liga 1 2020, salah satunya Persib Bandung.

Sempat menjadi teka-teki pasca tak memperpanjang kontrak dengan klub Liga Bulgaria FC Arda Kardzhali, masa depan Darren Sidoel akhirnya terjawab sudah.

Baca Juga
Baca Juga

Jumat (17/7/20) sore WIB, Darren Sidoel dipastikan merapat ke klub Liga Spanyol, Cordoba. Seperti yang diumumkan langsung oleh klub yang bermain di kasta ketiga itu.

“Cordoba CF telah mencapai kesepakatan dengan pemain Darren Sidoel untuk bergabung dengan tim utama,” tulis Cordoba dalam penguman berbahasa Spanyol di Instagram resmi klub.

Dibanding Arda Kardzhali yang bermain di kasta utama Liga Bulgaria, Cordoba memang hanya bermain di kasta ketiga Liga Spanyol. Namun dengan kualitas kedua negara yang berbeda, tak bisa lantas dinilai kepindahan Darren Sidoel ini adalah sebuah penurunan.

Apalagi merapatanya pemain 22 tahun itu ke Cordoba FC jelas menjadi sebuah pengalaman baru. Dirinya yang tumbuh besar di Belanda dan sempat mencicipi bermain di Inggris bersama Reading U-23, kini bisa merasakan bermain di salah satu negara kiblat sepak bola lainnya, Spanyol.

Namun ada satu hal yang menarik dari klub baru Darren Sidoel saat ini, Cordoba FC. Meski bermain di Liga Spanyol, ternyata klub yang berdiri 6 Agustus 1954 itu tak memiliki nilai kuat yang lebih tinggi dibanding banyak klub di Liga Indonesia saat ini.

Baca Juga
Baca Juga

Berdasarkan data transfermarkt, nilai skuat Cordoba FC saat ini hanya 3,43 juta euro (sekitar Rp 55,9 miliar). Jauh lebih kecil dibanding klub termahal Liga 1 2020, Bali United, seharga 5,20 juta euro (Rp 84,8 miliar).

Begitu pula dengan Persib Bandung, yang sedikit bisa mengungguli mereka dengan nilai skuat 3,60 juta euro atau Rp 58,7 miliar.

Dari segi harga skuat Cordoba hanya unggul dari sembilan klub Liga 1 saat ini, mulai dari Barito Putera hingga deretan tiga klub promosi, Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, dan Persik Kediri.


1. Darren Sidoel Pemain Termahal Cordoba

Darren Sidoel saat bermain bersama klub Liga Bulgaria Arda Kardzhali.

Selain kalah dalam segi nilai skuat dari banyak klub Liga 1 Indonesia saat, kedatangan Darren Sidoel ke Cordoba CF juga membuatnya menjadi pemain termahal klub kasta ketiga Liga Spanyol tersebut.

Dalam data transfermarkt, Darren Sideol menjadi pemain dengan nilai pasar termahal milik Cordoba dengan harga 325 ribu euro atau Rp5,3 miliar.

Darren Sdoel memang tak sendiri, ada juga dua pemain termahal Cordoba FC lain seharganya, yakni Tierry Moutinho dan Mhamed Djetei yang juga memiliki nilai pasar di kisaran Rp5,3 miliar.

CordobaLiga SpanyolBola InternasionalLiga 1Darren SidoelBerita Liga Spanyol

Berita Terkini