x

Leeds United dan Rivalitas Manchester United yang Siap Panaskan Liga Inggris

Sabtu, 18 Juli 2020 10:38 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Alan Smith dan Rio Ferdinand dalam laga Leeds United vs Manchester United

INDOSPORT.COMLeeds United dipastikan mendapatkan tiket promosi ke kasta teratas Liga Inggris musim depan. Mereka pun bakal menjalani rivalitas panas dengan Manchester United.

Kepastian promosi Leeds United tercipta setelah pesaing utama mereka, West Bromwich Albion, menelan kekalahan 1-2 dari Huddersfield pada pekan ke-45 Divisi Championship 2019/20.

Baca Juga
Baca Juga

Kekalahan West Bromwich itu membuat poin Leeds United yang belum memainkan pertandingan pekan ke-45, tak mungkin lagi bisa dikejar oleh tim manapun.

Sekedar informasi tambahan, dengan keunggulan satu laga, Leeds United kini memiliki 87 poin. Mereka unggul lima angka dari West Bromwich (82 poin).

Buat Leeds United sendiri, keberhasilan mereka promosi ke kasta utama Liga Inggris musim ini menjadi sangat spesial, setelah musim lalu membuang percuma kesempatan promosi lantaran lebih memilih bersikap fair play, membiarkan lawannya mencetak gol.

Saat itu bertanding pada pekan ke-45 melawan Aston Villa, pelatih Leeds United membiarkan lawannya mencetak gol ke gawang mereka.

Demi menegakkan sikap fair play, karena sebelumnya pemain Leeds United diangap mencetak gol saat semestinya memberikan bola fair play ke kubu Aston Villa.

Pertandingan yang berujung imbang 1-1 itu membuat Leeds gagal lolos otomatis promosi ke kasta utama Liga Inggris 2019/20.

Baca Juga
Baca Juga

Atas sikapnya itu, Leeds United memang akhirnya gagal promosi ke kasta utama Liga Inggris musim ini. Namun mereka mendapatkan pujian luar biasa hingga dianugerahi FIFA Fair Play Award 2019.

Permainan adil yang mereka perlihatkan pada musim lalu itu akhirnya berbuah manis saat ini. Kini mereka bisa melepas kerinduan dengan rival abadi mereka di Liga Inggris, yakni Manchester United.


1. Pertarungan Roses Derby

Pertarungan panas antara Manchester United vs Leeds United di Liga Inggris pada awal 2000-an.

Leeds United nyatanya memiliki rivalitas yang sangat tinggi dengan tim sekaliber Manchester United. Pertarungan panas mereka memang hampir tak dikenal oleh penikmat sepak bola modern.

Kedua tim tersebut memiliki sejarah rivalitas yang cukup panjang. Bahkan pertarungan keduanya mendapatkan julukan Roses Derby, di mana ada makna yang sangat mendalam dari tajuk tersebut.

Semua diawali dari sejarah peperangan di tanah Inggris. Pada tahun 1455-1487 silam, meletus sebuah perang yang dinamai 'The War of The Roses'.

Perang ini adalah perang saudara di dalam Dinasti Tudors antara keluarga York dan Lancaster yang memperebutkan tahta kerajaan Inggris.

Dalam pertempuran ini, keluarga York mengibarkan simbol kebesaran mereka yakni mawar putih. Sementara keluarga Lancaster dengan simbol mawar merah. Inilah alasan perang tersebut dijuluki 'Perang Mawar'.

Lalu apa hubungannya dengan Leeds United dan Manchester United? Ya, pertarungan keduanya dijuluki Roses Derby karena faktor geografis masing-masing klub.

Manchester United berada di wilayah Lancashire, sedangkan Leeds United ada di wilayah Yorkshire. Warna kostum keduanya pun cukup mewakili sengitnya rivalitas tersebut.

Panasnya tensi permainan juga diakibatkan oleh pengkhianatan pemain. Itu terjadi ketika dua bintang Leeds United, Joe Jordan dan Gordon McQueen memilih hijrah ke Setan Merah.

Gordon McQueen yang menyatakan ingin mengakhiri karier di Leeds, mendadak menerima pinangan klub Man United. Hal ini pun memicu permusuhan kedua suporter.

Bibit persoalan baru muncul kembali pada awal 90-an. Eric Cantona, bintang Leeds United yang membawa klub juara Liga Inggris 1992, secara tiba-tiba pindah ke Old Trafford.

Rivalitas ini terus berlanjut sampai era Rio Ferdinand dan Alan Smith, dua pemain loyal Leeds United yang akhirnya juga hijrah ke Manchester United. 

Gengsi mereka terus berlanjut ketika wafatnya legenda Manchester United Sir Matt Busby pada 1994 silam. Saat itu suporter Leeds enggan melakukan minutes of silence.

Namun setelah kurang lebih 16 tahun, kedua tim tak lagi bertemu di Liga Inggris. Itu terjadi ketika Leeds lebih sering menghabiskan musim di kasta bawah sepak bola Inggris.

Kini suporter Leeds bakal melepas kerinduan terhadap pertarungan fantastisnya dengan Manchester United di Liga Inggris. Patut dinantikan laga Roses Derby pada musim depan.

Manchester UnitedLiga Primer InggrisLeeds UnitedLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini