x

5 Pelatih Juara Liga Champions dengan 2 Klub Berbeda, Ada Jose Mourinho

Senin, 20 Juli 2020 00:25 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Termasuk Jose Mourinho, berikut deretan pelatih ternama yang pernah menjuarai Liga Champions dengan 2 klub berbeda.

INDOSPORT.COM - Bisa membawa tim asuhannya menjadi juara Liga Champions merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang pelatih. Menariknya, ada sejumlah pelatih yang berhasil meraih juara Liga Champions dengan dua tim berbeda.

Liga Champions merupakan kompetisi antarklub paling elit di Eropa. Semua pelatih akan berusaha sekuat tenaga membawa timnya meraih tofi bergengsi itu.

Tahun ini Liga Champions terasa berbeda karena berlangsung di tengah pandemi virus corona. Meski demikian, hal itu tidak membuat semangat tim-tim yang terlibat menjadi ciut.

Berikut 5 pelatih yang berhasil membawa timnya menjadi juara Liga Champions di dua klub berbeda dilansir dari Sportskeeda.

Baca Juga
Baca Juga

1. Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti dipecat dari klub Serie A Italia, Napoli.

Carlo Ancelotti telah meraih trofi Liga Champions bersama AC Milan dan Real Madrid. Trofi pertamanya diraih bersama AC Milan pada 2002-2003. Melawan Juventus di Stadion Old Trafford, tim berjuluk Rossoneri itu menang 3-2 dalam adu penalti.

Pada tahun 2013, giliran Real Madrid yang merasakan tangan dingin Carlo Ancelotti. Real Madrid menang 4-1 saat berhadapan dengan Atletico Madrid di partai puncak.

Baca Juga
Baca Juga

2. Jupp Heynckes

Pelatih Bayern Munchen, Jupp Heynckes.

Jup Heynckes adalah pelatih yang membawa Real Madrid menjadi juara Liga Champions 1997-1998. Saat itu gol tunggal Predag Mijatovic mengantarkan Los Blancos jadi juara.

Beberapa tahun kemudian, Jup Jeynckes berhasil membawa Bayern Munchen menjadi juara Liga Champions di musim 2012-2013. Setelah itu Jeynckes sempat pensiun dan kembali berkarya di 2017 sebagai pelatih The Bavarian.


1. 3. Jose Mourinho

Jose Mourinho di Laga Piala FA Tottenham Hotspur vs Norwich City

Jose Mourinho membawa FC Porto menjadi juara Liga Champions 2003-2004. Saat itu FC Porto membuat AS Monaco bertekuk lutut dengan skor 3-0.

Enam musim berselang, Jose Mourinho kembali tampil di final Liga Champions, kali ini bersama Inter Milan. Bertanding di Santiago Bernabeu, Mourinho membawa Inter Milan menang 2-0 atas Bayern Munchen.

4. Ottmar Hitzfeld

Caption

Ottmar Hitzfeld mengantarkan Borussia Dortmund menjadi juara Liga Champions 1996-1997. Kemenangan itu diperoleh setelah mengalahkan Juventus 3-1 di partai final.

Pada 2001, Ottmar Hitzfeld kembali meraih trofi Liga Champions namun dengan tim yang berbeda yakni Bayern Munchen. Munchen mengangkat trofi Si Kuping Besar setelah menang 5-4 via adu penalti atas Valencia.

5. Ernst Happel

Ernst Happel merupakan pelatih yang berjasa membawa Feyenoord Rotterdam dan Hamburg SV menjadi juara Liga Champions.

Sejatinya Happel juga pernah berhasil membawa Club Brugge ke final Liga Champions, namun klub tersebut harus bertekuk lutut.

Feyenoord menang 2-1 atas Glasgow Celtic di partai final tahun 1970. Sementara gelar keduanya didapatkan pada 1983, usai Hamburg dibawa Happel mengalahkan Juventus 1-0 via gol Felix Magath.

Real MadridJose MourinhoLiga ChampionsBayern MunchenInter MilanCarlo AncelottiBorussia DortmundJupp HeynckesSepak BolaBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini