x

Kian Menjauh, Ini Hitung-hitungan Peluang Juventus Juara Serie A Italia

Selasa, 21 Juli 2020 11:15 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Laju Juventus untuk menjuarai gelaran Serie A Italia 2019/20 belakangan tampak kian sulit dikejar saja oleh para pesaingnya.

INDOSPORT. COM - Laju Juventus untuk menjuarai gelaran Serie A Italia 2019/20 belakangan tampak kian sulit dikejar saja oleh para pesaingnya.

Sudah menjadi rahasia umum kalau Juventus selalu mampu menguasai pentas Serie A Italia. Setidaknya sedari musim 2011/12 lalu, Juventus secara beruntun berhasil keluar sebagai juara.

Kejayaan Juventus kemungkinan bakal berlanjut kembali pada musim 2019/20. Si Nyonya Tua sampai pekan ke-34 masih setia menduduki puncak klasemen.

Baca Juga
Baca Juga

Kalau berkaca kepada pekan ke-33, jarak Juventus dengan pesaingnya masih terbilang logis dikejar. Juventus menempati posisi puncak dengan koleksi 77 poin, unggul enam angka dari tim peringkat dua, Inter Milan.

Juventus juga baru menelan hasil minor berturut. Sejak pekan ke-31 atau sebanyak tiga pertandingan hingga pekan ke-33, Juventus dalam tiga pertandingan gagal menuai kemenangan, dua imbang dan sekali kalah.

Inter Milan tentu punya harapan besar melengserkan Juventus. Kompetisi masih menyisakan lima laga yang kebetulan Juventus sedang apes-apesnya.

Belum lagi ada Atalanta, tim peringkat tiga yang pada pekan ke-33 tertinggal tujuh angka dari Juventus. Atalanta sejak Januari belum tersentuh kekalahan sama sekali, sehingga wajar mereka punya optimisme juara.

Namun situasi tiba-tiba berubah drastis ketika sudah memasuki pekan ke-34. Juventus yang awalnya terlihat mudah dikejar, kini makin jauh meninggalkan Inter Milan dan Atalanta.

Melesatnya laju Juventus sejatinya dipengaruhi oleh torehan kurang mengesankan Inter Milan dan Atalanta pada pekan ke-34. Inter Milan ditahan imbang AS Roma 2-2 dan Atalanta tertahan 1-1 di markas Hellas Verona.

Sedangkan Juventus justru menuai kemenangan. Selasa (21/07/20) dini hari WIB tadi Juventus sukses mengalahkan Lazio 2-1 dalam laga pekan ke-34 Serie A Italia 2019/20.


1. Peluang Juventus Juara

Leonardo Bonucci dan Cristiano Ronaldo dari Juventus saat merayakan kemenangan dalam pertandingan Serie A.

Kompetisi Serie A Italia 2019/20 tinggal menyisakan empat laga lagi. Juventus kini sedang memuncaki klasemen dengan koleksi 80 poinm unggul delapan angka dari Inter Milan di peringkat dua.

Berkaca dari paragraf di atas saja sudah bisa terbayang seberapa besarnya peluang juara yang dimiliki Juventus. Bahkan Juventus sudah bisa langsung memastikan gelar juaranya pada pekan ke-35 esok.

Caranya sederhana, Juventus pertama-tama harus lebih dulu memastikan Inter Milan menuai hasil minor. Jika Inter Milan kalah dalam laga pekan ke-35, tugas Juventus hanya perlu bermain imbang saja.

Hasil imbang bakal membuat torehan poin Juventus menjadi 81, berjarak sembilan angka meninggalkan Inter Milan. Mengingat kompetisi ke depannya tinggal menyisakan tiga laga, Inter Milan sudah mustahil menyalip Juventus.

Meski secara poin bisa disamai, Inter Milan kalah terkait head to head. Kalau poinnya sama, Juventus tentu berhak berada di atas Inter Milan.

Namun khusus skema Inter Milan menderita kekalahan dan Juventus menuai hasil imbang, sebenarnya masih bisa digagalkan oleh tim peringkat tiga, Atalanta. Bila pada laga pekan ke-35 Atalanta mampu menuai kemenangan, koleksi poin mereka menjadi 74, menggeser Inter dari perigkat dua dan masih punya peluang melengserkan Juventus.

Maka dari itu, cara yang paling aman adalah Juventus harus berjuang keras pada laga pekan ke-35 nanti supaya berakhir dengan kemenangan. Tambahan tiga poin bakal langsung memastikan gelar Juventus anda Inter Milan kalah dan Atalanta menang.

Beda cerita kalau pada pekan ke-35, Juventus, Inter Milan, dan Atalanta, sama-sama meraih kemenangan semua. Penentuan gelar Juventus harus ditentukan sampai pekan berikutnya atau pekan ke-36.

Bila ini yang terjadi, Juventus cukup memenangkan laga pekan ke-36 saja. Mau nantinya Inter Milan dan Atalanta meraih kemenangan juga, gelar juara akan tetap menjadi milik Juventus, karena jarak paling dekat delapan poin dan menyisakan dua laga sudah mustahil dikejar.

Serie A ItaliaJuventusLiga Italia

Berita Terkini