x

Bayangan Skuat Inti Timnas Indonesia U-19 dengan Kehadiran 5 Pemain dari Eropa

Sabtu, 25 Juli 2020 11:28 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Membayangkan skuat inti Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong usai kehadiran lima pemain yang merumput di Eropa.

INDOSPORT.COM - Membayangkan skuat inti Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong usai kehadiran lima pemain yang merumput di Eropa. 

Shin Tae-yong akhirnya telah resmi memanggil para pemain untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia senior dan U-19. Sebanyak 29 nama bakal dipanggil untuk mengikuti TC Timnas Senior.

Sementara 46 nama dipanggil untuk Timnas U-19. Pemusatan latihan ini bakal dilakukan secara bersamaan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. 

Latihan dilakukan secara tertutup tanpa awak media dan penonton umum. Menurut keterangan PSSI, latihan akan berlangsung selama dua hari ke depan dan dipimpin langsung oleh Shin Tae-yong. Kedua tim, baik senior dan U-19 digabung dengan alasan fokus recovery terlebih dahulu pascalibur panjang akibat pandemi.

Baca Juga
Baca Juga

Timnas senior dipersiapkan untuk menghadapi lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2020, yang juga kualifikasi Piala Asia 2023. Shin Tae-yong memanggil 29 nama untuk menghadapi Vietnam, Thailand dan Uni Emirat Arab.

Sedangkan untuk Timnas U-19, Shin Tae-yong memanggil 46 nama. Mereka dipersiapkan untuk tampil di Piala Asia U-19 2020 dan saat ini sekaligus tahap seleksi untuk dikerucutkan menjadi 30 nama yang akan ikut pemusatan latihan di Korea Selatan.

Pemilihan pemain untuk Timnas U-19 adalah yang paling menarik. Sebab, mereka bakal dipersiapkan untuk ajang besar akhir tahun ini yakni Piala Asia U-19 di Uzbekistan. 

Tak hanya itu, Timnas Indonesia U-19 juga bakal diproyeksikan untuk Piala Dunia U-21 di Indonesia pada 2021 mendatang. Menariknya lagi, ada setidaknya lima pemain muda yang kini tengah merumput di Eropa dipastikan dipanggil untuk pemusatan latihan di bawah Shin Tae-yong. 

Hari pertama pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Senin (13/01/20) yang dihadiri coach Shin Tae-yong, dalam TC tersebut juga skuat Timnas resmi memakai apparel baru.

Hal ini dipastikan langsung oleh asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. Menurut Nova, ada enam pemain Indonesia yang tengah merumput di Eropa dipanggil untuk TC. 

Baca Juga
Baca Juga

Lima di antaranya adalah untuk Timnas Indonesia U-19. Mereka adalah Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica), Elkan Baggott (Ipswich Town U-18), Khairul Imam Zakiri (Polillas Ceuta). Lalu disusul oleh Brylian Aldama dan David Maulana yang masih ada di Inggris setelah program Garuda Select.


1. Bayangan Skuat Timnas U-19

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman, saat berselebrasi selepas mencetak gol ke gawang UEA U-19.

Kelima pemain muda yang merumput di Eropa itu diyakini bakal lolos seleksi. Selain bukti pengalaman main di Eropa, mereka juga memiliki rekam jejak bermain Timnas Indonesia junior sebelumnya. 

Mungkin hanya Elkan Baggott yang belum pernah tergabung ke dalam skuat resmi Timnas Indonesia. Akan tetapi, hal itu diyakini bukanlah sebuah halangan. 

Elkan Baggott dinilai akan mudah dalam berkomunikasi dengan rekan satu tim karena tidak terlalu mengalami kendala bahasa. Saat dihubungi redaksi berita olahraga INDOSPORT, Elkan Baggott sendiri mengaku sangat gembira karena mendapat undangan dari PSSI.

Dengan komposisi yang ada, maka sudah terbayang formasi inti skuat Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong yang bakal berlaga di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-19. 

Kiper

Sedikitnya ada lima kiper yang bakal bersaing untuk tiga tempat di skuat Timnas Indonesia U-19. Dari lima kiper tersebut, tiga yang paling berpeluang antara lain Muhammad Risky Sudirman, Ernando Ari, dan Erlangga Setyo.  

Nama Ernando Ari paling berpeluang menjadi kiper utama karena ia merupakan kiper Timnas Indonesia U-19 saat ini. Meski begitu, Muhammad Risky Sudirman juga tidak bisa diremehkan karena ia menjadi bagian dari tim Garuda Select angkatan satu dan dua. 

Bek

Dari posisi belakang, Shin tae-Yong memanggil Elkan Baggott salah satu pemain bertahan dari klub Inggris, Ipswich U-19. 

Pemain bertinggi 194 cm tersebut resmi masuk dalam daftar TC melalui pengumuman di akun media sosial PSSI beberapa waktu lalu. Dengan kebiasaan Shin Tae-yong yang menerapkan formasi 4-3-3, maka akan ada tiga pemain lain yang kemungkinan bakal mengisi formasi inti. 

Rizky Ridho dalam konferensi pers klub Liga 1, Persebaya Surabaya.

Rizky Ridho juga merupakan bek andalan Timnas Indonesia U-19 di ajang kualifikasi Piala AFC 2020 kemarin. Rizky Ridho diyakini bakal diduetkan dengan Alfeandra Dewangga Santosa. 

Namun, pemilihan Dewangga masih bergantung dengan Elkan Baggott. Akan tetapi, bisa saja keduanya dimainkan bersamaan. Satu pemain lagi yang memiliki peluang besar menjadi bek inti di Timnas Indonesia U-19 adalah Amiruddin Bagas Kaffa yang mengisi posisi bek kanan. 

Di luar keempat pemain itu, Timnas Indonesia U-19 masih memiliki banyak pemain cadangan berpotensi seperti Vedhayanto Putra, Pratama Arhan, dll. 

Tengah

Untuk posisi tengah, pelatih Shin Tae-yong memiliki banyak sekali pilihan pada formasi 4-3-3. Nama Witan Sulaeman hampir pasti jadi pilihan utama disusul Brylian Aldama dan David Maulana yang sudah terbiasa bermain bersama di Timnas Indonesia U-19. 

Di luar ketiga pemain itu, Shin Tae-yong masih memiliki pemain-pemain potensial lainnya yang bisa dicoba saat TC seperti Hamsa Lestaluhu, Irfan Jauhari, Komang Tri Arta, sampai Braif Fatari.  

Depan

Untuk posisi depan satu nama hampir pasti masuk ke dalam pilihan utama, yakni Amiruddin Bagus Kahfi. Meski tak dipanggil karena cedera dalam pemusatan latihan kali ini, namun kemampuan Bagus Kahfi sudah tak diragukan lagi.  

Ia menjadi mesin gol baik di Timnas Indonesia U-19 maupun tim Garuda Select di Inggris. Selain Bagus sebagai ujung tombak, di sisi penyerang sayap ada pemain andalan Persib seperti Beckham Putra Nugraha dan wonderkid Persebaya, Supriadi, yang siap unjuk gigi.  

Pemain Persebaya Surabaya Muhammad Supriadi.

Taji keduanya sudah terbukti di Liga 1 ketika terpilih main dengan para pemain senior. Keduanya juga sudah tergabung di Timnas U-16 dan U-19 sebelumnya. Satu nama lagi yang bisa dipertimbangkan saat TC nanti tak lain dan tak bukan adalah Sutan Zico. 

Tentu saja formasi dan perkiraan pemain di atas masih sebatas gambaran kasar. Segala bentuk kejutan masih mungkin bisa terjadi karena pilihan pemain Timnas Indonesia U-19 ada di tangan Shin Tae-yong.   

Timnas IndonesiaWitan SulaemanTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini