x

Kevin Diks, Pemain Berdarah Ambon yang Tampil di 3 Liga Teratas Eropa

Kamis, 30 Juli 2020 17:47 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Kevin Diks, Pemain Muda Berdarah Ambon yang Tampil di Tiga Liga Teratas Eropa Berbeda.

INDOSPORT.COM - Mengenal sosok Kevin Diks, salah satu pemain muda berdarah Ambon yang sukses tampil di tiga kompetisi teratas Liga Eropa.

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika Indonesia memiliki banyak atlet keturunan di yang tampil di luar negeri, bahkan tidak sedikit dari mereka yang mampu menorehkan prestasi gemilang.

Salah satu cabang olahraga yang kerap kali menghadirkan pemain keturunan adalah sepak bola, terutama di kompetisi Belanda yang memang punya sejarah masa lalu dengan Indonesia.

Baca Juga
Baca Juga

Beberapa pemain bintang di Liga Belanda yang diketahui memiliki darah Indonesia antara lain Navarone Foor, Mark van der Maarel serta Keziah Veendorp.

Khusus nama terakhir, bek dari klub FC Emmen yang tampil di Eredivisie (kasta teratas Liga Belanda) tersebut mengaku sedang berusaha keras untuk bisa memperoleh paspor Indonesia sejak November tahun lalu.

"Saya ingin menjadi warga negara Indonesia dan membela Timnas. Tetapi saya masih harus mengurusi paspor saya terlebih dahulu," ucap Keziah kepada INDOSPORT beberapa waktu silam.

Selain nama-nama di atas, bakat muda sepak bola keturunan Indonesia kembali terekspose dan kali ini datang dari punggawa Aarhus Gymnastikforening (AGF) yang tampil di kompetisi tertinggi Liga Denmark.

Adalah Kevin Diks, pemain berusia 23 tahun tersebut diketahui memiliki darah Indonesia, tepatnya dari wilayah Ambon yang merupakan kampung halaman neneknya.

“Ya, kakek dan nenek dari pihak ibu saya adalah orang Indonesia. Mereka lahir di Ambon,” ucap Kevin Diks kepada INDOSPORT, Kamis (30/07/20).

Nama Kevin Diks sendiri sempat terdengar dan beredar di sejumlah media masa nasional beberapa tahun lalu, lantaran namanya masuk daftar pemain keturunan di luar negeri yang dipantau Kemenpora.

Melalui surat dengan No.00862/DM/03/59/09 dari KBRI di Den Haag, pihak Kemenpora memantau para pesepakbola keturunan Indonesia yang ada di Belanda pada tahun 2017 lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Kevin Diks beserta 24 pemain keturunan lain Sandy Walsh, Joey Suk hingga Navarone Foor masuk radar Kemenpora dan diprediksi bisa menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia.


1. Bermain di Tiga Kompetisi Tertinggi Eropa

Pemain keturunan Indonesia yang milik Fiorentina Kevin Diks Bakarbessy.

Meski baru berusia 23 tahun, namun pengalaman serta jam terbang wingback kelahiran Apeldoorn ini terbilang luar biasa. Memulai karir bersama Vitesse di Liga Belanda, Kevin Diks memulai batu loncatan karirnya di kompetisi Eropa dengan hengkang ke Fiorentina tahun 2014 silam.

Hanya mendapat dua kali kesempatan bermain di Serie A (kasta tertinggi Liga Italia), Kevin Diks menjalani masa peminjaman ke sejumlah klub untuk menambah menit bermain.

Beberapa klub tercatat pernah ia bela pada periode 2017 hingga 2019 tersebut, mulai dari Vitesse, Feyenoord, Empoli hingga AGF di musim 2019/20 ini.

Penampilannya bersama AGF musim ini sangat impresif. Berstatus pemain baru, namun Kevin Diks berhasil menjadi pilihan utama khususnya di babak Championship Rounds.

Total, Kevin Diks telah tampil sebanyak 21 bersama AGF musim ini di semua ajang dan berhasil mencetak masing-masing satu gol serta assists.

FiorentinaLiga ItaliaBola InternasionalKevin Diks BakarbessyBakat Muda IndonesiaLiga BelandaprofilSepak BolaKevin DiksPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Liga Italia

Berita Terkini