x

Dan Friedkin, Miliarder Amerika Serikat yang Jadi Owner Baru AS Roma

Kamis, 6 Agustus 2020 18:22 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Dan Friedkin, Miliarder Amerika Serikat yang Jadi Owner Baru AS Roma

INDOSPORT.COM - Mengenal sosok Dan Friedkin, milyader Amerika Serikat yang kini resmi menjadi pemilik baru AS Roma musim depan.

Angin segar menghampiri AS Roma jelang tampil di Liga Europa 19/20 malam nanti. Serigala Ibukota dikabarkan resmi mendapat pemilik baru usai penandatangan kontrak telah terjadi hari ini.

Melansir dari laporan jurnalis Italia, John Solano, menyebut bahwa presiden klub AS Roma, James Pallotta hari ini sudah menjual saham klub kepada CEO The Friedkin Group yakni Dan Friedkin.

Baca Juga
Baca Juga

“Sekitar pukul 19.15 EST, pemilik Giallorossi saat ini menandatangani kontrak awal untuk menjual klub kepada pengusaha yang berbasis di Houston, Dan Friedkin, CEO The Friedkin Group,” tulis John Solano dalam laman Roma Press.

Lebih lanjut disebutkan, bahwa penandatanganan kontrak penjualan AS Roma oleh James Pallotta akan segera dikirim ke pengacaranya malam ini untuk diproses lebih lanjut.

Meski masih harus menjalani beberapa proses sebelum resmi mengakuisisi AS Roma, namun Friedkin percaya bahwa mereka bisa menyelesaikan kesepakatan sebelum akhir Agustus nanti.

Proses negosiasi Dan Friedkin dan James Pallotta untuk membeli saham AS Roma sendiri telah berjalan cukup lama, yakni 10 bulan sebelum akhirnya resmi menguasai Serigala Ibukota hari ini.

Baca Juga
Baca Juga

Usai menjadi pemilik salah satu klub legendaris Italia, lantas seperti apakah kiprah dan profil Dan Friedkin dalam dunia bisnis? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulasnya.


1. Juragan Otomotif yang Merambah Sepak Bola

Selebrasi Justin Kluivert dan para pemain AS Roma.

Melansir dari laman Forbes, diketahui bahwa Dan Friedkin merupakan CEO dan pemilik Gulf States Toyota, yakni sebuah perusahaan Distributor waralaba Amerika untuk kendaraan dan suku cadang Toyota.

Pada 2012, perusahaan ini memiliki 154 dealer di lima negara bagian Arkansas, Louisiana, Mississippi, Oklahoma, dan Texas.

Penjualannya menyumbang 13% dari penjualan Toyota di Amerika Serikat. Tercatat, perusahaan Gulf States Toyota mampu menjual produk Toyota hingga 9 miliar dollar pada tahun 2018.

Selain owner Gulf States Toyota, Dan Friedkin juga seorang investor di perusahaan manajemen perhotelan mewah bernama Auberge Resorts yang berada di Aspen dan Cabo San Lucas.

Kecintaan dengan dunia perfilman, membuat Dan Friedkin membangun studio produksi sendiri dan berhasil menghasilkan film "All The Money In The World" pada 2017 lalu.

Disebutkan bahwa per 6 Agustus 2020, Dan Friedkin telah memiliki kekayaan sebesar 4,1 miliar dollar Amerika Serikat. Angka yang membuatnya masuk dalam 200 besar orang terkaya versi Forbes 400 tahun 2019 lalu.

Untuk membeli AS Roma dari tangan James Pallotta sendiri, pengusaha berusia 55 tahun ini dikabarkan harus merogoh kocek sebesar $700 juta.

Berbekal bantuan dana dari pemilik baru, mampukah AS Roma memperbaiki neraca keuangan mereka yang sempat defisit dan kembali bangkit musim depan? Menarik untuk dinantikan.

AS RomaJames PallottaLiga ItaliaprofilSepak BolaBerita Liga Italia

Berita Terkini

Berita Terpopuler