x

Jasa Gareth Bale yang Terlupakan di Real Madrid

Jumat, 7 Agustus 2020 18:33 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Situasi pelik yang menjepit Gareth Bale di klub LaLiga Spanyol, Real Madrid, seakan mengubur deretan jasanya untuk klub asal ibu kota tersebut.

INDOSPORT.COM - Situasi pelik yang menjepit Gareth Bale di klub LaLiga Spanyol, Real Madrid, seakan mengubur deretan jasanya untuk klub asal ibu kota tersebut. 

Gareth Bale merupakan pemain sepak bola yang mampu menyihir dunia lewat kemampuannya mengolah si kulit bundar. Dia adalah salah satu pemain tercepat di dunia sekaligus tajam mencetak gol di depan gawang.

Kehebatannya mulai tersiar luas saat memperkuat klub Tottenham Hotspur di mana ia mencatatkan 56 gol dan 58 assist. Dengan kemampuannya ini, popularitas Gareth Bale tak terbantahkan. 

Baca Juga
Baca Juga

Hal ini berimbas pada kepindahan ke Real Madrid dengan nilai transfer dan gaji yang sangat besar. Ia resmi menjadi milik Los Blancos pada akhir musim 2012-2013 dengan rekor transfer 65 juta euro. 

Bersama Real Madrid, Gareth Bale langsung jadi bintang besar besar di bawah asuhan Carlo Ancelotti. Ia mencatatkan total 44 penampilan dengan 22 gol di seluruh kompetisi. 

Penampilan ini berlanjut pada musim berikutnya di mana ia tampil 48 kali dengan mencetak 17 gol. Namun, setelah dua musim itu, Gareth Bale mulai tenggelam. 

Cedera engkel menjadi faktor utama yang membuat bintang Timnas Wales itu sering absen di laga-laga Man United. Ia juga kerap dibangkucadangkan saat Zinedine Zidane mengambil tampuk kepelatihan. 

Padahal, secara keseluruhan, ia memiliki banyak jasa untuk klubnya itu. Sekarang, ketika ia terpinggirkan di skuat asuhan Zinedine Zidane, orang-orang mulai melupakan jasanya. Berikut kami rangkum tiga pencapaian luar biasa Gareth Bale yang 'terlupakan' oleh Real Madrid. 

1. Catatan Impresif Keseluruhan

Pemain bintang Real Madrid, Gareth Bale.

Jasa nomor satu bagi Gareth Bale tentu saja adalah kontribusinya secara keseluruhan untuk Real Madrid. Gareth Bale jelas bukan pemain biasa. 

Dengan begitu banyak banyak laga yang terlewat karena cedera dan menjadi cadangan, Gareth Bale mampu menciptakan 105 gol dan 68 assist dari 251 kesempatan tampil. 

Rasio ini menunjukkan betapa pentingnya Gareth bale bagi lini depan Real Madrid. Gareth Bale bersama Cristiano Ronaldo menjadi duo sayap mematikan Real Madrid pada masa jayanya. 

Sebanyak 105 gol dan 68 assist-nya untuk Real Madrid seakan tenggelam begitu saja dan membuat dirinya menjadi pesakitan di bawah asuhan Zinedine Zidane. 

2. Sang "Pelayan" Ronaldo

Gareth Bale (kiri) dan Cristiano Ronaldo

Tak ada yang meragukan kejayaan Cristiano Ronaldo di Real Madrid. Ia merupakan pemain terbaik yang pernah mengenakan seragam Los Blancos. 

Membantu tim merebut LaLiga, Copa del Rey, dan 3 gelar Liga Champions beruntun, tak ada yang menyamai pencapaian Ronaldo. Terutama catatan pribadinya sebagai pencetak gol terbanyak klub dengan 450 gol hanya dari 438 laga. 

Dan siapa lagi yang membantu dia mencetak gol kalau bukan Gareth Bale. Selama beberapa musim bermain, Bale mengambil andil besar dalam membantu Cristiano Ronaldo mencetak gol. 

Baca Juga
Baca Juga

Trisula Ronaldo, Benzema, Bale, adalah yang terbaik di Eropa pada masa jayanya. Peran Bale sangat penting bagi-bagi gol yang dicetak oleh sang megabintang, Cristiano Ronaldo, dan bahkan Karim Benzema. 


1. 3. Brace di Final Liga Champions 2017-2018 & Pahlawan Piala Dunia Antarklub

Gareth Bale saat merayakan gelar Liga Champions musim 2017-2018.

Gareth Bale memang pemain spesialis laga-laga krusial seperti final atau pun perebutan Piala Super. Sudah beberapa kali saja ia mencetak gol untuk membantu Real Madrid memenangkan Piala Super Eropa. 

Namun, tak ada yang lebih berkesan dari dua golnya ketika membantu Real Madrid menjuarai Liga Champions 2017-2018 (gelar ketiga beruntun). Pada musim itu, Bale sebetulnya tidak tampil reguler. 

Sinarnya kalah dari Cristiano Ronaldo yang memiliki andil besar dalam kompetisi tersebut. Tidak salah memang, tapi tidak sepenuhnya benar. 

Gareth Bale memiliki andil besar dalam kejayaan tersebut dengan mampu mencetak brace alias dua gol ke gawang Liverpool. Sedangkan sang megabintang Cristiano Ronaldo tidak mencetak gol pada laga tersebut.

Bayangkan, saat itu Real Madrid dan Liverpool sama-sama bermain imbang dengan skor 1-1. Namun, dua gol terakhir dari Bale benar-benar meruntuhkan mental dari pemain Liverpool.

Jasa Gareth Bale pun berlanjut di Piala Dunia Antarklub. Ia mencetak hattrick pada semifinal melawan klub Jepang, Kashima Antlers. 

Bale mencatatkan rekor sebagai pemain ketiga yang mencetak hattrick di Piala Dunia Antarklub setelah Ronaldo dan Luis Suarez. Ia juga jadi pemain ketiga yang selalu mencetak gol di tiga edisi selain Messi dan Ronaldo.

Masih banyak jasa lain yang diberikan Gareth Bale untuk Real Madrid. Saat ini pun sebetulnya dirinya masih layak untuk bermain bagi klub. Hanya saja, ia tak masuk dalam rencana Zidane. Meski begitu, rasanya sepadan jika Real Madrid harus menggajinya dengan nilai yang sangat tinggi. 

Real MadridCristiano RonaldoGareth BaleLaLiga SpanyolLiga Champions

Berita Terkini