x

Pelatih Persib Tanggapi Keputusan Penggunaan Bus Saat Tandang Liga 1

Sabtu, 22 Agustus 2020 20:13 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, saat mengunjungi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (30/06/2020).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan komentar mengenai aturan penggunaan bus bagi setiap tim, saat akan melakoni pertandingan tandang di kompetisi Liga 1 2020. 

Sebagai informasi, aturan penggunaan bus untuk pertandingan tandang diterapkan untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona atau covid-19. Selain itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menyiapkan dua bus bagi tim yang akan melakoni laga tandang. 

Menurut Robert Alberts, keputusan penggunaan bus untuk pertandingan tandang akan menguras tenaga pemain. Karena, tim akan menempuh perjalanan darat yang cukup melelahkan, untuk menuju homebase lawan maupun saat pulang ke Bandung. 

Baca Juga
Baca Juga

"Keuntungan bermain di kandang tentu pemain akan merasa lebih nyaman, tetap tinggal di Bandung," kata Robert Alberts. 

"Tidak untungnya adalah, ada banyak perjalanan yang harus kami lakukan menggunakan bus dan rata-rata harus menempuh perjalanan 12 jam untuk bertanding. Lalu, butuh 12 jam perjalanan lagi ketika pulang, ditambah kami harus mulai bersiap untuk pertandingan berikutnya," ucapnya menambahkan. 

Terkurasnya tenaga saat akan melakoni pertandingan terutama tandang, akan dirasakan juga oleh tim lain. Sehingga, pelatih asal Belanda ini akan berusaha mempersiapkan anak asuhnya dengan matang dan mengantisipasi kelelahan yang akan dialami pemain. 

"Tapi itu bukan hanya dirasakan oleh tim kami, tapi juga oleh semua tim. Meski untuk tim yang tinggal di Yogyakarta bisa mengurangi waktu perjalanan (karena di tengah-tengah), tapi bagi kami cenderung lebih banyak waktu yang ditempuh untuk perjalanan," ujar Robert Alberts.  

"Tapi itu adalah bagian dari kondisi saat ini, jadi kami harus menerimanya dan harus bersiap sebaik mungkin di kondisi seperti ini," tegasnya. 

Baca Juga
Baca Juga

Sebelumnya, Robert Alberts menyebutkan, regulasi pergantian lima pemain sangat dibutuhkan, salah satunya untuk mengantisipasi kelelahan akibat perjalanan dan jadwal padat Liga 1 2020. 

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Robert AlbertsBola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini