x

Kenapa Van de Beek Begitu Didambakan Manchester United?

Selasa, 1 September 2020 20:48 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Apa alasan Manchester United rela menggelontorkan dana sekitar 40 juta poundsterling (787,4 miliar rupiah) untuk bisa mendaratkan Van de Beek ke Old Trafford?

INDOSPORT.COMManchester United secara mengejutkan sebentar lagi akan mendapatkan salah satu talenta terbaik Belanda saat ini. Mereka dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk mendatangkan bintang Ajax Amsterdam itu.

Van de Beek yang sudah jadi incaran Setan Merah sejak lama, mendapat tawaran kontrak berdurasi lima tahun. Kesepakatan antara dua klub sendiri kabarnya akan diselesaikan sesegera mungkin dalam beberapa hari ke depan.

Man United kabarnya sampai rela mengirimkan pemandu bakat mereka untuk memantau Van de Beek secara ekstensif sejak beberapa bulan yang lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Kedatangan Van de Beek pun bisa jadi oase bagi Manchester United yang tampak adem ayem dan tak memiliki hasrat untuk mendatangkan amunisi baru di bursa transfer pemain kali ini.

Van de Beek adalah putra asli Ajax. Bergabung bersama akademi Ajax yang boleh dikatakan sebagai salah satu yang terbaik seantero jagad pada tahun 2008, dirinya melakoni debut bersama tim senior pada November 2015 kala Ajax menghadapi Glasgow Celtic di ajang Liga Europa.

Sejak musim 2016/17, Van de Beek telah menjadi pemain reguler di Ajax. Sejak musim tersebut sampai dengan musim 2019/20 kemarin, catatan penampilannya bersama Ajax tak pernah kurang dari 30 laga. Sebuah catatan istimewa yang menunjukkan begitu bugar dirinya hingga bisa bermain sepanjang musim selama 4 tahun beruntun.

Bersama nama-nama seperti Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong, Hakim Ziyech, dan Andre Onana, Van de Beek juga merupakan bagian dari golden generation Ajax yang mampu mencapai final Liga Champions musim 2018/19.

Baca Juga
Baca Juga

Meskipun harus menyerah atas Liverpool yang keluar sebagai juara, namun penampilan dirinya sepanjang gelaran Liga Champions musim tersebut benar-benar mencuri perhatian banyak kalangan dari seluruh penjuru dunia.

Lalu, apa alasan Manchester United rela menggelontorkan dana sekitar 40 juta poundsterling (787,4 miliar rupiah) untuk bisa mendaratkan Van de Beek ke Old Trafford? Kenapa Man United begitu mendambakan kehadiran gelandang yang juga menjadi target transfer utama Barcelona dan Real Madrid ini?


1. Apa yang Membuat Van de Beek Begitu Spesial?

Van de Beek melepaskan tembakan ke arah gawang Tottenham Hotspur dalam laga semifinal Liga Champions, Rabu (01/05/19).

Van de Beek adalah pemain yang terkenal dengan versatilitasnya. Dirinya bisa ditempatkan sebagai gelandang tengah maupun gelandang serang tetapi juga tak canggung ketika harus berada di posisi yang lebih dalam sebagai gelandang bertahan.

Memiliki peran natural sebagai box to box midfielder, pemain berusia 23 tahun ini nyaris bisa menyusuri tiap jengkal di lapangan. Ketika bermain di Ajax, Van de Beek merupakan jenderal lini tengah mereka yang mendikte tempo pemainan dan menjadi penghubung antara lini belakang dan lini depan.

Baca Juga
Baca Juga

Diberkahi dengan kemampuan passing yang aduhai, Van de Beek bukanlah gelandang dengan tipikal flamboyan yang ogah bermain keras. Kebalikannya, dirinya tak ragu-ragu untuk meluncurkan tekel dan menghentikan momentum serangan balik lawan.

Statistik dari laman Whoscored menunjukkan jika dalam 1 pertandingan dirinya rata-rata meluncurkan 2 tekel. Catatan menarik yang akan membuat dirinya bisa dengan mudah melakoni peran sebagai gelandang bertahan.

Selain itu, Van de Beek juga diberkahi dengan insting mencetak gol yang cukup istimewa. Sepanjang musim 2019/20 dirinya tercatat berhasil mencetak 8 gol dari 23 penampilannya di Eredivisie.

Apakah Van de Beek Akan Cocok dengan Liga Inggris?

Jurnalis Sky Sports, Kaveh Solhekol menulis dalam kolom rutinnya jika Van de Beek kemungkinan besar tak akan mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan Liga Inggris.

“Van de Beek sangat cocok dengan sepak bola Inggris. Hal tersebut bisa dilihat kala dirinya bermain dalam laga kontra Chelsea dan Tottenham di ajang Liga Champions,” tulis Solhekol.

Pernyataan yang tak berlebihan. Dengan stamina dan determinasi yang seakan tak ada habisnya, Van de Beek akan sangat cocok dan kemungkinan besar bakal langsung nyetel dengan gaya permainan Liga Inggris yang cepat dan sangat mengandalkan fisik.

Kedatangannya ke Manchester United diprediksi akan membuat lini tengah mereka semakin solid. Dirinya bisa melengkapi tandem Bruno Fernandes dan Paul Pogba yang berhasil tampil apik dalam beberapa laga terakhir Liga Inggris.

Baca Juga
Baca Juga

Berperan sebagai box to box, Van de Beek akan melengkapi Fernandes yang memiliki peran sebagai nomor 10 di Man United. Selain itu dirinya juga diyakini mampu membuat Paul Pogba semakin tampil apik di musim depan.

Van de Beek dipercaya akan sangat cocok menjadi double pivot bersama Paul Pogba di depan 4 bek dalam formasi favorit Ole Gunnar Solskjaer 4-2-3-1.

Manchester UnitedLiga Primer InggrisLiga InggrisDonny van de BeekBerita Liga Inggris

Berita Terkini