x

Mengenal Gabriel Magalhaes, Rekrutan Baru Arsenal Eks Incaran Man United

Rabu, 2 September 2020 19:53 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

INDOSPORT.COM – Arsenal akhirnya berhasil mendatangkan bek muda Brasil, Gabriel Magalhaes, yang juga sempat diincar Manchester United. Seperti apa bek 22 tahun ini sebenarnya?

Arsenal terus bergerak di bursa transfer musim panas ini. Setelah memboyong Willian dengan gratis dari Chelsea, dan mempermanenkan Cedric Soares serta Pablo Mari, The Gunners sukses mendatangkan satu lagi pemain anyar.

Rekrutan terbaru tersebut adalah Gabriel Magalhaes, bek tengah muda yang didatangkan dari klub Ligue 1 Prancis, Lille. Arsenal sukses mengalahkan Manchester United dalam perburuan sang bek, dengan mengeluarkan dana 27 juta pounds (Rp529 miliar), dan mengontraknya selama lima musim.

Baca Juga
Baca Juga

Kedatangan bek 22 tahun ini diharapkan bisa memperbaiki lini belakang The Gunners yang musim lalu keropos. Tak cuma itu, bersama William Saliba yang baru berusia 19 tahun, keduanya diharapkan mampu meremajakan tim dan menjadi andalan untuk beberapa musim ke depan.

"Kami menyambut Gabriel di Arsenal. Dia memiliki banyak kualitas yang akan membuat kami lebih kuat di lini belakang dan juga sebagai tim,” puji manajer Arsenal, Mikel Arteta, dilansir dari laman resmi klub.

“Dia telah membuktikan bersama Lille bahwa dia adalah seorang bek dengan banyak atribut luar biasa dan kami menantikan untuk melihatnya tumbuh sebagai pemain Arsenal,” imbuhnya.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satu catatan menarik dari Magalhaes adalah fakta bahwa dirinya tak hanya menjadi incaran The Gunners, tapi juga sejumlah klub papan atas Eropa. Rival Liga Inggris, Manchester United, menjadi salah satu pesaing utama Arsenal untuk memboyongnya di bursa transfer musim panas ini.

Sementara itu, dari Serie A Italia, Napoli juga diketahui memburu sang bek tengah muda. Mereka berniat menjadikan Magalhaes pengganti Kalidou Koulibaly yang santer dikabarkan bakal bergabung dengan Manchester City di bursa transfer kali ini.

Lantas, siapakah sebenarnya Gabriel Magalhaes dan kenapa dirinya menjadi rebutan klub-klub besar Eropa? Berikut ini INDOSPORT merangkumnya untuk Anda.


1. Perjalanan Karier dan Gaya Permainan

Gabriel Magalhaes, rekrutan baru Arsenal dari Lille.

1. Perjalanan Karier

Gabriel dos santos Magalhaes dilahirkan di Sao Paulo, Brasil, pada tahun 1997. Pada umur 13 tahun ia bergabung dengan klub Avai dan mendapatkan kontrak profesional pertamanya di usia 16 tahun.

Usai membantu timnya promosi ke Brasileiro Serie A, Magalhaes mengawali perjalanannya di Eropa dengan bergabung bersama Lille pada Januari 2017 dengan biaya 1,5 juta pounds (Rp29 miliar).

Seusai menjalani masa pinjaman bersama Troyes dan Dinamo Zagreb, ia kembali ke Lille dan menjalani debut sebagai starter pada Januari 2019. Sejak saat itulah ia mulai menjadi andalan di lini belakang.

Pada musim 2019/2020 lalu, ia tampil 34 kali di semua kompetisi, termasuk 6 kali di babak grup Liga Champions. Penampilan gemilangnya pun menarik perhatian tim-tim papan atas.

2. Atribut dan Gaya Permainan

Salah satu hal yang membuat Gabriel Magalhaes menjadi buruan di bursa transfer ini adalah fakta bahwa dia merupakan ball playing defender dengan kaki kiri dominan, tipe pemain yang cukup sulit ditemukan.

Musim lalu, ia tercatat melepaskan 578 umpan ke arah depan, atau nomor dua tertinggi di Ligue 1 Prancis. Selain itu, ia juga memuncaki daftar pemain dengan umpan tepat sasaran ke paruh lapangan musuh, yakni 255 kali.

Ia pun memiliki kemampuan duel udara yang bagus berkat tingginya yang mencapai 190 sentimeter. Magalhaes tercatat memenangi 83 kali duel, dan melakukan 17 percobaan mencetak gol melalui sundulan musim lalu.

3. Peluang dan Posisi Bermain di Arsenal

Kehadiran Magalhaes memenuhi kebutuhan Arsenal yang sudah lama mencari bek sentral kidal. Ia pun langsung diproyeksikan menempati tempat utama, sebagai bek tengah sebelah kiri.

Dalam formasi empat pemain belakang, ia diproyeksikan akan berduet dengan William Saliba sebagai duet jangka panjang The Gunners, atau didampingi David Luiz yang lebih berpengalaman.

Sementara itu, jika manajer Mikel Arteta ingin mencoba bermain dengan pola tiga bek sentral, Magalhaes bisa ditempatkan di posisi paling kiri, dengan Luiz di tengah dan Saliba di kanan dari trio tersebut.

Manchester UnitedArsenalLilleLigue 1 PrancisLiga InggrisSepak BolaWilliam SalibaBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferGabriel Magalhaes

Berita Terkini