x

Mengintip Peran Donny van de Beek di Lini Tengah Manchester United

Kamis, 3 September 2020 17:02 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Manchester United akhirnya resmi memboyong Donny van de Beek dari Ajax Amsterdam. Akan seperti apa peran bintang Belanda ini di lini tengah Setan Merah?

INDOSPORT.COM – Manchester United akhirnya resmi memboyong Donny van de Beek dari Ajax Amsterdam. Akan seperti apa peran bintang Belanda ini di lini tengah Setan Merah?

Raksasa Liga Inggris, Manchester United, sempat bergerak lambat di bursa transfer musim panas ini. Ketika sejumlah rival domestik seperti Liverpool, Arsenal, Manchester City, dan Chelsea telah mendatangkan pemain baru, Setan Merah masih setia dengan skuat lama mereka.

Padahal, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu santer dikaitkan dengan sejumlah nama, mulai dari Jadon Sancho (Borussia Dortmund), Jack Grealish (Aston Villa), hingga James Maddison (Leicester City).

Baca Juga
Baca Juga

Namun, situasi itu berubah berkat kedatangan gelandang Belanda, Donny van de Beek, dari Ajax Amsterdam. Bintang berusia 23 tahun itu resmi didatangkan dengan nilai 40 juta pounds (Rp788 miliar) dan dikontrak sepanjang lima tahun.

Kehadiran Donny van de Beek diyakini akan menjadi tambahan penting bagi lini tengah United. Pasalnya, meski baru berusia 23 tahun, ia sudah menjadi motor andalan bagi Ajax Amsterdam selama ini. Musim lalu saja, ia tampil 37 kali di semua kompetisi, dengan sumbangan 10 gol dan 11 assist.

Kehadirannya pun membuat manajer Ole Gunnar Solskjaer memiliki pilihan baru. Pasalnya, selama ini pria asal Norwegia itu terbilang jarang melakukan perubahan dalam jajaran starting XI yang ia susun, terutama saat kompetisi dilanjutkan lagi pasca jeda akibat pandemi corona.

Baca Juga
Baca Juga

Tak cuma itu, Solskjaer bahkan tidak terlalu sering melakukan pergantian pemain di tengah laga. Seperti dilansir BBC, semifinal Liga Europa ketika mereka dikalahkan Sevilla menjadi salah satu contoh, dengan sang manajer baru melakukan pergantian pertamanya pada menit ke-87.

Dengan hadirnya, van de Beek, maka Setan Merah kini memiliki pilihan baru di lini tengah yang bisa ditampilkan sejak menit awal, maupun dimasukkan di tengah laga.

Meski demikian, muncul pertanyaan posisi apa yang akan dimainkan van de Beek di skuat raksasa Liga Inggris itu. Berikut ini ulasannya.


1. Gelandang Tengah atau Gelandang Serang?

Donny van de Beek memiliki kemampuan memainkan dua posisi di lini tengah.

Manchester United mengakhiri musim lalu dengan performa menawan, khususnya sejak kedatangan Bruno Fernandes pada Januari. Mengandalkan pola 4-3-3, di lini tengah Solskjaer memasang Bruno Fernandes sedikit di depan duet Paul Pogba dan Nemanja Matic.

Kehadiran Donny van de Beek pun menimbulkan pertanyaan tentang peran apa yang akan diberikan kepada gelandang berusia 23 tahun itu.

Menurut statistik permainannya bersama Ajax Amsterdam seperti dilansir BBC, van de Beek memiliki kemiripan paling dekat dengan Fernandes dibandingkan gelandang Setan Merah lainnya.

Musim lalu di Eredivisie Belanda, van de Beek  mencetak 8 gol dan 6 assist dari 28 pertandingan. Catatan tersebut tidak berbeda jauh dengan Fernandes yang mencetak 8 gol dan 7 assist, meski sang gelandang Portugal melakukannya hanya dalam 14 pertandingan Liga Inggris.

Meski demikian, keduanya memiliki perbedaan di mana produtivitas Fernandes banyak berasal dari situasi bola mati, sedangkan van de Beek memang biasa bermain lebih merangsek ke depan sebagai gelandang serang.

Di sisi lain, van de Beek juga memiliki kemampuan menjadi gelandang sentral. Dari 37 penampilan yang dibuatnya di semua kompetisi bersama Ajax musim lalu, 18 kali ia lakukan sebagai gelandang sentral, sedangkan 19 penampilan lainnya sebagai gelandang serang.

Namun, menjadikan van de Beek sebagai gelandang sentral berpotensi menimbulkan lubang bagi Manchester United. Pasalnya, meski rataan tekelnya yang mencapai 1,2 lebih tinggi daripada Paul Pogba (0,7), angka itu masih di bawah Nemanja Matic (1,4) dan Fred (1,3).

Dengan demikian, besar kemungkinan raksasa Liga Inggris itu masih akan mengandalkan pola 4-3-3 musim depan dengan trio Fernandes, Pogba, dan Matic/Fred di lini tengah. Donny van de Beek akan diberi peran sebagai pengganti atau pelapis bagi salah satu dari ketiganya.

Opsi lainnya bagi Solskjaer adalah bermain dengan pola 4-4-2 diamond, dengan van de Beek mengisi peran nomor sepuluh, seraya memberikan kesempatan istirahat bagi Fernandes dan Pogba.

Bursa TransferManchester UnitedPaul PogbaAjax AmsterdamLiga InggrisBruno FernandesDonny van de BeekBerita Liga InggrisBerita Bursa Transfer

Berita Terkini