x

3 Fakta Mengejutkan Usai Italia Pecundangi Belanda di UEFA Nations League

Selasa, 8 September 2020 09:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Nicolo Barella merayakan selebrasinya usai mencetak gol untuk Italia ke gawang Belanda

INDOSPORT.COM - Italia sukses membenamkan tuan rumah Belanda dengan skor 1-0 pada pertandingan kedua Grup A UEFA Nations League di di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Selasa (08/09/20) dini hari WIB. Ini merupakan kemenangan kedua Gli Azzurri setelah di pertandingan pertama ditahan imbang Bosnia-Herzegovina.

Turun dengan kekuatan terbaiknya seperti Virgil van Dijk, Frenkie de Jong dan Memphis Depay, Belanda di luar dugaan tak mampu keluar dari tekanan Italia. Pelatih Italia, Roberto Mancini, dengan cerdas mampu memanfaatkan sejumlah celah di lini pertahanan Belanda.

Hingga akhirnya, Nicolo Barella datang mencetak gol sematawayang pada akhir babak pertama. Kemenangan ini pun menjadi sangat penting bagi Italia yang sebelumnya gagal meraih kemenangan di EUFA Nations League.

Dalam laga seru ini, tercipta sejumlah fakta mengejutkan yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Debut Manis Locatelli

Mimpi Manuel Locatelli untuk mengenakan seragam Timnas Italia senior akhirnya terwujud di pertandingan ini. Ia tampil sebagai starter dan membantu timnya menang atas Belanda.

Locatelli sebelumnya sudah memperkuat tim Italia junior, namun baru di laga ini pemain 22 tahun itu dipanggil ke skuat senior oleh pelatih Roberto Mancini.

Manuel Locatelli merupakan salah satu bakat muda menjanjikan Italia. Ia tampil cukup impresif bersama Sassuolo dalam dua musim terakhir. Hal inilah yang membuat mantan pemain AC Milan itu dipanggil ke Timnas Italia.

2. Italia Dominan

Pada laga ini Timnas Italia tampil dominan. Hal ini cukup mengejutkan sebab dalam beberapa tahun terakhir Belanda tampil lebih impresif dengan menjadi runner-up UEFA Nations League 2018 serta memiliki catatan kemenangan yang lebih bagus.

Gli Azzurri sukses menguasai 58 persen penguasaan bola dengan menciptakan 18 tembakan (4 ke gawang), sementara Belanda cuma melepaskan 11 tembakan (3 ke gawang). Secara permainan, skuat asuhan Roberto Mancini juga tampil menekan dan memainkan sepak bola yang lebih baik dari Belanda.

Italia terlihat mempersiapkan laga ini dengan sangat matang. Selain itu, ketiadaan pelatih Ronald Koeman disinyalir menjadi penyebab menurunnya performa Belanda. Seperti diketahui, Koeman saat ini menjadi pelatih klub Barcelona.

3. Rekor Tak Terkalahkan Italia

Kemenangan atas Belanda memperpanjang rekor tak terkalahkan Italia dalam 16 pertandingan terakhir. Di bawah asuhan Roberto Mancini, Italia meraih 12 kemenangan dan 4 hasil imbang.

Catatan itu menunjukkan bahwa Italia saat ini mulai membangun skuatnya kembali dengan diperkuat pemain-pemain muda potensial seperti Nicolo Zaniolo, Federico Chiesa, Jorginho, Donnarumma, Alessio Romagnoli, dan lainnya. Mereka sanggup bermain di level tertinggi dalam dua tahun terakhir dan jadi favorit di UEFA Nations League tahun ini.

BelandaItaliaRoberto ManciniBola InternasionalManuel LocatelliUEFA Nations LeagueTRIVIA

Berita Terkini