x

Barcelona Mematikan, Koeman Punya Strategi dan Posisi Baru Buat Messi

Rabu, 9 September 2020 20:18 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bikin Barcelona kian mematikan di LaLiga Spanyol, Ronald Koeman punya strategi dan posisi baru buat Lionel Messi.

INDOSPORT.COM - Lakoni LaLiga Spanyol 2020-2021, Barcelona nampak akan kian mematikan setelah Ronald Koeman selaku pelatih anyar punya skema strategi dan posisi baru untuk Lionel Messi.

Setelah berbagai drama yang terjadi, Messi batal pergi ke Manchester City meskipun dikabarkan sudah menemukan kata sepakat dalam negosiasi personal. Alasan kepergian sang bintang itu pun cukup sederhana, El Barca sudah mustahil untuk diselamatkan lewat rentetan kegagalan musim lalu.

Ya, predikat nirgelar semusim layaknya era pelatih Frank Rijkaard terjadi kala Barcelona gagal pertahankan LaLiga Spanyol dan mendapat malu di Liga Champions.

Kebencian pemain berjuluk La Pulga itu sendiri kian menjadi-jadi setelah Koeman menyingkirkan rekan-rekannya dan Josep Maria Bartomeu masih berkuasa sebagai presiden klub.

Baca Juga
Baca Juga

Tapi pada akhirnya Blaugrana-lah yang menang, lewat ancaman klausul rilis senilai 700 juta euro (Rp12 triliun), Messi memilih untuk putuskan bertahan setahun lagi meski tak suka. Walau terpaksa, kabarnya ia sempat menyatakan akan tetap bersikap profesional sehingga masih punya semangat untuk berjuang.

Dilansir laman berita Forbes, hal ini pun membuat Ronald Koeman sudah mencanangkan strategi baru dengan andalkan formasi 4-2-3-1 yang notebene dikenal sebagai Dream Team Barcelona. Maklum, mantan juru taktik Timnas Belanda itu pernah jadi alumni kehebatan tangan dingin Johan Cruyff, sang legenda klub.

Pada posisi tiga gelandang serang, Messi nantinya akan mengoperasikan posisi sebagai false right winger yang bisa menyerang bebas sekaligus mencari peluang menendang atau passing. Koeman kabarnya ingin pemain berusia 33 tahun itu lebih fokus dalam serangan ketimbang mengamankan bola di tengah.

Baca Juga
Baca Juga

Strategi baru ini dilaporkan tak akan terlalu fokus dalam keunggulan pertahanan setelah sang kapten akan membombardir sisi kanan wilayah lawan. Sementara itu, pada sisi kiri serangan dengan cakupan luas akan dipercayakan kepada Ousmane Dembele dan Ansu Fati.

Formasi ini pun kian mengerikan karena Ronald Koeman dipastikan tak akan menyia-nyiakan lagi Philippe Coutinho dan Antoine Griezmann. Sepak terjang Lionel Messi dengan strategi Barcelona yang baru ini pun kemungkinan besar akan diuji pada laga pramusim sebelum menjalani musim baru LaLiga Spanyol.

Antoine GriezmannBarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolRonald KoemanLiga SpanyolJosep Maria BartomeuSepak Bola

Berita Terkini

Berita Terpopuler