x

Barcelona Kebangkrutan, 12 Pemain Bakal Dijual Imbas Messi Bertahan

Jumat, 11 September 2020 21:53 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Hindari kebangkrutan karena Lionel Messi bertahan, raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona bakal menjual 12 pemainnya.

INDOSPORT.COM - Terkadang meraih kemenangan tak menyelesaikan masalah, sebagai contoh kondisi krisis Barcelona saat ini. Sukses buat Lionel Messi lakoni LaLiga Spanyol lagi, mereka malah diambang kebangkrutan hingga harus menjual 12 pemain.

Dalam beberapa pekan terakhir publik dibuat geger dengan suatu kiriman burofax yang menunjukkan tanda-tanda kepergian Messi kian nyata. Alasannya sederhana, Akhir musim lalu usai gagal pertahankan liga domestik dan mendapat malu ditindas 2-8 oleh Bayern Munchen membuat kondisi El Barca tak tertolong lagi.

Sudah menemui kesepakatan dengan Manchester City selaku tim tambatan hati barunya, langkah La Pulga malah terhenti ketika Barcelona hanya bersedia melepasnya dengan syarat klausal rilis 700 juta euro (Rp12 triliun) terpenuhi. Pada akhirnya mampu pertahankan sang bintang, krisis kini kembali menyertai klub.

Baca Juga
Baca Juga

Dilansir laman berita Daily Mail, imbas hal tersebut membuat Barca mempertimbangkan neraca ekonomi dengan menjual 12 bintang agar terhindar dari status pailit. Patut diketahui semasa pandemi saja gara-gara pertandingan tanpa penonton membuat mereka kehilangan laba berkisar 200 juta euro (Rp3,5 triliun) dan terus naik.

Mengingat kerugian masih akan menyertai dengan kondisi wabah corona yang belum surut, Azulgrana pun dipastikan tak akan mencapai target 1,05 miliar euro (Rp18 triliun). Dalam 12 pemain yang tersingkir ada empat nama yang disebut oleh Ronald Koeman yakni Luis Suarez, Arturo Vidal, Samuel Umtiti, dan yang sudah dijual, Ivan Rakitic.

Martin Braithwaite selaku pembelian darurat juga akan dijual, Jean Clair Todibo yang dibanderol 25 juta euro (Rp444 miliar), Nelson Semedo, dan Rafinha. Lalu ada kabar jika Koeman akan melelang Junior Firpo dan Miranda dengan harga miring agar bisa segera mengisi kantong investasi Blaugrana.

Baca Juga
Baca Juga

Belum selesai dengan para pemain tim utama, Catalan kini mengorbankan para pemain potensial mudanya di tim cadangan. Ada wonderkid, Moussa Wague, gelandang tengah berbakat, Monchu, dan Oriol Busquets yang akan dibuang ke Watford.

Mengapa cuci gudang kini diberlakukan oleh Blaugrana? Sederhana, untuk memenuhi gaji Messi yang mencapai sekitar 100 juta euro (Rp1,7 triliun) per-tahun mereka cukup kewalahan. Apalagi, beberapa waktu lalu, mereka sampai harus memangkas 70 persen honor bagi seluruh jajaran agar bisa bertahan menutup musim.

Sebagai bukti lain jika Barcelona kesulitan keuangan pun bisa dilihat dengan tindakan mereka sampai harus menjual masker dan menyewakan nama stadion kandang, Camp Nou. Meski 12 pemain akan dijual, termasuk Lionel Messi, ada beberapa bintang yang dipastikan akan jadi pemain utama Koeman di musim baru LaLiga Spanyol.

BarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolLuis SuarezRonald KoemanArturo VidalRafinhaLiga SpanyolSamuel UmtitiNelson SemedoJean-Clair TodiboSepak BolaJunior Firpo

Berita Terkini

Berita Terpopuler