x

Keppres Piala Dunia U-20 Telah Keluar, Menpora Langsung Bergerak Cepat

Minggu, 20 September 2020 05:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Menpora Zainudin Amali memantau secara langsung progres renovasi Stadion Gelora Bung Tomo yang menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021.

INDOSPORT.COM - Keppres nomor 19 tahun 2020 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 telah resmi ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo. Hal ini pun langsung disambut gerak cepat Menpora Zainudin Amali.

Dia langsung mengambil langkah strategis guna menindaklanjuti Keppres mengenai Panitia Nasional Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 dan Inpres Nomor 8 Tahun 2020 soal Dukungan Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

Zainudin Amali selaku ketua panitia Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC) yang ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo memastikan PSSI terus menjalin komunikasi dengan FIFA, sehingga persiapan bisa berjalan lebih lancar.

Baca Juga
Baca Juga

Langkah cepat selanjutnya yang dilakukan oleh Zainudin Amali adalah melakukan meninjau lapangan ke Jawa Timur sehari setelah megumumkan keluarnya Keppres dan Inpres mengenai Piala Dunia U-20 2021, Jumat (18/9/20). 

Tinjauan Zainudin Amali dilakukan guna memantau secara langsung progres renovasi  Stadion Gelora Bung Tomo  yang akan digunakan sebagai tempat berlangsungnya perhelatan akbar tahun depan.

Dia sekaligus melakukan konsolidasi memperkuat sinergi dengan pimpinan daerah selaku tuan rumah daerah penyelenggaraan serta memastikan secara langsung bahwa semua berjalan sesuai rencana. 

"Saya bersama Wakil Ketua INAFOC Iwan Budianto dan rombongan dari PSSI meninjau langsung progres renovasi Stadion Gelora Bung Tomo yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021. Progresnya sudah bagus, apalagi Bu Risma turun langsung untuk mengawasi proses pembangunan," katanya.

Tidak hanya Gelora Bung Tomo, Zainudin Amali bersama rombongan pun tak lelah untuk memastikan kesiapan stadion pendukung lain yang berada di Jawa timur, yaitu GOR Pancasila (Lapangan THOR), Stadion Gelora 10 November, dan Stadion Gelora Bangkalan.

Setelah melakukan tinjauan langsung ke Surabaya, rencananya Zainudin Amali juga akan melakukan tindakan serupa ke daerah-daerah lain yang bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. 

Sekadar mengingatkan, FIFA sudah menyetujui enam stadion di enam kota Indonesia sebagai tempat pertandingan, antara lain Stadion Utama GBK (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).  

Baca Juga
Baca Juga

Langkah cepat lainnya yang telah dilakukan Menpora RI Zainudin Amali selaku ketua panitia INAFOC pasca menyambut keluarnya Keppres Piala Dunia adalah segera merampungkan susunan panitia dan segera berkantor di GBK Arena.

"Sebagaimana janji saya kalau Keppres dan Inpres tentang Piala Dunia U-20 keluar akan segera saya sampaikan," cetus Zainudin Amali. 

"Hari ini janji saya penuhi, dengan keluarnya Keppres No. 19 dan Inpres No 8, dasar kami bekerja sudah ada. INAFOC segera berkantor di SUGBK Arena untuk memudahkan koordinasi. Silakan nanti merapat untuk dapat mengetahui setiap perkembangan," tukasnya.

Piala Dunia U-20Joko WidodoSurabayaMenporaLiga IndonesiaStadion Gelora Bung TomoBola IndonesiaPiala Dunia U-20 2023Zainudin Amali

Berita Terkini