x

Jadi Kuda Hitam, Ada 5 Tanda Kebangkitan Arsenal di Liga Inggris

Jumat, 25 September 2020 12:56 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Arsenal siap jadi kuda hitam di kompetisi Liga Inggris 2020-2021.

INDOSPORT.COM - Arsenal siap jadi kuda hitam di kompetisi Liga Inggris 2020-2021 setelah musim lalu hanya bisa finis di posisi kedelapan klasemen akhir.

Mungkin istilah kuda hitam terdengar sedikit menggelitik lantaran The Gunners sejatinya pernah jadi bagian The Big Four yang kerap mendominasi papan atas Liga Inggris. Namun sayangnya eksistensi mereka mulai memudar seiring berjalannya waktu.

Terakhir kali Arsenal memenangkan gelar liga adalah musim 2003-2004. Pada waktu itu, mereka mengakhiri musim tanpa satu pun kekalahan, atau yang biasa dikenal dengan sebutan The Invincibles.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi setelahnya, The Gunners seolah kesusahan mempertahankan namanya sebagai salah satu raksasa sepak bola Inggris. Mereka tidak bicara banyak baik di kompetisi domestik maupun internasional.

Namun sejak kedatangan Mikel Arteta, ada setitik cahaya bernama harapan yang mulai muncul menaungi klub sepak bola asal London tersebut. Meski tidak sekuat Manchester City atau Liverpool, Arsenal berhasil meraih dua trofi musim lalu.

Raihan Piala FA dan Community Shield bisa jadi awal apik bagi Arsenal untuk menghadapi musim baru 2020-2021. Berkat kesuksesan ini pula Arteta belum lama ini akhirnya diberi kepercayaan untuk naik jabatan sebagai manajer dengan kuasa yang lebih besar.

Arsenal sendiri baru saja melangkah dengan awal yang cukup baik yakni memenangkan dua laga awal Liga Inggris. Pierre-Emerick Aubameyang dkk berhasil menghantam Fulham 3-0 dan West Ham United 2-1.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan hasil ini, The Gunners meraih 6 poin sempurna dan kini berada di posisi tiga klasemen sementara, bahkan mengangkangi juara musim lalu, Liverpool. Di atas mereka ada Leicester City dan Everton, masing-masing di peringkat satu dan dua.

Oleh karena itu, istilah kuda hitam agaknya cocok disematkan pada Arsenal musim ini. Tanda-tanda kebangkitan mereka pun mulai bermunculan, yang sebaiknya diwaspadai oleh para rival di Liga Inggris.

Dilansir dari laman Give Me Sport, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT rangkum lima hal yang bisa membuat Arsenal jadi kuda hitam nan mengancam di Liga Inggris musim ini.


1. Melihat Tanda-Tanda Kebangkitan Arsenal Musim Ini

Pierre-Emerick Aubameyang jadi salah satu faktor penting Arsenal masih layak disegani musim ini.

Bertahannya Pierre-Emerick Aubameyang

Salah satu masalah krusial yang berhasil diselesaikan Arsenal sebelum musim 2020-2021 dimulai adalah kejelasan status Pierre-Emerick Aubameyang. Sempat membuat was-was suporter, sang pemain akhirnya memutuskan tinggal.

Aubameyang menyetujui perpanjangan kontrak yang akan mengikatnya di Emirates hingga 2023. Ia pun diganjar kenaikan gaji yang cukup lumayan yakni mencapai 300 ribu poundsterling (sekitar Rp5,68 miliar) per pekan.

Hal ini pun patut diwaspadai oleh rival-rival Arsenal di Liga Inggris. The Gunners siap bangkit dan menyongsong musim baru bersama bomber andalannya yang satu ini.

Bertahannya Aubameyang merupakan suntikan kekuatan penting untuk skuat Mikel Arteta. Pasalnya, pemain asal Gabon tersebut masih sangat disegani di Liga Inggris dan jadi momok menakutkan bagi para bek lawan.

Kekuatan Skuat

Arsenal mulai melihat harapan untuk kembali berjaya di Liga Inggris berkat kedatangan Mikel Arteta, apalagi setelah mereka juga memboyong sejumlah rekrutan anyar. The Gunners kini memiliki kedalaman skuat yang mumpuni di setiap posisi.

Di lini belakang, Arteta bisa mengandalkan William Saliba, Gabriel Magalhaes, Pablo Mari, dan Cedric Soares. Sementara itu, kekuatan lini tengah dapat diisi oleh Dani Ceballos yang kembali dipinjam dari Real Madrid untuk kedua kalinya.

Lalu untuk pasukan serangan, Arsenal jelas bakal mengandalkan Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette, Willian, dan Nicolas Pepe.

Munculnya Figur Pemimpin

Salah satu tanda kebangkitan Arsenal musim ini adalah munculnya sosok pemimpin baik di dalam maupun luar lapangan. Peran ini sangat diperlukan agar skuat punya seseorang yang bisa diandalkan dan agar mereka tidak kehilangan arah.

The Gunners saat ini memiliki Granit Xhaka yang bisa jadi pemimpin meski tanpa ban kapten di lengannya. Ia memiliki pengaruh besar di hadapan teman-temannya dan bisa jadi pemimpin di lini tengah.

Kieran Tierney bisa diandalkan di lini belakang, sedangkan Willian bisa jadi sosok yang membimbing para pemain muda Arsenal. Kontribusi eks pemain Chelsea tersebut akan sangat dibutuhkan sebagai role model para juniornya.

Kehadiran pemain-pemain yang bisa jadi pemimpin ini pun sangat membantu skuat The Gunners untuk terus berkembang dari hari ke hari. Perbaikan attitude para pemain ini mulai terlihat sejak Arsenal ditangani Arteta.

Aset Pemain Muda

Terkenal sebagai pabrik pengasah talenta-talenta muda, Arsenal musim ini memiliki sejumlah aset menjanjikan yang bisa jadi bintang sukses Liga Inggris.

Sebut saja nama-nama seperti Gabriel Martinelli, Bukayo Saka, Emile Smith-Rowe, Eddie Nketiah, dan lain-lain. Mereka adalah harapan masa depan The Gunners yang masih punya jalan panjang dalam kariernya.

Kini sudah saatnya para pemain muda ini menunjukkan potensinya di hadapan khalayak dan penikmat olahraga sepak bola. Mereka pun bisa jadi awal kebangkitan klub mulai hari ini untuk masa yang akan datang.

Kedatangan Willian

Sebagai seorang pemain senior, Willian adalah tambahan amunisi signifikan untuk skuat The Gunners. Berkatnya, kini Arsenal memiliki kreator andal dengan kreativitas dalam membangun serangan.

Ia bahkan telah menunjukkan kapasitasnya sebagai pemain yang layak didatangkan meski dengan status free transfer. Willian bahkan menciptakan dua assist saat Arsenal menang melawan Fulham di Liga Inggris beberapa waktu lalu.

Bersama Willian, Pierre-Emerick Aubameyang, dan para pemain muda penuh bakat, Arsenal sudah mulai menampilkan tanda-tanda kebangkitannya. Sekarang, hanya tinggal menanti akan seperti apa sepak terjang mereka musim ini.

ArsenalMikel ArtetaLiga Primer InggrisPierre-Emerick AubameyangLiga InggrisTRIVIASepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini