x

Rekor 'Mustahil' yang Bisa Dikejar Cristiano Ronaldo Sebelum Tinggalkan Piala Dunia

Selasa, 13 Oktober 2020 09:44 WIB
Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM - Cristiano Ronaldo mengonfirmasi bahwa ajang Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember akan menjadi turnamen terakhirnya. Akan tetapi, masih ada rekor yang dapat dipecahkan bintang Juventus bersama Timnas Portugal.

Ronaldo kini sudah menginjak 35 tahun. Usia yang tidak lagi muda membuat pemain yang identik dengan nomor 7 ini membuat dirinya tidak lagi dapat banyak berlari seperti saat muda dulu.

Oleh karena itu, tidak sedikit yang menganggap Cristiano Ronaldo sudah berada di fase terakhirnya sebagai pemain sepak bola.

Baca Juga
Baca Juga

Piala Dunia 2022 menjadi turnamen terakhir saya,” kata Cristiano Ronaldo melansir dari Sport Bible.

Tapi usia hanyalah angka, Ronaldo tidak menurunkan ambisinya setiap musim. Seperti pada tahun 2020 ini, sang penyerang sayap menjadi pesepakbola Eropa pertama dalam sejarah yang mencetak 100 gol internasional.

Dua golnya ke gawang Swedia pada pada laga UEFA Nations League di Stadion Friends Arena, Rabu (09/09/20), membuat Cristiano Ronaldo mengemas 101 gol untuk Portugal.

Bersama Timnas Portugal, Ronaldo sudah mencatatkan 167 penampilan dan mencetak 101 gol. Dua gelar yakni Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2019 juga berhasil dia persembahkan.

Setidaknya, ada 3 rekor prestisius yang bisa digapai Cristiano Ronaldo sebelum pensiun di ajang internasional bersama Timnas Portugal:

1. Titel Piala Konfederasi dan Piala Dunia

Apabila perjalanan Portugal berjalan mulus dan mempertahankan gelar Euro 2020, Cristiano Ronaldo juga akan tampil pada ajang Piala Konfederasi 2021 di Qatar.

Sebelumnya pada Piala Konfederasi 2017 lalu, Ronaldo bersama Timnas Portugal harus puas menempati peringkat ketiga.

Selain Piala Konfederasi, mantan pemain Manchester United ini juga masih berambisi mengejar Piala Dunia. 

Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi kesempatan terakhir Cristiano Ronaldo membawa Seleccao das Quinaes juara turnamen terakbar di level antar negara tersebut. 

Prestasi terbaik Cristiano Ronaldo bersama Portugal di Piala Dunia ialah mengantarkan sang negara lolos ke semifinal Piala Dunia 2006 di Jerman.

2. Top Skor Sepanjang Masa Euro

Sejauh ini Ronaldo sudah mencatatkan sembilan gol untuk Portugal dalam empat edisi Euro sejak 2004. Torehan ini menyamakan legenda Juventus dan Prancis, Michel Platini, sebagai top skor sepanjang masa turnamen bergengsi antar negara Eropa tersebut.

Jika Cristiano Ronaldo mencetak gol di perhelatan Euro 2020 nanti, maka ia akan dinobatkan sebagai top skor sepanjang masa Euro.

Baca Juga
Baca Juga

3. Lewati Rekor Gol Ali Daei

Cristiano Ronaldo kini sudah mencetak golnya yang ke-101 untuk Portugal, berjarak sedikit lagi dari rekor gol Ali Daei.
Ali Daei mencetak 109 gol dari 149 penampilannya bagi Timnas Iran dalam rentang waktu 1993-2006.

Masih banyak waktu menuju tahun 2022, dan 8 gol bagi pemain sekaliber Cristiano Ronaldo bukan perkara besar.
 

Cristiano RonaldoPortugalPiala DuniaPiala Dunia 2022In Depth Sports

Berita Terkini