x

Eddie Nketiah, Bintang Muda Arsenal Pencetak Rekor di Timnas Inggris U-21

Rabu, 14 Oktober 2020 10:40 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Eddie Nketiah tengah moncer-moncernya. Selain mulai dipercaya Mikel Arteta di skuat senior Arsenal, ia juga sukses memecahkan rekor di timnas Inggris U-21.

INDOSPORT.COM – Eddie Nketiah tengah moncer-moncernya. Selain mulai dipercaya Mikel Arteta di skuat senior Arsenal, ia juga sukses memecahkan rekor di timnas Inggris U-21.

Timnas Inggris U-21 menghadapi laga besar, Selasa (14/10/20), menghadapi Turki U-21. Kemenangan di laga tersebut akan meloloskan para singa muda ke Piala Eropa U-21 yang akan digelar pada Juni tahun depan.

Skuat asuhan Adrian Boothroyd pun berhasil merampungkan misi tersebut dengan meraih kemenangan 2-1. Mereka unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Huseyin Turkmen dan Eddie Nketiah, sebelum Turki memperkecil skor melalui Halil Dervisoglu di injury time.

Baca Juga
Baca Juga

Hasil itu membuat Inggris sukses mengamankan puncak klasemen Grup 3 Kualifikasi Piala Eropa U-21, dengan 22 poin dari 8 laga. Tim singa muda unggul 7 poin dari Austria yang ada di peringkat kedua dengan 2 laga tersisa.

Di sisi lain, bagi Eddie Nketiah, satu gol yang dibuatnya di laga tersebut membawanya menorehkan catatan istimewa. Ia resmi menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi timnas Inggris U-21 dengan 14 gol. Istimewanya lagi, ia melakukannya hanya dalam 12 pertandingan.

Nketiah sejatinya memiliki kesempatan mencetak lebih dari satu gol di laga melawan Turki. Sayang, eksekusi penaltinya lima menit menjelang waktu normal berakhir masih membentur tiang gawang.

Meski demikian, tiga menit kemudian ia berhasil membayar kesalahannya. Memanfaatkan umpan Ryan Sessegnon, ia menggandakan keunggulan Inggris. Gol tersebut terbukti krusial karena Turki kemudian berhasil mencetak gol di injury time, meski gagal menyamakan kedudukan.

Baca Juga
Baca Juga

Gol Nketiah tersebut membawanya membawanya mengungguli eks Arsenal, Francis Jeffers, serta legenda timnas Inggris yakni Alan Shearer yang mengoleksi 13 gol di level U-21.

“Rasanya luar biasa. Pertama-tama, rasanya menyenangkan berhasil mendapatkan tiga angka. Tapi berhasil mencetak rekor dan bersanding dengan para pemain hebat (Shearer dan Jeffers), ini mimpi yang jadi nyata,” kata Eddie Nketiah dilansir Football London.

Aksi sang penyerang muda pun mendapat pujian dari Adrian Boothroyd, pelatih timnas Inggris U-21.

“Eddie punya bakat hebat, dan dia pemuda yang baik. Di luar lapangan dia luar biasa, dan di atas lapangan lebih istimewa lagi. Dia pejuang tangguh. Melampaui rekor Alan (Shearer) adalah prestasi hebat,” ujar Boothroyd.


1. Mengawali Karier di Chelsea, Berkembang di Arsenal

Eddie Nketiah merayakan golnya pada pertandingan Liga Inggris antara Southampton vs Arsenal, Jumat (26/06/20).

Eddie Nketiah sejatinya mengawali karier sepak bola bersama Chelsea. Ia masuk akademi The Blues setelah dipantau sejak berusia 9 tahun. Namun, ia dilepas pada tahun 2015 ketika berusia 16 tahun. Atlet kelahiran 30 Mei 1999 ini pun kemudian bergabung dengan tim London lainnya, Arsenal.

Pada musim 2016/2017, Nketiah mulai menunjukkan kemampuannya dengan mencetak 15 gol dari 16 laga untuk tim U-18, sekaligus mencetak 12 gol dari 26 pertandingan untuk tim U-23. Aksi itu pun membuatnya dibawa manajer Arsene Wenger ke tur pramusim ke Cina dan Australia.

Ia kemudian menjalani debut di tim utama pada September 2017 di Europa League saat menghadapi BATE Borisov.

Kariernya makin melesat pada musim 2019/2020, saat menjalani peminjaman di Leeds United besutan Marcelo Bielsa, dengan mencetak 5 gol dalam 19 laga di semua kompetisi. Catatan itu membuat The Gunners memulangkannya pada pertengahan musim.

Manajer Arsenal Mikel Arteta pun mulai berani memberinya menit bermain. Tak hanya sebagai pemain pengganti, Nketiah beberapa kali dipercaya pria Spanyol itu tampil sejak menit awal menggusur Alexandre Lacazette.

Nketiah pun sukses membayar kepercayaan itu dengan catatan 4 gol dari 17 laga di semua kompetisi bersama Arsenal. Performa gemilang itu pun berlanjut musim ini. Ia tercatat selalu tampil dalam 7 laga yang sudah dijalani Arsenal di semua kompetisi musim ini, dan telah menyumbangkan 2 gol.

Dengan kegemaran Mikel Arteta memainkan dan mengembangkan pemain muda, bukan tidak mungkin Nketiah akan mendapatkan kesempatan lebih banyak musim ini. Terlebih, The Gunners juga akan tampil di Liga Europa sehingga membutuhkan rotasi pemain untuk menjaga kebugaran skuat.

ChelseaArsenalMikel ArtetaAlan ShearerLeeds UnitedTimnas InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisEddie Nketiah

Berita Terkini