x

5 Rekor di Liga Champions yang Sulit Dipecahkan dan Bisa Bikin Takjub

Selasa, 20 Oktober 2020 12:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut deretan rekor di Liga Champions yang sulit dipecahkan dan bisa bikin orang takjub dibuatnya.

INDOSPORT.COM – Pada Rabu (21/10/20) dini hari WIB nanti, Liga Champions 2020/21 akan digelar kembali. Tentunya para pecinta sepak bola di Tanah Air akan meluangkan jam tidurnya demi melihat kompetisi terpopuler ini.

Sejak format baru Liga Champions diterapkan pada 1992, kompetisi ini perlahan menjadi kompetisi paling disukai dan ditonton banyak orang. Bagaimana tidak? Banyaknya tim-tim papan atas Eropa dan para pemain terbaik di dalamnya memberikan daya tarik tersendiri.

Bahkan untuk pecinta sepak bola di Indonesia, rela meluangkan jam istirahatnya dan begadang demi melihat pertandingan-pertandingan Liga Champions.

Baca Juga
Baca Juga

Hal tersebut menjadi bukti kecil betapa masifnya pamor dari Liga Champions. Tak mengherankan jika setiap pertandingannya terkadang menyita perhatian publik dunia dan menjadi topik utama di dunia maya.

Di musim 2020/21 ini, Liga Champions akan kembali digelar. Delapan grup telah terbagi dan berisikan 32 tim terbaik dari seluruh penjuru Eropa.

32 tim terbaik ini akan saling sikut melaju ke fase-fase berikutnya dan menapaki kakinya di final. Tentu menarik melihat bagaimana sepak terjang ke-32 tim ini di atas rumput hijau beserta kejutan-kejutan yang akan hadir di dalamnya.

Berbicara mengenaik kejutan dalam Liga Champions, banyak rekor-rekor yang hampir mengejutkan banyak pihak. Entah fakta ini berupa catatan positif ataupun catatan negatif.

Namun yang pasti, setiap catatan atau rekor di sepanjang gelaran Liga Champions ini mampu membuat orang merasa takjub atau geleng-geleng kepala sehingga memiliki pikiran ‘kenapa bisa seperti itu?’.

Baca Juga
Baca Juga

Berikut lima rekor menarik Liga Champions yang diyakini mampu membuat orang takjub dibuatnya.

1. Gol Terbanyak di 1 Laga Liga Champions

Kemenangan 8-2 Bayern Munchen atas Barcelona bukanlah pertandingan dengan gol terbanyak di satu laga Liga Champions. Justru gol terbanyak dalam satu laga terjadi saat tim Belanda, Feyenoord bertemu KR Reykjavik.

Pada Liga Champions 1970 (saat itu bernama European Cup), Feyenoord bertandang ke markas KR Reykjavik di leg pertama. Dalam pertandingan itu 14 gol tercipta di mana Feyenoord mencetak 12 gol sedangkan tuan rumah hanya mencetak dua gol saja.

Di akhir musim Liga Champions 1969/1970, Feyenoord pun berhasil menjadi kampiun dan mengangkat Si Kuping Besar.


1. 2. Gol Tercepat: 10,2 detik

Momen Sol Campbell (kiri) mencetak gol pada laga Barcelona vs Arsenal di final Liga Champions 2005-06.

Sesaat peluit tanda dimulainya pertandingan, setiap tim yang berlaga akan mencoba menguasai bola dan mencoba mengalirkan bola ke depan secepat mungkin. Tak ayal gol cepat kadang tercipta bahkan di sekelas Liga Champions.

Hal ini tepatnya terjadi pada tahun 2007 silam saat Bayern Munchen menghadapi Real Madrid. Di laga besar itu, Roy Makaay secara mengejutkan mampu mencetak gol pada detik ke-10.

Gol ini sendiri tercipta dengan memanfaatkan kesalahan pemain Real Madrid yang lantas bola direbut oleh Hasan Salihamidzic dan diteruskan kepada Makaay yang kemudian menaklukan Iker Casillas.

3. Margin Gol Terbesar di 1 Laga: 11 Gol

Kemenangan 12-2 Feyenoord atas KR Reykjavik memang menjadi gol terbanyak dalam satu laga Liga Champions. Namun untuk margin atau selisih gol terbesar, margin 10 gol yang dibuat Feyenoord bukanlah yang terbesar.

Justru tim asal Rumania, Dinamo Bucuresti yang membuat margin gol terbesar di satu laga Liga Champions. Tak tanggung-tanggung, margin gol yang mereka buat sebesar 11 gol.

Hal tersebut terjadi pada tahun 1974 saat Dinamo Bucuresti menjamu Crusaders. 11 gol tercipta di laga itu di mana dua penggawa tuan rumah mampu mencetak masing-masing empat gol atau Quattrick.

4. Pertahanan Terbaik: Arsenal

Banyaknya tim dan pemain terbaik yang bermain di Liga Champions membuat kompetisi ini jarang memunculkan tim yang tak pernah kebobolan gol sama sekali.

Jarang bukan berarti tidak ada. Sebab pada musim 2005/06, Arsenal membuat torehan apik di mana The Gunners menampilkan pertahanan yang solid sehingga tak pernah kebobolan dalam 10 laga berturut-turut di Liga Champions.

Pertahanan solid ini membawa Arsenal mentas di final Liga Champions. Sayangnya, catatan apik tak pernah kebobolan Arsenal di 10 laga ini harus patah oleh Barcelona yang mampu menang di partai puncak dengan skor 2-1.

5. Rekor Tak Terkalahkan Terbanyak: Manchester United

Manchester United, sepanjang kesertaannya di Liga Champions, telah meraih tiga gelar di mana dua gelar di antaranya di dapatkan di format baru Liga Champions yang dimulai pada tahun 1992.

Jika berbicara Man United dengan Liga Champions, maka semua orang akan ingat pada keajaiban yang terjadi di final pada tahun 1999. Namun, ternyata Setan Merah punya rekor mencengangkan yang jarang dibicarakan banyak pihak di kompetisi ini.

Rekor tersebut adalah rekor tak terkalahkan Man United sejak 2007 hingga 2009. Dalam periode tersebut, The Red Devils tak terkalahkan sebanyak 25 laga. Namun rekor ini tak dapat dilanjutkan saat mereka tumbang dari Barcelona di final 2008/09.

Manchester UnitedArsenalLiga ChampionsBayern MunchenFeyenoordSepak BolaBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini