x

Cerita Mees Hilgers, Dikalahkan Elkan Baggott Hingga Promosi ke FC Twente Senior

Kamis, 22 Oktober 2020 18:27 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Mees Hilgers, dulu namanya kerap disandingkan dengan salah satu bek keturunan Inggris yang kini menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott. Namun setelah Shin Tae-yong lebih memilih Baggott, lantas bagaimana kabar Hilgers saat ini?

Pada bulan Mei 2020 lalu, nama Mees Hilgers mulai mencuat dan ramai diperbincangkan oleh berbagai macam media olahraga. Hal itu tak lepas dari wawancaranya bersama salah satu pemain Indonesia keturunan Belanda, Yussa Nugraha, di channel YouTubenya.

Baca Juga
Baca Juga

Saat itu, kepada Yussa Nugraha dirinya mengungkapkan bahwa ia nyaris menjalani trial bersama Timnas Indonesia senior yang harusnya terjadi pada bulan Mei-Juni 2020 lalu.

Kegagalannya menjalani trial bersama skuat Garuda dikarenakan pandemi virus corona yang tengah menjadi momok menakutkan secara global.

“Kalau kamu diundang seleksi Timnas Indonesia, apa kamu akan menerimanya?” tanya Yussa kepada remaja berusia 19 tahun tersebut melalui sebuah video call.

Dengan sigap dan cepat, pemain belakang klub Jong FC Twente itu mengatakan dirinya sejatinya akan melakukan trial bersama Timnas Indonesia Senior di tahun 2020. Namun itu gagal dilaksanakan karena pandemi virus corona.

“Seharusnya di musim panas ini ikut trial di Timnas Indonesia, namun dibatalkan karena corona. Saya ikut trial ke Tim Senior Timnas Indonesia,” jawab Mees Hilgers.

Mess Hilgers sendiri nyatanya memang sudah sangat antusias dengan sepak bola Indonesia. Pasalnya, remaja yang memiliki ibu kandung asli Sulawesi itu juga bersedia untuk bermain di kompetisi Liga 1.

Meski saat ini bermain bersama klub Belanda Jong FC Twente atau FC Twente U-19, wonderkid berusia 19 tahun tersebut membuka peluang merumput di Tanah Air.

Baca Juga
Baca Juga

“Ya ingin. Kebetulan agen saya dari Indonesia, namanya Fardy Bachdim. Kalau performa saya terus bagus, saya akan main di Indonesia, sebelum karier saya berhenti,” ucapnya.

Lantas, bagaimana kabar Mees Hilgers saat ini? Usai dirinya 'kalah saing' dengan Elkan Baggott karena tidak dipanggil oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-19 di Kroasia, remaja kelahiran Amersfoort pada 13 Mei 2001 itu pun mulai fokus dengan kariernya di FC Twente.


1. Bermain Gemilang dan Promosi ke Klub Senior FC Twente

Mees Hilgers saat memperpanjang kontrak baru dengan FC Twente

Sebelumnya, salah satu media Belanda bernama rtvoost sempat mengabarkan bahwa Mees Hilgers menunjukkan performa yang gemilang bersama FC Twente U-19. Hal itu pun membuat klub kasta tertinggi di Liga Belanda, Eredivisie, tersebut memperpanjang masa baktinya hingga Juni 2021.

Dilansir dari rtvoost, Mees Hilgers saat itu masih belum bisa bergabung ke skuat senior, karena harus menjalani kompetisi bersama tim U-21 FC Twente. Sebelumnya, Mees Hilgers sukses unjuk gigi bersama FC Twente U-19 dengan menjalani 23 laga dan mencetak dua gol.

Padahal, posisi Mees Hilgers bukanlah penyerang melainkan sebagai bek tengah. Tak hanya Mees Hilgers, ada empat pemain lainnya yang dipromosikan ke tim U-21.

Manajer akademi FC Twente, Rob Boudrie, saat itu berharap dengan dipromosikan lima pemain tersebut, FC Twente bisa melahirkan pemain-pemain hebat di masa depan.

"Pujian bagi para pemain dan akademi bahwa para pemain berbakat ini juga telah menandatangani kontrak. Semoga, seperti talenta lainnya, kita bisa menjadikan mereka sebagai langkah berikutnya musim depan dan melihat mereka dalam pilihan pertama FC Twente dan Heracles," kata Rob Boudrie kala itu.

Dan kini, harapan Rob Boudrie pun terealisasikan. FC Twente secara resmi telah mengumumkan bahwa tiga pemain akademinya akan langsung dipromosikan ke klub senior, termasuk Mees Hilgers salah satunya.

Dilansir dari situs resmi FC Twente, Mees Hilgers mengakui bahwa ia sangat bangga dengan raihannya tersebut dan ingin meneruskan kariernya bersama FC Twente dalam kurun waktu yang cukup lama.

"Saya sangat bangga dengan kepercayaan klub yang telah diberikan kepada saya. Dalam beberapa bulan terakhir, saya menyadari bahwa saya telah membuat langkah-langkah yang sangat bagus dan dapat berkembang lebih jauh bersama FC Twente," ucap Mees Hilgers dikutip dari situs resmi klub.

"Tujuan pertama saya adalah mengikuti seleksi (klub senior), yang sekarang telah tercapai. Saya merasa sekarang saya siap untuk hal yang lebih menantang. Sekarang saya berharap bisa bermain sebanyak mungkin di Eredivisie musim ini,” tambahnya.

Di sisi lain, Shin Tae-yong sendiri kabarnya akan kembali mendatangkan para pemain keturunan Indonesia yang berada di Eropa ke dalam Timnas Indonesia U-19 yang saat ini berada di Kroasia.

Pelatih asal Korea Selatan ini mengaku sudah memiliki data-data pemain keturunan Indonesia yang sudah ia pantau.

"Dalam pencarian pemain keturunan kami dibantu PSSI, tim pelatih dan ofisial timnas U-19. Kami sudah mempunyai data beberapa nama pemain dan sudah melakukan pembicaraan ke sejumlah pemain keturunan," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menegaskan bahwa ia betul-betul melihat kemampuan pemain keturunan yang akan ia panggil ke Timnas Indonesia. Bahkan banyak tahapan yang ia lihat dalam melihat satu pemain.

"Pemain kami lihat dari curriculum vitae (CV), administrasi, analisa video dan setelah itu kami datangkan saat menjalani pemusatan latihan (TC) untuk melihat kualitasnya secara langsung," tegas Shin Tae-yong

Apakah salah satu data pemain yang dipegang tersebut terdapat nama Mees Hilgers di dalamnya? Kita nantikan saja pengumuman pemain baru Timnas Indonesia U-19 oleh Shin Tae-yong.

Timnas u-19TwenteBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Elkan BaggottMees Hilgers

Berita Terkini