x

Kans Balas Timnas Indonesia U-19, Vietnam Malah Mundur di 'Mini Piala Dunia'

Jumat, 23 Oktober 2020 18:16 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
Punya kans balas Timnas Indonesia U-19 yang dikomando Shin Tae-yong jelang Piala Dunia U-20, Timnas Vietnam asuhan Park Hang-seo malah mundur.

INDOSPORT.COM - Ajang Piala Dunia U-20 masih menjadi salah satu kompetisi yang layak dinantikan dan akan bergulir di Indonesia. Berbeda dengan Timnas Indonesia U-19 yang lakoni turnamen 'Mini Piala Dunia,' Vietnam malah mundur.

Sesungguhnya, Timnas Vietnam U-22 punya kesempatan untuk tunjukkan taji mereka bersama pelatih Park Hang-seo dalam Turnamen Toulon yang diselenggarakan di Prancis dalam waktu dekat. Apalagi, turnamen persiapan Piala Dunia ini diikuti oleh Garuda Muda.

Ya, berbeda dari biasanya, Timnas Indonesia U-19 tampil begitu meyakinkan saat jalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Dalam 11 pertandingan, skuat arahan Shin Tae-yong ini terlihat trengginas hancurkan berbagai lawan berat.

Baca Juga
Baca Juga

Benar saja, saat berhadapan dengan Hajduk Split yang notebene klub pemuncak klasemen Liga U-19 Kroasia, skuat Garuda Nusantara berhasil menang 4-0. Berbagai metode latihan pelatih Shin Tae-yong pun dipercaya sebagai alasan dibalik kesuksesan mereka.

Suatu pemberitaan media lokal, Vietnam sendiri sangat tertarik untuk bisa melawan Indonesia mengingat mereka perlu mengasah kemampuan jelang Piala Dunia U-20. Hanya saja ketika bisa berduel di Prancis, wakil ketua VFF, Tran Quoc Tuan enggan berikan izin.

"Karena pengaruh pandemi Covid-19, tim saat ini tak bisa lakukan perjalanan udara ke Prancis. Situasi Eropa juga sagat rumit sehingga VFF melakukan pertemuan dan putuskan menolak hadiri Turnamen Toulon 2020," ucap wakil ketua PSSI-nya Vietnam dilansir Thethao 247.

Baca Juga
Baca Juga

Ajang turnamen Piala Toulon sendiri menjadi persiapan untuk ikut serta dalam turnamen yang lebih besar. Apalagi kompetisi ini telah mengundang 10 negara berbeda untuk saling beradu kemampuan, sebut saja Prancis, Jepang, Maroko, dan tentu saja Indonesia.

Digelar sejak tahun 1967 lalu, Toulon sendiri menjadi saksi sejarah lahirnya berbagai bintang dunia seperti Thierry Henry (Prancis), Alan Shearer (Inggris), dan James Rodriguez (Kolombia). Keputusan mundur ini tentu berikan kerugian besar bagi Vietnam dan Park Hang-seo.

Berbeda dengan Vietnam, Timnas Indonesia U-19 akan berangkat ke Toulon Prancis pada bulan Desember mendatang. Selangkah didepan Park Hang-seo, Shin Tae-yong pun bakal setidaknya sukses memoles para pemain Indonesia untuk tunjukkan taji di Piala Dunia. 

Piala DuniaIndonesiaVietnamPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamTimnas Indonesia U-19Park Hang SeoSepak BolaPiala Dunia U-20 2023Shin Tae-yong

Berita Terkini