x

Kisah Shin Tae-yong yang Buat Vietnam Ketar-ketir dengan Timnas Indonesia

Selasa, 27 Oktober 2020 19:21 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 saat ini tengah menjadi sorotan para pencintanya di Tanah Air. Namun, sorotan itu tidak hanya datang dari para fansnya saja, tapi juga negara tetangga yakni Vietnam yang tampak 'iri' dengan Skuat Garuda Nusantara.

Seperti kita ketahui sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 telah 11 kali melakukan laga uji coba di Kroasia sejak awal September lalu hingga pertengahan Oktober 2020. Dari 11 laga tersebut, skuat Shin Tae-yong berhasil menang lima kali, dengan imbang tiga kali dan kalah tiga kali.

Baca Juga
Baca Juga

Saat uji coba perdana pada September 2020 lalu, timnas Indonesia U-19 sempat dihajar Bulgaria dengan skor 0-3. Kemudian di uji coba kedua mereka justru menjadi bulan-bulanan tuan rumah Kroasia dengan skor 1-7.

Bagas Kaffa dkk tidak menyerah, mereka terus berlatih dan perlahan membuahkan hasil dengan menahan imbang 3-3 raksasa Asia, Arab Saudi di laga ketiga. Namun, mereka kembali merasakan kekalahan dari Bosnia dengan skor 0-1.

Setelah itu Garuda Nusantara selalu memperlihatkan permainan menawan dan meraih sejumlah kemenangan. Mulai dari Qatar (2-1 dan 1-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), Makedonia Utara (4-1 dan 0-0) dan terakhir Hajduk Split (4-0) tak berkutik dihajar timnas Indonesia U-19.

Baca Juga
Baca Juga

Rentetan hasil positif yang diperlihatkan oleh anak asuh Shin Tae-yong ini nyatanya menjadi sorotan tidak hanya dari para pencinta sepak bola Indonesia, tapi juga sang rival, Vietnam.

Uniknya lagi, besarnya pengaruh Shin Tae-yong terhadap Timnas Indonesia U-19 telah menghadirkan sebuah 'drama' dari berbagai media Vietnam. 'Drama' tersebut pun terbagi menjadi beberapa kisah seperti yang telah INDOSPORT rangkum berikut ini.


1. Vietnam 'Iri' dengan Keuangan PSSI

Skuat Timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

Salah satu 'drama' yang dihadirkan oleh Vietnam adalah rasa iri mereka dengan keuangan yang dimiliki oleh PSSI. Itu karena induk sepak bola Indonesia ini mampu memberikan pelatihan kepada Timnas Indonesia U-19 ke Kroasia.

Rentetan hasil cukup mengesankan anak asuh Shin Tae-yong di Kroasia membuat media lokal Vietnam, Phapluat, terkesan dengan kegemilangannya. Mereka pun membandingkannya dengan SEA Games 2019 lalu.

"Timnas Indonesia yang kalah di kejuaraan SEA Games tahun lalu tampil cukup menjanjikan usai jalani latihan di Kroasia. Akibat pandemi, Timnas U-19 mereka malah menempa diri dan kian hebat," tulis sepenggal media Vietnam, Phapluat.

"Tertundanya turnamen Piala Asia U-19 oleh AFC membuat mereka memilih untu mengembangkan diri lewat jalur latihan dua bulan di Kroasia lawan tim sepantaran. Mereka kini nampak bakal tampil imresif sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 depan," tambahnya.

Punya catatan apik selama program latihan yang tentunya membutuhkan banyak uang, media Phapluat pun membandingkan kesejahteraan badan naungan sepak bola mereka dengan PSSI. Maklum, mereka lebih banyak menghabiskan latihan di negara sendiri.

"Timnas Indonesia U-19 tak kekurangan uang untuk mengejar gelar juara sepak bola putra SEA Games ke-31 yang akan dihelat di Vietnam. Alih-alih diam karena pandemi, organisasi mereka (PSSI) berhasil memberikan dukungan untuk terus berlatih," tulis salah satu paragraf lainnya.

Takut dengan Shin Tae-yong di Timnas U-19, Vietnam Rekrut Pelatih Baru

Shin Tae-yong dan Park Hang-seo.

Meskipun belum tampil di ajang resmi berskala FIFA atau AFC, keberhasilan Shin Tae-yong dalam mendidik Timnas Indonesia U-19 di Kroasia nyatanya membuat Vietnam ketar-ketir.

Hingga pada akhirnya, Vietnam pun kabarnya telah mendatangkan sosok pelatih baru yang juga sama-sama berasal dari Korea Selatan. Dia adalah Kim Hyun-tae, pelatih kiper yang akan bekerja sama dengan pelatih kepala Vietnam, Park Hang-seo.

Nantinya Kim Hyun-tae akan melatih para penjaga gawang timnas Vietnam senior hingga kelompok umur. Pelatih berusia 59 tahun itu akan segera terbang ke Vietnam setelah VFF selesai mengurus prosedur.

"Federasi sudah mengundang pelatih Korea Selatan, Kim Hyun-tae, untuk bekerja di timnas senior dan kelompok usia," kata salah satu petinggi VFF kepada Zingnews.

"Kami sedang mengurus prosedurnya, sehingga dia bisa akan segera bekerja di sini," ucapnya menambahkan.

Ketakutan Vietnam soal Pernyataan Shin Tae-yong Tentang Indonesia

Shin Tae-yong Ingin Jadikan Indonesia Raja ASEAN

Memenangkan empat pertandingan, dengan empat kali imbang dan tiga kali kalah selama melakukan TC di Kroasia tentunya hal yang patut disyukuri oleh Timnas Indonesia U-19. Terlebih, Shin Tae-yong sendiri belum lama bergabung dengan skuat Garuda Nusantara.

Hal inilah yang membuat media Vietnam, Phapluat, takut dengan peningkatan yang dimiliki oleh Bagas Kaffa dan kawan-kawan. Tak tanggung-tanggung, Phapluat seakan takut usai Shin Tae-yong mengatakan bahwa Timnas Indonesia U-19 akan menjadi raja ASEAN.

"Pelatih Shin Tae-yong yakin Indonesia akan menjadi nomor satu di Asia Tenggara," demikian judul dari salah satu artikel yang ditayangkan oleh Phapluat.

Selain itu, media Phapluat juga membahas upaya yang dilakukan Shin Tae-yong untuk menjadikan Timnas Indonesia U-19 menjadi kekuatan mengerikan di kawasan Asia Tenggara.

VietnamTimnas u-19Bola InternasionalTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yong

Berita Terkini

Berita Terpopuler