x

Deretan Pemain Muda Kelahiran Milenium Ketiga yang Bernilai Tinggi

Kamis, 5 November 2020 00:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Barcelona, Ansu Fati, jadi salah satu pemain kelahiran milenium ketiga paling mahal saat ini.

INDOSPORT.COM - Berikut sejumlah nama pemain sepak bola yang lahir pada permulaan milenium ketiga, yakni tahun 2000 ke atas. Siapa yang paling mahal?

Dunia si kulit bundar sudah bertahun-tahun lamanya eksis di muka bumi ini dan menelurkan banyak nama hebat dari abad ke abad, masa ke masa, tahun ke tahun.

Seiring semakin majunya zaman, bocah-bocah baru akan terus lahir, sampai kini kita menginjak era para generasi alpha.

Di sepak bola, banyak pemain muda potensial yang akan menggantikan para senior mereka. Generasi tahun 2000-an misalnya, yang beberapa di antaranya sudah menginjak usia produktif, 20 tahun.

Erling Braut Haaland adalah salah satu contoh nyata jika berbicara soal daun muda penuh talenta. Pemain Borussia Dortmund tersebut bahkan sempat jadi item panas di bursa transfer pemain yang lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Namun Haaland kini tengah menikmati masa-masa pertamanya sebagai seorang pria dewasa yang berusia kepala dua. Lahir pada 21 Juli 2000, ia adalah panutan hebat bagi mereka sepantarannya.

Dilansir dari laman Givemesport, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum nama-nama pemain yang sedikit lebih muda dari Erling Haaland namun sudah punya label harga yang bikin mata silau.

Siapa saja pemain yang lahir di milenium ketiga ini dan bernilai mahal?

Ansu Fati (Barcelona)

Lahir di Guinea-Bissau pada 31 Oktober 2002, Ansu Fati adalah salah satu jebolan akademi Barcelona, La Masia. Semua bermula dari kepindahan keluarganya ke Seville, Spanyol, ketika ia masih kecil.

Baca Juga
Baca Juga

Saat bergabung dengan La Masia, usianya waktu itu masih 10 tahun. Hingga akhirnya, pada 2019, ia mendapat kontrak profesional dari Barcelona.

Debut pertamanya terjadi pada 25 Agustus 2019 sebagai pengganti Carles Perez saat laga melawan Real Betis. Kesempatan ini pun menjadikannya pemain termuda kedua yang debut di tim senior Barcelona.

Usianya pada waktu itu adalah 16 tahun 298 hari. Ia hanya kalah sekitar 18 hari saja dari pemegang rekor pertama, Vicenc Martinez, yang debut pada tahun 1941.

Tidak heran, berkat potensinya yang seabrek sebagai jebolan La Masia dan daun muda Barcelona, Ansu Fati dilabeli 122,7 juta euro atau sekitar Rp2,088 triliun.


1. Selain Ansu Fati, Siapa Lagi?

Pemain Manchester United, Mason Greenwood, juga salah satu bintang muda termahal di dunia saat ini.

Mason Greenwood

Selain Manchester United, Mason Greenwood juga aset berharga bagi Timnas Inggris. Terlepas dari skandal bersama Phil Foden saat UEFA Nations League di Islandia September lalu, ia adalah pemain hebat dengan segudang talenta.

Sayang sekali, karier masa mudanya harus ternoda dengan insiden tersebut, yang mengakibatkan ia didepak dari skuat The Three Lions oleh Gareth Southgate, bahkan tidak dipanggil saat jeda internasional Oktober 2020.

Ketika label seorang pemain lebih banyak dipengaruhi skill dan kemampuannya, Greenwood bisa dibilang unggul. Setidaknya, ia menempati peringkat atas daftar pemain muda paling bernilai versi CIES Football Observatory's.

Pemain kelahiran 1 Oktober 2001 tersebut dibanderol 115,3 juta euro atau sekitar Rp1,965 triliun. Masih muda, masih ada kesempatan pula baginya untuk memperbaiki attitude sebagai atlet dan figur publik.

Bukayo Saka

Barcelona punya Ansu Fati, Manchester United punya Mason Greenwood, Arsenal memiliki seorang Bukayo Saka. Usianya kini 19 tahun, lahir pada 5 September 2001.

Pemain asal Inggris tersebut memulai kariernya dari tim U-23 The Gunners setelah mendapat kontrak profesional pada 2018. Sampai akhirnya, ia mendapat kesempatan berlaga di tim senior saat melawan  Vorskla Poltava di Liga Europa pada tahun yang sama.

Menyusul dua nama yang sudah disebut di atas, Saka memiliki label harga 95,8 juta euro atau sekitar Rp1,632 triliun.

Rodrygo Goes

Pemain yang satu ini sempat menarik perhatian publik usai mencetak hattrick untuk Real Madrid di ajang Liga Champions musim lalu. Momen tersebut terjadi saat Los Blancos menghadapi Galatasaray pada 7 November 2019.

Menurut Opta Jose, Rodrygo adalah pemain termuda kedua yang mencetak hattrick di Liga Champions. Yang pertama adalah Raul Gonzales saat melawan Ferencvarosi, Oktober 1995.

Nilai pemain kelahiran 9 Januari 2001 tersebut ditaksir sebesar 69,9 juta euro atau sekitar Rp1,191 triliun. 

BarcelonaBola InternasionalSepak BolaMason GreenwoodRodrygo GoesAnsu FatiBukayo Saka

Berita Terkini