x

Rennes, Calon Lawan yang Jadi Penyuplai Kiper-kiper Tangguh untuk Chelsea

Rabu, 4 November 2020 16:36 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Chelsea akan menjamu Rennes di Liga Champions, Kamis (05/11/20). Kedua tim punya hubungan unik karena Rennes adalah penyuplai kiper-kiper tangguh The Blues.

INDOSPORT.COMChelsea akan menjamu Rennes di Liga Champions, Kamis (05/11/20). Kedua tim punya hubungan unik karena Rennes adalah penyuplai kiper-kiper tangguh The Blues.

Kompetisi Liga Champions musim 2020/2021 kini tengah memasuki matchday ketiga di fase grup. Kamis (05/11/20) dini hari WIB, di Grup E akan digelar duel yang mempertemukan pemuncak klasemen saat ini, Chelsea, melawan Rennes yang sementara ini menempati posisi sebagai juru kunci.

Usai bermain imbang melawan Sevilla di matchday pertama 21 Oktober lalu, The Blues menggila di matchday kedua dengan menggilas Krasnodar empat gol tanpa balas. Sementara itu, Rennes baru meraih satu poin, setelah bermain imbang menghadapi Krasnodar dan dikalahkan Sevilla.

Baca Juga
Baca Juga

Laga melawan Rennes ini pun menjadi kesempatan bagi Chelsea untuk meraih tiga angka sekaligus menjauh dari Sevilla yang ada di peringkat kedua. Apalagi, The Blues kini tengah dalam performa yang baik dengan tak terkalahkan di enam pertandingan terakhir (3 menang, 3 seri).

Lini pertahanan mereka yang sempat jadi kelemahan pun mulai tampil tangguh. Tidak main-main, Kurt Zouma dkk sudah tidak kebobolan dalam empat pertandingan terakhir mereka.

Di sisi lain, Rennes sendiri justru kehilangan sejumlah bintangnya jelang laga yang akan digelar di Stamford Bridge ini. Mereka dipastikan tampil tanpa pemain pinjaman dari Juventus, Daniele Rugani, dan Eduardo Camavinga serta Flavien Tait.

Baca Juga
Baca Juga

Laga ini sendiri akan menjadi pertemuan pertama kedua tim di Liga Champions. Pasalnya, musim ini merupakan pengalaman perdana Rennes tampil di kompetisi tertinggi antarklub Eropa tersebut.

Namun menariknya, meski belum pernah bertemu di Liga Champions, Chelsea dan Rennes sebenarnya memiliki hubungan yang akrab. Pasalnya, klub Ligue 1 Prancis tersebut merupakan penyuplai bagi dua kiper tangguh milik Chelsea, yakni Edouard Mendy dan Petr Cech.


1. Edouard Mendy dan Petr Cech, Dua Kiper Chelsea yang Diboyong dari Rennes

Edouard Mendy dan Petr Cech berlatih bersama

Seperti diketahui, kelemahan Chelsea pada musim 2019/2020 lalu adalah sektor penjaga gawang. Kepa Arrizabalaga yang berstatus kiper nomor satu nyatanya justru tampil buruk dan kerap membuat blunder.

Dari 41 laga yang dijalaninya di semua kompetisi musim lalu, Kepa kebobolan 58 kali dan hanya mencatatkan 10 cleansheet.

Akibatnya, kiper baru pun menjadi prioritas Chelsea di bursa transfer musim panas lalu. Sempat dikaitkan dengan sejumlah nama, The Blues akhirnya mendatangkan kiper Rennes, Edouard Mendy.

Memboyong Edouard Mendy pun terbukti jadi keputusan baik. Kiper asal Senegal itu menjalani debut bersama Chelsea saat jumpa Tottenham Hotspur di babak ketiga Piala Liga. Dalam laga itu, kedua tim bermain 1-1 di waktu normal kemudian dilanjutkan ke babak adu penalti yang dimenangi Spurs.

Sejak laga itu, Edouard Mendy telah tampil di 5 laga lainnya untuk Chelsea (3 di Liga Inggris dan 2 di Liga Champions). Hebatnya, ia tak pernah kebobolan alias selalu meraih cleansheet di kelima laga itu.

Dengan catatan tersebut, pantas jika disebut bahwa Chelsea akhirnya mendapatkan sosok kiper tangguh di bawah gawang mereka.

Menariknya, Mendy bukanlah satu-satunya kiper tangguh yang didatangkan The Blues dari Rennes. Pasalnya, ada satu lagi penjaga gawang yang diboyong dari klub Ligue 1 Prancis itu, yakni Petr Cech.

Petr Cech diboyong dari Rennes pada Juli 2004 dengan status kiper termahal The Blues pada saat itu. Meski demikian, ia pun mampu membayar tuntas status tersebut.

Sepanjang 11 musim berseragam The Blues, Petr Cech mencatatkan 494 penampilan di semua kompetisi dan 228 cleansheet. Ia juga menghadirkan sejumlah gelar, di antaranya 4 gelar Liga Inggris, 4 Piala FA, 1 Liga Champions, dan 1 Liga Europa.

Ketangguhan Cech bahkan membuat manajer Frank Lampard memanggilnya kembali dari masa pensiun untuk didaftarkan di Liga Inggris musim ini.

Dengan besarnya peran Rennes bagi lini belakang Chelsea, apa pun hasil laga dini hari nanti, The Blues patut berterima kasih pada lawannya itu.

ChelseaLiga ChampionsLigue 1 PrancisPetr CechRennesLiga InggrisBerita Liga Champions EropaEdouard Mendy

Berita Terkini