☰
x

PSSI Akan Kirim Pemain Muda ke Klub Eropa, Spanyol atau Portugal?

Kamis, 5 November 2020 19:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
PSSI memaparkan pihaknya sudah punya program untuk pengembangan pemain muda. Salah satunya adalah mengirimkan pemain di usia 15-18 tahun ke klub-klub eropa.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan memaparkan pihaknya sudah punya program untuk pengembangan pemain muda. Salah satunya adalah mengirimkan pemain di usia 15-18 tahun ke klub-klub Eropa.

Iwan Bule (sapaan Iriawan) menjelaskan sudah menjalin komunikasi dengan beberapa federasi negara Eropa. Spanyol dan Portugal disebut terbuka dengan program yang dicanangkan PSSI.

Baca Juga
Baca Juga

"Beberapa program akan diluncurkan, kami akan kirim pemain usia 15 sampai 18 tahun ke klub luar. Mungkin dua pemain dalam satu klub dan akan kami komunikasikan siapa yang akan berangkatkan mereka," katanya dalam webinar 'Mendesain Prestasi untuk Go Internasional’.

"Lalu kami juga akan kirim pelatih ke negara yang maju sepak bola. Kalau tak ada Covid, sudah kerja sama dengan negara Eropa, ada Spanyol dan Portugal," imbuh Iwan Bule.

PSSI memang terus melakukan pembinaan pemain muda. Federasi telah menggelar kompetisi kelompok usia dalam dua tahun terakhir yakni Elite Pro Academy (EPA) U-16 dan U-18.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, PSSI bekerja sama dengan pihak swasta untuk melakukan seleksi terhadap pemain muda dan mengirimnya berlatih di Inggris dalam program Garuda Select. Sejauh ini, program Garuda Select sudah masuk generasi ketiga dan dilatih oleh legenda Chelsea, Dennis Wise serta Des Walker.

Kualitas jebolan EPA dan Garuda Select pun terbukti mumpuni. Para pemain muda tersebut banyak yang menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-16 dan U-19.

SpanyolPortugalPSSIBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Iwan BuleMochamad Iriawan

Berita Terkini