x

Barcelona dan Real Madrid Terpuruk, Momentum Atletico Kembali Juara LaLiga

Rabu, 11 November 2020 20:55 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Atletico Madrid perlu mengambil momentum dari terpuruknya Barcelona dan Real Madrid untuk menjuarai Liga Spanyol 2020/21.

INDOSPORT.COM - Atletico Madrid perlu mengambil momentum dari terpuruknya Barcelona dan Real Madrid untuk menjuarai Liga Spanyol 2020/21.

Hingga pekan kesembilan Liga Spanyol 2020/21, Atletico Madrid berada di posisi ketiga klasemen dengan 17 poin, terpaut tiga angka dari Real Sociedad.

Meski begitu, Atletico tercatat baru memainkan tujuh pertandingan di kompetisi tersebut. Bahkan, skuat besutan Diego Simeone menjadi satu-satunya tim yang belum kalah di Liga Spanyol musim ini.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan kata lain, Atletico Madrid berada di trek yang tepat menuju mahkota LaLiga, gelar yang terakhir kali mereka raih pada 2013/14 silam.

Bisa dikatakan, musim ini adalah momentum Atletico untuk kembali juara liga. Terutama, melihat kondisi dua rival gelar, Real Madrid dan Barcelona, yang dalam masa sulit.

Real Madrid saat ini tengah merasakan dampak dari keputusan tidak mendatangkan satu pemain pun di musim panas 2020 di mana pelatih Zinedine Zidane lebih mengandalkan pemain muda.

Memang, Real Madrid saat ini berada di posisi keempat klasemen. Akan tetapi, masalah di lini belakang belakangan berpotensi menggerogoti mereka.

Lini pertahanan Real Madrid tengah keropos, selalu kebobolan dalam tujuh pertandingan terkini di semua kompetisi. Terkini, mereka kalah 1-4 dari Valencia (09/11/20).

Sementara itu, Barcelona lebih parah. Situasi internal tim dan manajemen yang kurang kondusif, ditambah proses adaptasi dengan gaya bermain pelatih baru Ronald Koeman membuat mereka saat ini terlempar ke posisi kedelapan klasemen Liga Spanyol.

Baca Juga
Baca Juga

Kondisi Barcelona diperburuk oleh krisis pemain. Terakhir, Ansu Fati dipastikan absen selama empat bulan setelah menjalani operasi lutut dua hari lalu.

Karena itu, Atletico Madrid wajib lebih konsisten meraih kemenangan, lari kencang dari para rival berat demi mengakhiri LaLiga 2020/21 sebagai juara. Lagipula, mereka punya setidaknya dua alasan yang mendukung.


1. 2 Alasan Atletico Bisa Juara Liga Spanyol 2020/21

Luis Suarez berselebrasi usai mencetak gol dalam laga Atletico Madrid vs Granada

1. Luis Suarez

Barisan serangan Atletico Madrid tampak mengerikan di LaLiga musim ini. Mereka telah mencetak 17 gol dalam tujuh pertandingan, cuma lebih sedikit tiga gol dari Real Sociedad yang membukukan 20 gol dalam sembilan penampilan.

Dalam pola 4-4-2, Luis Suarez, Joao Felix, dan Angel Correa paling berperan dalam proses gol. Belum lagi Marcos Llorente yang menjelma sebagai supersub.

Luis Suarez dan Joao Felix sama-sama telah mengantongi lima gol, Llorente mencetak tiga gol. Sementara itu, Angel Correa tercatat sebagai pemberi assist terbanyak Atletico dengan empat buah.

Terlepas dari performa impresif lini serang, pujian layak disematkan kepada Luis Suarez. Kendati berstatus pemain baru yang dibuang oleh Barcelona, striker asal Uruguay itu tetap fokus dan tidak kehilangan ketajamannya.

Pelatih Atletico, Diego Simeone, bahkan menyoroti pengalaman dan status pemain senior yang menginspirasi awak muda Los Rojiblancos macam Joao Felix (21 tahun).

"Saya percaya bahwa penampilan baik Joao Felix dan Angel Correa ini adalah berkat kehadiran Luis Suarez," kata Diego Simeone pada awal November ini.

2. Pertahanan Tangguh

Selama bertahun-tahun, Atletico Madrid memiliki reputasi keren di lini pertahanan. Los Rojiblancos dikenal begitu tangguh di area tersebut.

Memang, reputasi sempat tercoreng tatkala Atletico berusaha menemukan sosok tepat di pertahanan untuk menggantikan Diego Godin yang hijrah ke Serie A pada 2019.

Musim ini, Atletico kembali memperlihatkan kelebihan tersebut di LaLiga. Mereka menjadi tim dengan kebobolan paling minim, yakni dua gol.

Keberadaan Jan Oblak sebagai kiper utama masih menjadi alasan ketangguhan pertahanan Atletico. Dia meraih empat clean sheet dan membuat 23 penyelamatan dalam empat kali starter dan tiga kali pengganti di LaLiga musim ini.

Selain itu, Atletico punya bek yang tengah panas, Mario Hermoso. Dalam lima penampilan, ia mencatatkan tiga clean sheet dan bahkan menyumbang satu assist.

Intinya, Atletico Madrid dalam kondisi sehat, baik di dalam lapangan maupun di ruang ganti. Bila mampu menjaga konsistensi dan terhindar dari krisis pemain, tak mengejutkan ketika pasukan Diego Simeone berhasil mengakhiri Liga Spanyol 2020/21 sebagai juara.

Atletico MadridLaLiga SpanyolLuis SuarezDiego SimeoneLiga SpanyolBerita Liga Spanyol

Berita Terkini